Kenali Kelas Merek dan Cara Menentukannya

MEBISO.COM - Penentuan Kelas Merek merupakan tahap yang penting sebelum kamu mendaftarkan merek ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Setelah memilih Kelas Merek kamu juga harus menentukan uraian jenis barang/jasa merek (sub-kelas).

Jika diawal salah memilih kelas merek, akibatnya bisa mengganggu kelancaran bisnis kamu di masa mendatang. Maka dari itu penting untuk mengenali kelas merek sebelum mendaftar.

Apa itu Kelas Merek?

Kelas merek merupakan pengelompokkan atas jenis barang/jasa yang digunakan dalam kegiatan perdagangan. Hal ini menjadi parameter yang digunakan secara global dalam perlindungan merek.

Berdasar Pasal 14 ayat (4) Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 67 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Merek (Permenkumham 67/2016), Kelas Merek berpedoman pada perjanjian Nice (Nice agreement) tentang Klasifikasi Internasional Barang dan Jasa untuk Pendaftaran Merek.

Indonesia menggunakan klasifikasi merek versi ke-11 International Classification of Goods and Services atau Nice Classification.

Terdapat 45 kelas pada sistem klasifikasi merek yang terbagi atas merek barang dan jasa. Klasifikasi pada kelas 1-34 untuk merek barang dan kelas 35-45 untuk merek jasa.

Klasifikasi Kelas Merek Barang dan Jasa

Dalam hal ini, pemilik usaha dapat mendaftarkan merek lebih dari satu kelas. Hal ini dilakukan untuk mencegah pihak lain menggunakan nama yang sama di klasifikasi yang berbeda.

Pentingnya Penentuan Kelas Merek

1. Perlindungan merek hanya untuk kelas dan sub-kelas yang didaftarkan.

Jika salah mendaftarkan kelas merek yang tidak sesuai dengan produk bisnis, maka produk bisnis yang sedang dijalankan tidak mendapat perlindungan.

Contoh kasus, semisal kamu punya bisnis kedai kopi tapi mendaftarkan di kelas 30 (barang) untuk produk kopi, padahal seharusnya mendaftarkan di kelas 43 (jasa) untuk kedai kopi/cafe. Maka yang dilindungi adalah produk kopi bukan kedai kopi/cafe walaupun bisnis utama yang dijalankan adalah kedai kopi/cafe.

2. Menyesuaikan Model Bisnis

Penting bagi pelaku usaha untuk menyesuaikan kelas dan sub-kelas merek dengan model bisnis yang dijalankan, mengingat merek dapat didaftarkan lebih dari 1 kelas.

Tujuannya agar kelas dan sub-kelas merek yang dipilih mencakup seluruh model bisnis baik yang sedang dijalankan maupun rencana pengembangan bisnis di masa mendatang.

Cara Menentukan Kelas Merek

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menentukan kelas merek, di antaranya:

1. Pahami Model Bisnis yang Dijalankan

Terdapat 45 Kelas Merek yang terbagi menjadi 2 klasifikasi, yakni merek barang dan merek jasa. Pahami dulu model bisnis yang kamu jalankan apakah termasuk memperdagangkan barang atau memberi layanan jasa atau bahkan keduanya.

Contoh: brand "Kopi Kenangan" mendaftarkan mereknya pada kelas 30 dan 43 (merek barang dan jasa). Kelas 30 untuk produk kopi yang dijual dan kelas 43 untuk kedai kopi nya.

2. Pilih Kata Kunci Bisnis kamu

Kamu bisa cek Kelas Merek dengan memasukkan kata kunci yang sesuai dengan model bisnismu melalui laman ini mebiso.com/kelas.

Namun, yang perlu diingat, pendaftaran merek hanya pada jenis barang dan/atau jasa Merek yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Jika dianggap tidak sesuai, jenis barang dan/atau jasa Merek tersebut dapat dicoret oleh DJKI dalam permohonan pendaftaran Merek (Pasal 15 Permenkumham 67/2016). 

Contoh pemilihan Kelas Merek beserta jenis usahanya: 

  • Alat Kecantikan
    Untuk bisnis kosmetik, dapat memilih Kelas 3 (lipstik, pembersih make up all-in-one, krim anti jerawat, dll). 
  • Bisnis Pakaian
    Untuk bisnis toko pakaian dapat memilih Kelas 35 (jasa toko pakaian eceran). Untuk bisnis pakaian, dapat memilih Kelas 25 (baju, jaket, setelan gaun, celana, dll).  
  • Makanan dan minuman
    Untuk bisnis makanan dan minuman dapat memilih Kelas 29 & 30 (makanan beku, susu, olahan ikan, dll).

Cari kelas serta barang/jasa yang lebih mudah dengan fitur pencarian kelas merek di mebiso.com/kelas. Melalui fitur ini daftar klasifikasi kelas merek di Indonesia ada ditanganmu. Dengan pencarian yang bisa di spesifikasi, kamu bisa lebih cepat dan lebih mudah menentukan pilihan kelas merekmu.

Bagikan informasi ini melalui: