Interviews

Kejelian Melihat Setiap Peluang, Mengantarkan Bapak Stallon Sukses Sebagai Enterpreneur Online

 

   

Berbisnis online terkadang memang menjadi pilihan yang tepat disaat teknologi terus berkembang seperti saat ini. Bapak Stallon Simatauw, enterpreneur asal kota Pahlawan, Surabaya ini memutuskan untuk menjadi seorang enterpreneur online. Kejeliannya dalam melihat setiap peluang yang ada, mengantarkannya bersama dengan 5 toko onlinenya mencapai sukses. Keuntungan yang tidak seberapa pada awal karirnya, tidak menghentikannya untuk menemukan ide bisnis lainnya. Dan kini bersama dengan 5 toko onlinenya, Bapak Stallon sukses menjadi enterpreneur online. Dan berikut ini adalah hasil wawancara tim Mebiso bersama dengan Bapak Stallon, owner dari Alatwushu.com, Belajarmesin.com dan Amplopcantik.com:

Halo Bapak Stallon, Bisa dijelaskan terlebih dahulu pak apa itu toko online Alatwushu.com?

alatwushu

Seperti namanya ya, Alatwushu.com merupakan toko online yang menjual berbagai alat wushu. Saya mulai berjualan alat wushu ini karena dulunya saya diminta tolong oleh teman untuk import alat wushu. Dan dari situlah saya mulai membuka usaha sendiri dengan mendirikan website toko online Alatwushu.com. Sekitar tahun 2010, website ini mulai beroperasi.

Sebenarnya ada 4 bisnis saya lainnya dan semuanya berkutat pada dunia online, seperti Belajarmesin.com, amplopcantik.com dan 2 lainnya. Kelima bisnis online saya ini memang memiliki jenis dan produk yang sangat berbeda satu dengan lainnya. Mengapa saya berbisnis yang benar – benar berbeda semuanya? Karena saya ingin menjangkau pasar yang lebih luas.

Untuk Belajarmesin.com sendiri saya mendapatkan barang dari kakak saya, yang kebetulan sudah memiliki toko fisiknya. Dan yang untuk Amplopcantik.com ini merupakan toko online yang hanya beroperasi setahun sekali pada saat Hari Raya Idul Fitri. Meskipun produksi dan pemasaran yang hanya dilakukan setahun sekali ini, Amplopcantik.com memberikan banyak keuntungan yang berlipat – lipat dari yang lainnya.

Memiliki 5 toko online sekaligus, apa tidak kerepotan Pak? Lalu bagaimana Bapak mengatur semua toko online ini?

Mengatur 5 toko online yang berbeda memang tidak mudah, tapi kuncinya hanya satu yaitu Fokus. Saya memang fokus untuk terus mengelola dan mengembangkan website toko online saya. Jadi untuk kegiatan terima telepon, menerima pesanan, pengiriman barang, saya sudah memiliki karyawan sendiri yang fokus pada masing – masing bidangnya. Ini yang membuat saya mampu bertahan dan mengelola 5 website toko online saya.

Lalu bagaimana Bapak memasarkan produk Bapak ini?

Untuk memasarkan saya menggunakan promosi media online, seperti website, sosial media dan juga market place. Selain itu saya juga terus dan banyak membuat artikel yang berkaitan dengan bisnis saya. Seperti halnya Belajarmesin.com yang didalamnya bukan hanya semata – mata digunakan untuk berjualan, tetapi juga berbagi ilmu dan pengetahuan seputar mesin cetak. Jadi sesuai namanya yaitu Belajarmesin.

Saya terus membuat artikel yang berhubungan dengan Belajar mesin, mulai dari yang paling dasar seperti sejarah, sampai tutorialnya. Dengan begitu, ketika orang mencari artikel ini, mereka akan menemukan website kami. Dan secara otomatis itu akan meningkatkan pengunjung di website kami. Pemasaran produk kami juga sudah mencapai hampir ke seluruh wilayah di Indonesia.

Lalu bagaimana cerita Anda saat mulai masuk menjadi seorang enterpreneur?

Sebenarnya saya sudah senang berjualan sejak duduk di bangku SMP. Jika ada saudara yang memiliki barang dagangan, saya coba bantu untuk jualkan ke teman – teman saya. Dan kebiasan itu berlanjut hingga sekarang. Dan akhrinya saya memutuskan untuk menjadi seorang enterpreneur dan tidak memutuskan untuk menjadi seorang karyawan.

Sempat terfikir untuk berhenti dan menjadi seorang karyawan saja saat saya mulai mengalami “stuck” dalam bisnis ini. Karena bisa dibayangkan pada awal saya berjualan Alatwushu, tidak ada peningkatan penjualan tiap bulannya. Penghasilan yang saya peroleh sebagai seorang enterpreneur tidak lebih besar dari teman – teman saya yang menjadi seorang karyawan.

Namun hingga pada akhirnya saya melihat kesempatan untuk membuka bisnis lainnya. Saya coba membuka bisnis Belajarmesin.com. Dan ternyata keuntungan yang saya dapatkan bisa 10 kali lipat dari sebelumnya. Dan ini yang saya jadikan acuan untuk terus menjadi seorang enterpreneur.

Menjalani berbagai bisnis, apa yang membuat bisnis – bisnis Anda ini berbeda dari yang lainnya?

Sekalipun ada yang menyamai bisnis saya, saya yakin bisnis saya berbeda. Salah satu yang membedakan adalah dengan adanya artikel yang real dan bermanfaat untuk para pengunjung web saya. Jadi tidak semata – mata saya ingin mendapatkan keuntungan dari berjualan, tetapi saya juga ingin berbagi dengan artikel tersebut.

Bagaimana cara Anda dalam menyeimbangkan antara harga dengan kualitas?

Menurut saya, kita tidak boleh takut untuk memasang harga yang mahal, jika memang produk yang kita tawarkan memiliki kualitas terbaik. Harga tinggi juga akan membuat kita konsisten dan tidak terus menerus melakukan perubahan harga. Demi menarik perhatian pelanggan, kita tidak boleh memasang harga yang terlalu murah.

Apa rencana Anda untuk kedepannya? Apa ingin mendirikan toko fisiknya?

Saya memiliki keinginan untuk menggabungkan kelima website saya ini menjadi satu, agar lebih mudah dalam memanage dan mengembangkannya. Saya juga ingin menambah lagi bisnis saya ini di bidang yang tentu saja berbeda. Namun tidak lepas dari fokus saya dalam mengembangkan website toko online ini. Untuk toko fisik, saat ini sudah ada di THR, Surabaya.

Lalu bagaimana Anda meladeni pelanggan yang terus mengajukan pertanyaan tentang toko online Anda?

Kami tetap meladeni dan menjawab sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Namun jawaban yang kami berikan hanay sebatas info, tidak lebih. Jadi jika ada yang bertanya dan mengajak bernego tentang harga, kami tidak teralu meladeninya.

Ada pengalaman paling berkesan dengan pelanggan Pak? Bisa diceritakan?

Jika pengalaman dengan pelanggan sangat banyak, ya salah satunya yaitu ketika saya menerima order sebuah modem dari pelanggan yang berasal dari Jakarta. Saya sempat terkejut, mengapa beliau rela menghabiskan uangnya untuk membeli produk yang sebenarnya bisa dibeli di Jakarta. Dan pelanggan tersebut beralasan, jika saya beli di mall, saya takut malah membeli produk lainnya yang sebenarnya tidak saya butuhkan. Jadi saya beli secara online. Ada banyak sebenarnya cerita dari pelanggan yang sangat unik dan menarik yang mereka bagikan kepada saya melalui email.

Lalu bagaimana Anda menilai market yang ada saat ini? 

Bisnis online saat ini terus berkembang, dan ini bisa membuat bisnis online bersaing dengan cara berjajar dan semakin teraa persaingannya. Ada kalanya kita terlena dengan adanya toko online dari luar yang tanpa kita sadari akan menjatuhkan dan merugikan kita sebagai UKM di negara kita sendiri. Sedikit mengkhawatirkan memang, tapi tidak perlu takut kita akan tergeser, karena kekuatan dari pasar lokal di Indonesia sangat besar. Ini yang membuat saya berfikir bahwa “Naga raksasa tidak akan bisa menginjak cacing lokal”

Nah, untuk yang terakhir nih Pak. Ada pesan yang ingin disampaikan kepada para pembaca?

Saran saya yaitu kita jangan teralalu terlena dengan kehebatan dan kecanggihan teknologi. Karena yang terpenting adalah management atau isi dari perusahaan itu sendiri. Perusahaan tidak akan besar, jika tidak memiliki management yang hebat dalam mengatur dan membesarkan perusahaannya.

Wah, terimakasih banyak pak atas waktunya untuk berbagi cerita bersama kami. Semoga Alatwushu.com dan kawan – kawan bisa terus dan selalu sukses :)

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *