e-Marketing & Sales Insider Sosial Media Start A Business Tips Bisnis

Jualan di Instagram bagi Pemula, Begini Strateginya

 

Loading...

Jualan di Instagram bagi Pemula – Jualan online via Instagram adalah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Betapa tidak, menurut survei We Are Social dan Hootsuite, ada 55 juta penduduk Indonesia menggunakan Instagram, lho. Namun, banyak yang mengurungkan niat untuk melakukannya karena tidak tahu menahu strategi jualan di Instagram bagi pemula.

Jangan urungkan niat Anda, beranilah untuk mulai berbisnis via Instagram! Penasaran bagaimana strategi untuk jualan di Instagram bagi pemula? Mari simak sampai habis!

1. Hindari menggunakan banned hashtag

Hashtag dapat meningkatkan performansi Instagram marketing, namun Anda harus berhati-hati. Jangan sampai hashtag yang Anda gunakan termasuk dalam daftar banned atau dilarang. 

Awas, banyak hashtag yang kelihatannya tidak mengandung kata-kata negatif, namun termasuk daftar banned, lho. Banyak konten-konten tidak pantas menggunakan hashtag tersebut, sehingga pihak Instagram memasukkannya ke dalam daftar banned.

Untuk mengecek apakah hashtag yang ingin digunakan aman, cobalah search hashtag tersebut. Hashtag yang di-banned hanya akan menampilkan sedikit postingan, dan sama sekali tidak ada ada recent posts alias postingan terbaru.

2. Cantumkan sticker location pada Instagram stories Anda 

Anda ingin orang-orang di sekitar area Anda mengenal bisnis Anda? Cantumkan sticker location pada Instagram story! Dengan mencantumkan sticker location, mereka bisa melihat story Anda ketika sedang mencari lokasi tersebut. Lumayan untuk merambah customer potensial, bukan?

3. Jangan pakai hashtag populer

Memakai hashtag yang terlalu populer juga berisiko, lho. Banyak sekali orang yang memakai hashtag tersebut, sehingga postingan Anda bisa saja tenggelam oleh postingan orang lain.

Terutama jika akun Anda terhitung kecil, sebaiknya jangan pakai hashtag yang search volume-nya lebih besar dari 50 ribu postingan. Sebaliknya, pakai hashtag yang kurang populer dan jadikan postingan Anda termasuk ke deretan “Top”.

4. Buat bio yang memikat

Ingat, first impression atau kesan pertama berlaku bagi bisnis Instagram. Bio akun Instagram Anda adalah kesan pertama dari bisnis Anda. Buat bio yang singkat dan lugas, namun menjelaskan apa yang Anda lakukan.

5. Pilih nama yang berpotensi membuat akun makin dikenal

Nama yang dimaksud di sini bukanlah username atau nama akun Anda, melainkan nama yang muncul di bio. Gunakan keyword yang biasa dicari oleh orang-orang sebagai nama Anda. Misalnya, Anda berbisnis camilan khas daerah Surabaya. Anda bisa cantumkan “Oleh-Oleh Khas Surabaya” di akun Anda.

6. Ngetop bareng dengan membuat “Pod”

Bagi Anda yang belum familiar, Pod adalah private group yang dibuat oleh Instagrammers yang berisikan 10 hingga 15 orang. Tujuannya untuk meningkatkan engangement dan membuat akun semakin dikenal audiens.

Bagaimana cara Pod bekerja? Para anggota akan saling memberikan like dan komentar saat ada anggota yang memposting. Pod adalah sarana komunikasi untuk menginformasikan anggota group lainnya jika Anda butuh bantuan meningkatkan engangement.

Ajaklah beberapa Instagrammer yang tenar, misalnya saja sesama pebisnis atau influencer untuk membuat Pod. Kira-kira, Anda mau ajak siapa saja, nih?

7. Tag akun tertentu yang bisa menampilkan Anda

Beberapa brand tenar memiliki akun kurasi yang berisi koleksi postingan dari customer mereka. Jika akun Anda bisa tampil pada akun semacam itu, tentu akun Anda bisa semakin tenar.

Caranya, carilah brand yang tepat dan buat konten yang original, lalu jangan lupa tag! Misalnya saja Anda membuat postingan dengan kamera Gopro, Anda bisa men-tag @gopro pada postingan Anda.

8. Buat giveaway untuk menarik followers

Siapa sih yang tidak suka hadiah giveaway? Jika giveaway Anda sukses, followers dapat meningkat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat giveaway.

Pertama, carilah tema giveaway yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda. Cari hashtag yang efektif untuk digunakan. Berikan hadiah yang menarik bagi kontestan. Tak lupa juga, promosikan giveaway agar banyak yang terlibat!

Penutup

Strategi-strategi di atas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya strategi yang dapat membuat bisnis Anda sukses. Untuk strategi-strategi lainnya, simak artikel seputar Instagram marketing dari Mebiso di sini:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/297353

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *