Technology

Kenapa Anda Harus Mengutamakan Keamanan Sistem Diatas Kenyamanan Anda?

 

Loading...

Keamanan sebuah sistem sangatlah penting. Selain untuk menjaga privasi, keamanan sistem juga diimplementasikan untuk menjaga data / informasi yang kita miliki agar tidak diketahui, diambil atau bahkan dimodifikasi oleh orang lain yang tidak memiliki otorisasi. Itulah sebabnya, kadang keamanan menimbulkan ketidaknyamanan. Anda harus mengikuti serangkaian prosedur-prosedur tambahan yang mungkin merepotkan. Bagaimana anda harus menyikapinya?

Illustrasi

Contohnya adalah museum ternama dikota anda mendatangkan barang antik yaitu sebuah lukisan Monalisa asli untuk dipamerkan. Karena harga lukisan tersebut yang sangat mahal dan unik pasti akan menarik banyak minat bagi orang lain untuk memilikinya. Petugas harus memasang sistem keamanan yang tinggi untuk menghalau pencuri. Misalnya dnegan menyimpan lukisan tersebut dalam brankas besi, menutup semua pintu, pagar dan jendela agar seseorang yang tanpa otoritas tidak bisa memasukinya, hingga menempatkan penjaga keamanan secara bergantian supaya daerah di sekitar museum aman terkendali.

[Baca juga: Tips Mengamankan Password untuk Kegiatan Berinternet Anda]

Dari ilustrasi diatas, maka petugas kepala keamanan sudah memasang keamanan berlapis untuk melindungi lukisan berharga tadi. Sistem keamanan tersebut sudah dirasa paling aman petugas kepala keamanan, sehingga petugas tersebut bisa pulang ke rumah dengan lega dan tidak kepikiran kalau-kalau lukisan ditemukan oleh si pencuri. Namun dari sistem keamanan yang ketat tersebut, muncullah rasa tidak nyaman bagi kepala petugas keamanan. Apalagi ketika dia harus masuk ke museum. Dia harus membuka pagar, pintu, jendela dan brankas dengan kunci khusus. Waktu dan usaha yang dikeluarkan akan semakin besar. Beda lagi jika petugas tersebut hanya meninggalkan semuanya tidak terkunci dan hanya tertutup begitu saja. Aman vs Nyaman?

Kaitannya dengan Website Anda?

Sebuah sistem, apapun itu, pasti seperti halnya ilustrasi diatas yang digunakan untuk menjaga privasi kepemilikan seseorang atau golongan. Sementara itu, pada jaringan internet yang sangat luas, tidak ada sistem yang 100% aman. Sistem yang paling aman sekalipun masih ada kemungkinan untuk ditembus dengan berbagai cara. Apalagi sistem yang tidak aman yang hanya mengutamakan kenyamanannya saja agar tidak repot saat menggunakannya.

[Baca juga: 6 Tips Melindungi Kegiatan Berinternet Anda dari Bahaya Cybercrime]

Contohnya ketika kita memiliki website. Sebagai pemiliknya, minimal kita harus rela bersusah payah seperti sang petugas museum demi meningkatkan keamanan sistem kita. Baik dengan cara mengenkripsi skripnya agar orang lain tidak bisa memodifikasi website kita tanpa tahu kode dekripsinya, membuat sandi berlapis-lapis untuk masuk ke cPanel atau admin website. Karena akan sangat merugikan jika informasi pribadi yang kita miliki sampai bocor atau diketahui orang lain.

[Baca juga: 8 Tips Mencegah Hacking pada Website Anda]

Hal yang harus kita ingat adalah: tidak ada sistem yang 100% aman, sistem yang seaman apapun jika kita teledor maka sistem itu bisa saja ditembus dan privasi kita menjadi tidak aman. Akan lebih baik dan menyenangkan jika kita membiasakan diri untuk lebih bijak dalam menyikapi kemanan dan kenyamanan pada sebuah sistem, terutama menyangkut pada hal yang disebut PRIVASI.

[Baca juga: Apa SSL / Secure Socket Layer dan Bagaimana SSL Bekerja]

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *