Running A Business

Inspirasi untuk Kampanye Marketing Anda Hari Ini: Kaleng Berbagi Coca-cola

 
  • 13
    Shares

   

Dari semua ide kampanye hebat yang pernah ditelurkan Coca – Cola (Coke), maka “Kaleng Berbagi Coca – Cola” adalah salah satu ide paling sempurna untuk mewujudkan kampanye “Share Happiness” mereka. Kenapa?

Kampanye “Share Happiness”

Meminum sekaleng soda akan selalu terasa egois ketika Anda berasal dari negara yang keberatan untuk membagi mulut kaleng anda dengan beberapa bibir lainnya.

Padahal ketika Coca – Cola meluncurkan kampanye “Share Happiness” mereka, pesan utama yang ingin disampaikan adalah agar anda menghabiskan soda anda bersama-sama, membagi waktu untuk berkumpul bersama-sama, dan membagi banyak hal lainnya. Tetapi tidak dengan sekaleng Coke. Di sinilah ironisnya. Dan selama beberapa waktu, ironi ini seolah tidak dapat diatasi.

Sebuah kaleng yang dapat dipisah

Hingga muncullah solusi ini. Ketika Coca – Cola merasa bahwa mereka tidak mungkin untuk meminta konsumen mereka agar membagi kaleng sodanya, maka Coca – Cola merancang sebuah kaleng yang dapat dipisah menjadi dua.

Elemen surprise dari ide ini adalah bagaimana Coca – Cola mampu memaksa konsumennya agar mencari seseorang yang akan berbagi kebahagiaan dengan mereka, meskipun awalnya sang konsumen tidak merencanakannya sekalipun.

Semuanya berujung pada pemahaman terhadap konsep

Kampanye “Share Happiness” telah berlangsung selama beberapa lama hingga menghasilkan ide Kaleng Berbagi. Sebelumnya, Coca – Cola pernah mengupayakan berbagai macam ide-ide lain seperti Hug Machine, Happiness Vending Machine, dan Share a Coke. Hal ini membuktikan bahwa sebuah ide yang brilian kadang kala tidak didapatkan begitu saja, melainkan perlu proses trial&error yang panjang, dan komitmen yang luar biasa besar.

Tetapi, baby step yang bisa anda lakukan mulai sekarang adalah bagaimana memahami makna dari kampanye yang saat ini tengah anda perjuangkan. Anda tidak butuh penggunaan teknologi terbaru seperti Facebook Likes atau taktik yang rumit seperti kompetisi dan festival. Yang anda butuhkan adalah bagaimana anda bisa betul-betul memahami apa konsep asli kampanye anda.

Hal ini berlaku untuk semua kampanye marketing.

Sumber: Creative Guerilla Marketing
           
  • 13
    Shares

Artikel Terkait

2 komentar

  • 21 March 2014 - pukul 21:34

    Videonya tidak dapat ditampilkan, coba cek lagi

    • Administrator
      22 March 2014 - pukul 8:44

      Mohon maaf Pak sebelumnya :) Sekarang sudah bisa di buka linknya

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *