Running A Business

Persiapan Menjaga Kesehatan Karyawan Menjelang Bulan Puasa

 

Kesehatan Karyawan – Bulan Ramadan semakin di depan mata. Tak hanya menjadi momen spesial bagi yang menjalankannya saja. Nyatanya, hal ini juga menjadi pengingat bagi setiap pebisnis untuk memperhatikan kesehatan karyawan menjelang bulan puasa.

Sebab, bisnis harus tetap dijalankan meski Anda ataupun karyawan sedang menjalankan ibadah puasa. Sehingga, Anda harus menyeimbangkan kesehatan tubuh dan produktivitas kegiatan bisnis, supaya tetap berjalan lancar. Bagaimana caranya? Ini ulasannya!

Kesehatan karyawan pasti terjaga jika tidak melewatkan sahur

Sebagian orang merasa malas atau susah bangun awal untuk sahur. Padahal, sahur sangat berpengaruh bagi produktivitas Anda selama seharian nanti. Apalagi jika kegiatan Anda dan karyawan akan padat.

Oleh karenanya, manfaatkan momen sahur untuk mengonsumsi makanan tinggi nutrisi. Namun, tetap usahakan jangan berlebihan, supaya Anda tetap nyaman saat bekerja nantinya.

Kegiatan pagi sebelum bekerja juga bisa menjaga kesehatan karyawan

Setelah sahur jangan langsung tidur, sebaiknya isi dengan kegiatan yang bermanfaat. Sebab, kegiatan pagi sebelum bekerja akan membuat Anda dan karyawan merasa lebih segar, bugar dan tentu saja bersemangat.

Kegiatan pagi sebelum bekerja juga bisa diisi dengan meluangkan waktu untuk membaca koran, buku atau sekedar jogging pagi.

Beri waktu untuk istirahat di tengah kegiatan

Jangan paksa karyawan Anda untuk bekerja selama 8 jam penuh. Gunakan waktu seproporsional mungkin supaya Anda dan karyawan tidak kelelahan dan justru menurunkan produktivitas.

Buatlah karyawan Anda merasa senyaman mungkin, karena kesehatan bukan hanya seputar fisik tapi juga rohani atau mental. Dengan begitu, karyawan akan merasa lebih semangat lagi untuk bekerja.

Buat kegiatan bermanfaat sambil menunggu waktu berbuka

Sambil menunggu waktu berbuka, Anda dan karyawan bisa melakukan kegiatan seru yang dapat menyegarkan pikiran. Bisa dengan menyiapkan menu berbuka bersama, melakukan games ringan di kantor, atau lainnya. Dengan demikian karyawan akan semakin semangat menjalani pekerjaan di kantor Anda.

Menjalankan ibadah puasa bukan menjadi alasan bagi Anda dan karyawan untuk bermalas-malasan saat berkegiatan. Oleh karenanya, supaya karyawan tetap produktif selama bulan puasa, lakukan tips di atas. Tetap semangat dan selamat berpuasa bagi Anda yang menjalankannya!
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *