HR Leadership Leading Tips Bisnis

Bekerja dengan Karyawan Gen Z, Seperti Apa?

 

Karyawan Gen Z – Generasi Z sudah mulai merambah ke dunia industri dan siap untuk menjadi karyawan atau rekan kerja Anda. Karakteristik utama mereka adalah kemampuan teknologi yang lebih tinggi dan bisa mudah beradaptasi dengan kemajuan zaman. Mereka mungkin masih muda, tetapi Gen Z juga berbeda dari beberapa generasi silam.

Jadi, bagaimana rasanya bekerja dengan karyawan gen Z? Mebiso dan Apiary akan membuka pengalaman bekerja dengan karyawan gen Z untuk kesejahteraan bisnis Anda. Simak selengkapnya.

Apa yang diharapkan karyawan Gen Z di pekerjaan?

Gen Z dikenal memiliki gaya bekerja yang unik dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Besar kemungkinan hal ini dikarenakan Gen Z sudah melihat bagaimana generasi-generasi sebelumnya bekerja keras bahkan di akhir pekan untuk mendapatkan kebebasan finansial.

Tapi bagaimanakah karyawan Gen Z bisa bertahan di ekonomi yang senantiasa berubah?

77% bekerja lebih keras daripada generasi sebelumnya!

Karyawan gen z selalu ingin bekerja lebih keras
Sumber: Mimi Thian

Informasi yang didapatkan oleh Gen Z biasanya seputar pekerjaan yang lebih kompetitif dan melihat generasi sebelum mereka gagal. Gen Z ingin fokus untuk bekerja lebih keras dan ingin menunjukkan kekuatan mereka sebagai yang terbaik di iklim kompetisi ini.

Berharap gaji yang tinggi untuk pekerjaan pertama

Banyak karyawan Gen Z yang berharap gaji tinggi dikarenakan melihat bagiamana generasi-generasi sebelumnya bekerja terlalu keras. Keamanan finansial menjadi impian terbesar Gen Z sehingga karyawan Gen Z tidak ragu-ragu mencari pekerjaan dengan gaji yang besar meskipun bertentangan dengan passion mereka.

Memiliki gambaran pengembangan karir 5 tahun setelah kuliah

Dikarenakan iklim yang sangat kompetitif di kalangan Gen Z, maka mereka umumnya sudah memiliki gambaran karir 5 tahun setelah kuliah. Ada yang tertarik untuk berwirausaha, atau bekerja di korporat untuk mencapai kebebasan finansial.

Generasi sebelumnya memberikan pengaruh besar bahwa Gen Z tidak akan bertahan jika tidak kompetitif dan bekerja keras.

Tertarik mencari pengalaman di beberapa perusahaan berbeda

Karyawan gen z kerap berpindah pekerjaan
Sumber: Magnet.me

Jangan takut jika ternyata Gen Z tertarik dengan beberapa perusahaan selain Anda! Ini dikarenakan Gen Z terdorong mencari karir terbaik untuk mereka, mulai dari perusahaan satu ke yang lainnya.

Bukan hanya soal gaji, tetapi ada pula pertimbangan kesehatan dan rasa aman yang didapatkan. Banyak alternatif yang ditawarkan oleh teknologi untuk mencapai pertimbangan-pertimbangan ini, sehingga Gen Z akan selalu mencari cara untuk mendapatkan stabilitas.

Cara memberdayakan Gen Z agar optimal dan sejahtera

Teknologi selalu terkini

Gen Z akan mencari kantor dengan penggunaan teknologi yang terkini! Mereka tidak bisa jika dipaksa untuk bekerja dengan internet yang lambat atau mengganggu pekerjaan mereka!

Manajemen komunikasi dengan karyawan Gen Z

Komunikasi kunci untuk menjalin relasi
Sumber: Akson

Cobalah untuk melek teknologi khususnya aplikasi digital seperti WhatsApp hingga Slack. Gen Z sangat membutuhkan umpan balik konstruktif khususnya mentoring!

Membangun kebersamaan di kantor

Gen Z juga ingin didengarkan meskipun mereka lebih muda daripada Anda. Inilah mengapa Anda bisa fokus untuk mendengarkan mereka dan membangun mereka sebagai bagian dari kantor Anda. Buat mereka terlibat dalam kegiatan kantor Anda!

Mendengarkan dan tertarik pada kebutuhan mereka

Diskusi karyawan
Sumber: Mimi Thian

Ada berbagai isu yang penting diperhatikan oleh Gen Z, seperti keadilan sosial hingga kesehatan mental. Anda sebagai pemilik perusahaan bisa membangun kesadaran itu dengan mendengarkan kebutuhan mereka. Tentunya mereka akan sangat senang!


Konten ini sudah dipublikasikan di Apiary. Kunjungi untuk tips dan trik produktivitas lainnya.


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *