Technology

Ketahui 7 Fakta Unik Tentang Android Disini

 

Loading...

Kata Android sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan sampai ke pelosok desa pun sudah pasti pernah mendengar kata Android. Lalu apa istimewanya Android? Dan keunikan apa saja yang ada di android? berikut ini adalah beberapa rangkuman fakta tentang Android.

1. Android tidak diciptakan oleh Google

Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White mencoba membuat operating system untuk camera digital pada tahun 2003, namun setelah mempertimbangkan perkembangan teknologi yang ada, maka mereka memutuskan membuat operating system untuk smartphone. Dan pada tahun 2005, Android dibeli oleh Google dan dikembangkan sampai sekarang.

2. Andriod adalah pengembangan dari Linux

Android dikembangkan menggunakan kernel Linux, sebuah operating system yang gratis dan terbuka. Setelah Android dikembangkan oleh Google, Android telah melewati kernel Linux yang asli dan mengembangkannya sendiri.

3. Android bersifat gratis dan terbuka

Android adalah OS yang bersifat open source, dan kodenya dirilis dibawah lisensi Apache. Hal inilah yang memungkinkan Android untuk didistribusikan oleh siapa saja dan diimplementasikan oleh banyak pihak. Tidak hanya berhenti sampai disitu, Android juga telah memunculkan banyak komunitas pengembang yang mampu mendongkrak kepopulerannya karena banyak sekali aplikasi untuk Android yang diciptakan dari pihak manapun. Dan Google tidak membatasi hal tersebut, bahkan termasuk meng”oprek” Android dengan melepas semua fitur Google yang sudah menjadi fitur asli dari Android seperti yang telah dilakukan oleh Amazon dengan Fire OS nya.

4. Nama – nama Android berasal dari nama makanan

Android dinamakan dengan nama makanan penutup, manis, dan berurutan sesuai dengan abjadnya. Nama – nama Android yang sudah dirilis adalah:

Apple Pie, Banana Bread, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo/Frozen Yogurt, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean dan KitKat.

5. Android, Operating System Mobile terpopuler

Sampai hari ini, Android menjadi operating system terpopuler dengan jumlah pengguna tertinggi. Android telah mampu melewati pesaingnya yaitu IOS dan Symbian OS dan Android dikembangkan lebih dari 100 ribu pengembang aplikasi mobile baik yang berdisi atas nama perusahaan ataupun mandiri.

6. Performa Android ditentukan oleh tingkat kecerdasan pengguna

Banyak yang mengatakan bahwa Android adalah operating system yang cukup lambat dan berujung pada borosnya baterai karena smartphone mereka selalu berkerja keras. Tapi setelah dilakukan penelitian oleh M. Faizul Adib, mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi di Surabaya, mengatakan bahwa fakta yang ditemukan dilapangan adalah memasang aplikasi tanpa pertimbangan performa dasar smartphone yang menyebabkan penurunan performa tersebut. Dan hanya pengguna yang bijak dan cerdas saja yang mampu mengoptimalkan gadget mereka.

7. Andriod dianggap sebagai merek sebuah Gadget

Saking larisnya, ada beberapa orang yang menganggap bahwa Android adalah sebuah nama merek, pernyataan ini masih sering muncul dari orang – orang yang mungkin masih terlalu awam tentang perkembangan teknologi, dan menganggap Android adalah merek dari sebuah gadget.

Beberapa fakta tersebut adalah menjadi ciri – ciri yang mungkin tidak ditemukan di operating system lain, dan sampai kapan Android akan sepopuler ini? Semua tergantung dari seberapa mampu pengembangnya melakukan inovasi.

Baca juga:

Bekerja Sehat dengan 5 Aplikasi Fitness untuk Android Anda

10 File Manager Terbaik untuk Android

9 Tren Pengembangan Website Berbasis Mobile

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *