Jagoan Hosting Technology

Kenali Lebih Jauh Soal Fitur Direct Storage Windows 11

 

Microsoft merilis Windows 11 dengan berbagai pembaruan mulai dari fitur hingga user interface. Dan salah satu yang mencuri perhatian Jagoan Hosting adalah fitur Direct Storage Windows 11 yang apik. Teknologi ini menjanjikan waktu pemuatan yang super cepat untuk penyimpanan SSD generasi berikutnya.

Bagi para Xbox user, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Direct Storage. Sebab teknologi ini lebih dulu hadir di Xbox Series X dan Xbox Series S. Menjadi bagian dari sistem Xbox Velocity Architecture, Direct Storage akan memiliki tugas yang sama seperti di konsol gaming saat diterapkan untuk Windows 11. 

Lalu, apa sih sebenarnya Direct Storage itu? 

Direct Storage merupakan salah satu fitur gaming terbaru yang pertama kali hadir di sistem operasi Windows 11. Fitur ini memungkinkan suatu game dapat mengunggah aset-asetnya secara langsung ke kartu grafis, sehingga bisa mempersingkat waktu loading dan rendering saat dimainkan.  

Fitur Direct Storage Windows 11 pasti udah ditunggu-tunggu!

fitur direct storage windows 11
Photo by Windows on Unsplash

Namun, fitur Direct Storage tidak lagi hanya tersedia secara khusus untuk pengguna Windows 11. Direct Storage akan hadir juga di OS Windows 10 dalam waktu dekat, hal ini dikatakan oleh Program Manager Microsoft Hassan Uraizee. 

Menurut keterangan yang tertera pada Developer Blog Microsoft, fitur Direct Storage juga akan tersedia pada Windows 10 versi 1909 ke atas. “Game yang dibuat dengan SDK Direct Storage juga akan kompatibel dengan Windows 10 versi 1909 dan versi yang lebih tinggi, serupa dengan SDK DIrectX 12 Agility,” ujar Uraizee.

Ini adalah API atau antarmuka pemrograman aplikasi, sebuah alat yang bisa digunakan para developer untuk mengakses perangkat keras yang mereka miliki dengan cara tertentu. Dalam hal ini, cara tertentu itu adalah untuk meningkatkan akses disk dan mempercepat waktu pemuatan, baik saat sedang bermain game atau di antara scene.

Direct Storage juga ditujukan secara khusus pada jenis penyimpanan paling modern saat ini untuk PC, yaitu NVMe atau Non-Volatile Memory Express Solid-State Drive. Secara singkat, bagian dari NVMe mampu mempercepat komunikasi antara penyimpanan permanen komputer dan seluruh sistem. 

fitur direct storage windows 11
Photo by Windows on Unsplash

Direct Storage dibuat untuk memanfaatkan secara maksimal kemampuan NVMe SSD itu, menghilangkan bottleneck (mengacu ke komponen yang membatasi potensi perangkat keras lain karena perbedaan kemampuan dari dua komponen) yang mungkin akan terjadi di masa mendatang pada perangkat pengguna. Ini memberikan NVMe SSD cukup ruang kontrol untuk bisa beroperasi secara maksimal atas potensi yang dimiliki.

Bisa dibilang Windows 11 sangat recomended banget pokoknya untuk kamu yang suka bermain game, Sob! Ini menjadi teknologi utama dalam dunia gaming, dikembangkan sebagai respon dari semakin besarnya ukuran game pada saat ini. 

Kamu bisa memberikan pendapat mengenai fitur direct storage ini agar orang lain juga tertarik untuk mencoba fitur baru Microsoft ini dan menikmatinya. Kamu bisa melakukannya dengan mengupload video melalui kanal Youtube ataupun menulis review di blog website pribadi. 

Agar website mu bekerja lebih optimal, bisa banget nih coba langganan produk dari Jagoan Hosting. Produk tersebut adalah cloud hosting! Guna mendukung kinerja website kamu lebih maksimal tentu dibutuhkan hosting terbaik juga, kan

Nah, sama halnya dengan fitur direct storage pada Windows 11, produk cloud hosting dari Jagoan Hosting ini juga mendukung website kamu agar menjadi lebih cepat dan stabil. 

Jadi, tunggu apa lagi? Kunjungi Jagoan Hosting dan dapatkan penawaran terbaik lainnya seperti server hingga domain sekarang juga!


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *