Interviews

Kaosamal.com, Bukan Hanya Mencari Laba Tapi Berkarya Memberi Berkah untuk Sesama

 

   

Menjadi salah satu enterpreneur yang sebelumnya sukses mendirikan sebuah bisnis online Nomorcantik.org, kini Ibu Monika(26) kembali menghasilkan karya yang luar biasa. Melalui sebuah bisnis, ia menciptakan perubahan untuk sekitarnya. Kaosamal.com adalah sebuah bisnis yang bukan hanya mencari laba dalam menciptakan karyanya, tapi juga memberikan keberkahan bagi sesama yang membutuhkan. Dengan tagline “dapat kaosnya dapat pahalanya”, wanita lulusan S1 Sistem Informasi di salah satu STMIK terbesar di Kota Medan ini ingin berbagi melalui kaos yang ia ciptakan. Dan berikut ini adalah cerita singkat seputar bisnis Kaosamal.com:

Halo Ibu Monika, bagaimana jika cerita ini diawali dari latar belakang Anda mendirikan bisnis Kaosamal.com ini?

Semua ini dilatarbelakangi oleh Visi Misi yang sangat sederhana yaitu “Membahagiakan Orang yang Kita Cintai dan Membantu Orang yang Kurang Mampu”. KAOSamal.com mengajak Anda semuanya untuk tampil Eksis & Bergaya sekaligus Beramal. Cukup dengan membeli minimal 1 (satu) pcs Kaos Distro sablon digital (LIMITED EDITION – sesuai orderan), berarti Anda sudah turut dalam gerakan ibadah (amal). Karena setiap produk yang terjual, sebagian dari profit/keuntungan akan Kami salurkan kepada pihak yang membutuhkan (secara acak/random).

KAOSamal.com juga melayani sablon digital satuan (tanpa minimum order) berdasarkan desain sablon dari Anda. Beberapa contoh amal yang dapat kita salurkan yaitu berupa membantu makanan, minuman, pakaian, obat-obatan kepada anak yatim atau anak jalanan, orang jompo, orang kurang mampu. Kami juga memberikan bantuan dana untuk pembangunan/renovasi rumah ibadah (masjid, gereja , vihara, pura, candi, klenteng, kuil, dll). Selain itu kami juga membantu dalam menyediakan perlengkapan/peralatan sekolah kepada anak-anak yang kurang mampu. Jika kebetulan Anda sedang merencanakan suatu hadiah? Kaos amal juga dapat dijadikan sebagai hadiah untuk relasi, teman, sahabat, kerabat, keluarga, suam atau istri yang Anda kasihi lho.

Nah untuk Kaosamal.com ini sudah dipasarkan sampai kemana saja Bu? Dan bagaimana Ibu memasarkannya?

Produk kaos amal sebenarnya marketnya sangat luas karena tidak memandang SARA dan dapat merangkul potensi seluruh wilayah di Indonesia. Namun kebanyakan customer adalah kategori dewasa dan usia produktif, antara usia 17-45 tahunan. Jadi untuk strategi pemasaran kita lebih mengutamakan online/digital marketing antara lain seperti pada SEO (Search Engine Optimization) website KAOSamal.com, Social Media Activation melalui FB, Twitter, BBM Buzz Marketing, Pasang Iklan Online Gratis (contoh ke: OLX, iklanBareng.com, dll). Customer kami mulai daerah Sumatera hingga Sulawesi sudah ada yang menjadi customer kami.

Lalu apakah Ibu pernah mengalami kesulitan dalam menyeimbangkan antara harga dengan kualitas produk yang dijual? Bagaimana Ibu menyeimbangkannya?

Kualitas produk kaos kita merupakan bahan katun combed pilihan dengan kualitas super, sedangkan untuk kualitas sablon digital kita menggunakan teknologi printing dan tinta import terbaru sehingga hasilnya benar – benar selalu menjadi fokus dan andalan kami kepada customer. Dalam penetapan harga kaos amal, meskipun secara market/pasar di luar sana yang kualitas produknya hampir sama dengan kami (harga mereka bekisar 150ribuan), namun rata – rata harga satuan kami hanya patok bekisar pada Rp.100.000 s/d 120.000,-. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi nilai harga kaos kami adalah tingkat kesulitan desain dan/atau sablon maupun masa promosi/diskon (jika ada).

Sampai saat ini produk apa saja Bu yang masih menjadi primadona di Kaosamal.com ini?

Kebanyakan yang paling banyak diinginkan konsumen adalah kategori kaos religi karena sejalur dengan nama dan tema kaos amal barang kali ya. Namun kategori kaos tokoh, kaos motivasi, kaos komunitas, kaos sport, dan kaos gaul juga banyak dilirik konsumen.

Apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari yang lainnya?

Diferensiasi kami adalah bagi visitor calon pembeli kaos amal, apabila tidak/belum menemukan desain kaos yang sesuai dengan yang diinginkan maka dapat me-request desain kaos yang diinginkan tersebut dengan menghubungi contact person kami. Disamping itu, hal yang kami kira tidak ada pada competitor adalah konsep amal yang barangkali kami merupakan pelopor tema bisnis kaos untuk amal ini.

Sejauh ini prestasi apa saja yang sudah pernah Anda raih melalui bisnis Kaosamal.com ini?

Memang bisnis ini boleh dibilang masih baru dirintis, namun sudah mendapatkan beberapa apresiasi dari customer tentunya, mengenai desain dan kualitas produk kaos kami (testimoni dari customer). Selain itu, kita juga telah digandeng oleh beberapa organisasi/lembaga keagamaan untuk bekerjasama dalam pendukungan & pengembangan terhadap agama yang bersangkutan melalui desain kaos religi. Sehingga diharapkan dapat saling membantu dalam membantu sesama melalui amal.

Lalu pengalaman apa yang menurut Anda paling berkesan selama menjalani bisnis ini?

Pengalaman paling berkesan adalah ketika saat mau memulai/merintis bisnis ini, karena pada awalnya belum begitu yakin apakah dapat diterima oleh konsumen konsep ini. Meskipun proyek KAOSamal.com ini nilainya tidaklah seberapa dan penjualan kaos juga tidaklah semudah bagai membalikkan telapak tangan, namun jika kita yakin, tulus, dan berjuang dengan Sungguh-Sungguh, niscaya sekecil apapun amal yang sudah kita lakukan pasti akan berbuah (hanya masalah waktu saja). Ternyata kami sudah mulai diterima dan dikenal oleh para customer kami hingga lintas nusantara (indonesia).

Lalu Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang ada saat ini dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Ruang lingkup pasar KAOSamal.com pada dasarnya masih sangat terbuka lebar dan prospeknya masih cerah. Kami berkomitmen untuk memberikan kualitas desain, kaos dan hasil sablon digital yang kualitas super, disamping pelayanan kepada customer juga tetap kami utamakan seperti first order-first serve dan senantiasa mempercepat proses.

Tantangan dan kendala apa yang sudah pernah Ibu temui di bisnis ini?

Tantangan yang pernah dihadapi adalah ketika ada customer yang ingin pesan ratusan kaos dari kami dalam waktu singkat yang mana saat itu kapasitas produksi kita tidak melayani partai besar demikian. Untuk mengatasinya, kami memberikan win-win solution dengan menawarkan jasa desain customized kaos sesuai yang diinginkan namun produksinya kami rekomendasikan ke pihak relasi kami.

Rencana kedepan seperti apa yang akan Ibu lakukan untuk mengembangkan bisnis ini?

Dalam pengembangan pasar kedepan, kami akan lebih fokus ke internet/digital marketing. Karena kami ingin semua lapisan masyarakat Indonesia mengetahui eksistensi dan visi kami. Kita mungkin berbeda lokasi(jauh), namun kita dapat berjalan bersama (melalui produk kaosamal.com), untuk saling membantu kepada sesama.

Siapa yang paling Ibu idolakan dan quotes apa yang paling memberikan motivasi bagi Ibu?

Tokoh yang menjadi motivasi adalah Mark Zuckerberg dan (Alm) Steve Jobs. Mark dikarenakan diputuskan oleh pacarnya, ia jadi Bilyuner. Sedangkan Steve meskipun didepak dari perusahaan yang dia bangun, namun ia dapat bangkit kembali dan kembali masuk menyelamatkan perusahaan yang hampir terpuruk itu. Untuk Quotes “Do What You Love and Love What You Do” harusnya dapat membimbing kita menuju penemuan passion sejati kita dan mensyukuri hidup yang kita dapatkan tapi syukur tidak dalam arti berpuas diri tapi harus “Stay Foolish.. Stay Hungry”

Nah adakah saran yang inign Ibu sampaikan kepada para pembaca khususnya para enterpreneur seperti Ibu?

Jangan pernah takut untuk mencoba, namun sebelum mencoba kita harus memikirkan terlebih dahulu konsekuensi yang dapat terjadi dan bagaimana cara menghadapinya jika itu terjadi. Tidak Mencoba = 100% Gagal Mencoba = 50% Sukses. Sedangkan, dalam menjalankan bisnis, kita tidak boleh hanya memikirkan profit, namun kita juga harus memperhatikan para stakeholder agar dapat sama-sama untung yaitu : para customer, supplier/produsen, reseller, hingga dedikasi pada masyarakat kurang mampu dan lingkungan. Ketika Dunia semakin kurang Kepedulian, Perubahan harus dilakukan ! Kalau bukan Kita, Siapa lagi ? Kalau bukan Sekarang, Kapan lagi ?

Wah benar sekali Bu, gagal bukan berarti kita tidak berhasil. Terimakasih banyak untuk kesempatannya berbagi cerita bersama Mebiso dan seluruh pembaca. Semoga Kaosamal.com bisa semakin sukses dan semakin memberikan pengaruh besar bagi semuanya. :)

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *