Produktivitas Running A Business

Simak Cara Tepat Melawan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

 

Kebiasaan Menunda Pekerjaan – Dalam bekerja tentu kita tidak selamanya akan mudah dan lancar saat menyelesaikan setiap pekerjaan yang kita miliki. Akan ada saatnya kita terjebak dalam kebiasaan menunda pekerjaan hingga berdampak pada terlambatnya pekerjaan yang diberikan. Oleh sebab itu kita harus berusaha untuk tidak menunda setiap pekerjaan yang ada, dan semaksimal mungkin memanfaatkan waktu produktif kita untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Bagaimana caranya?

Kebiasaan menunda pekerjaan dapat dilawan dengan target pekerjaan

Dalam menghadapi gangguan dan penundaan dalam bekerja, sebaiknya kita tegas dalam menetapkan tujuan dari pekerjaan dan waktu kerja kita. Pasalnya, sebuah pekerjaan akan mudah untuk diselesaikan jika memiliki target dan tujuan yang jelas. Itu sebabnya kita disarankan sebelum memulai pekerjaan maka sebaiknya menuliskan atau membuat sebuah to do list tentang apa saja yang harus dikerjakan hari itu, target, deadline dan tujuan apa saja yang harus dicapai dalam satu waktu tertentu. Ini akan membuat kita merasa enggan untuk menunda pekerjaan karena tujuan dari kerja kita sudah jelas.

Tetapkan deadline untuk diri sendiri

Anda bisa membuat tenggat waktu pekerjaan yang lebih awal dari yang diperintahkan. Jika memang saat Anda mendapatkan pekerjaan itu Anda sedang kosong, Anda bisa membuat sebuah jadwal palsu untuk mengerjakan pekerjaan baru yang sebenarnya belum waktunya untuk Anda kerjakan. Ini akan membuat Anda memiliki waktu lebih lama dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Selain itu, Anda akan memiliki waktu luang saat pekerjaan itu selesai lebih awal.

Suasana baru juga dapat melawan kebiasaan menunda pekerjaan

Terkadang sebuah penundaan dalam pekerjaan akan terjadi saat seorang karyawan bosan dengan suasana tempat yang mereka gunakan untuk bekerja. Ini sebabnya perlu kiranya seorang karyawan mencari suasana baru untuk mendapatkan ide dan semangat baru dalam bekerja. Semangat inilah yang akan membuat seorang karyawan ingin menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat dari biasanya.

Hindari pemicu distraksi

Saat bekerja di sebuah perusahaan dengan mobilitas tinggi, kita dituntut untuk dapat bekerja maksimal dengan minimal waktu dan deadline yang diberikan. Salah satu tantangan yang selalu didapatkan oleh para pekerja itu adalah menyisihkan waktu untuk bisa fokus pada satu proyek saja. Kesulitan ini terkadang datang karena adanya gangguan dari berbagai pihak, seperti adanya pesan yang masuk pada inbox email atau smartphone yang kita miliki.

Jika kita tidak benar – benar fokus, kita akan sering terganggu dan akhirnya memecah fokus pada gangguan tersebut. Ada baiknya saat kita mulai bekerja, kita coba untuk tidak berhubungan dengan dunia luar yang sama sekali tidak berhubungan dengan pekerjaan kita, kecuali sangat mendesak. Ini ditujukan agar apa yang kita kerjakan bisa selesai tepat waktu dan tidak mengganggu waktu istirahat kita nantinya.

Dengan memperhatikan hal-hal berikut, Anda tidak akan lebih mudah terdistraksi dari pekerjaan. Sehingga, kebiasaan menunda pekerjaan pun dapat semakin terhindarkan.
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *