Leadership

Ketahui Alasan Kenapa Orang Ingin Bekerja dari Rumah

 

   

Bekerja bukan hanya tentang menyelesaikan sebuah tugas atau tanggungjawab dari depan meja di dalam sebuah ruangan yang berada di dalam gedung. Bekerja tidak mengharuskan kita untuk berada di dalam ruangan dalam waktu 8 -9 jam setiap harinya. Setiap pekerjaan memiliki cara dan peraturan mereka masing – masing. Terkadang banyak orang memilih untuk bekerja di luar ruangan karena beberapa alasan. Mereka biasanya mengambil sebuah pekerjaan paruh waktu atau freelance. Ini membuat mereka tidak harus datang ke kantor dan menyelesaikan pekerjaan di sana. Tapi yang jelas setiap tugas yang dilimpahkan harus benar – benar diselesaikan dengan baik.

Tidak jarang beberapa pekerja merasa rumah mereka adalah tempat yang paling nyaman untuk bekerja. Baik itu rumah pribadi, kos ataupun hanya rumah persinggahan saja. Nah, tapi sebelumnya, apa saja sih yang dicari orang seperti ini. Orang yang memilih untuk bekerja di rumah ketimbang di kantor?

1. Mencari ketenangan

Yang jelas mereka yang memilih bekerja dari rumah adalah yang lebih menyukai bekerja individu atau sendiri. Mereka akan cenderung merasa terganggu ketika ada banyak orang disekitar mereka, terlebih saat harus berkonsentrasi menyelesaikan tugas. Untuk itu mereka memilih bekerja dari dalam rumah dengan tujuan untuk mencari ketenangan dan meminimalisir gangguan. Bekerja dari rumah juga akan membantu menjaga privasi Anda.

2. Mencari kenyamanan

Ketika Anda bekerja Anda harus merasa nyaman. Itu jelas, karena ketika Anda merasa sangat tertekan, terganggu dan tidak nyaman pasti pekerjaan dan produktivitas kerja Anda akan terganggu. Carilah rasa dan tempat yang nyaman bagi Anda untuk bekerja, sekalipun itu dirumah Anda sendiri. Anda bisa mendesain ulang meja kerja di dalam kamar atau sebuah ruangan khusus di dalam rumah. Mendesain sesuai dengan keinginan dan selera Anda. Buatlah suasana yang mendukung Anda saat bekerja. Ini akan membuat Anda semakin bersemangat menyelesaikan pekerjaan.

3. Ingin dekat dengan keluarga

Siapa yang tidak ingin berlama – lama dengan keluarga? Setiap orang pasti mencari atau berusaha untuk meluangkan waktu libur mereka untuk bisa berkumpul bersama dengan keluarga. Beberapa pekerja memilih untuk bekerja dari dalam rumah mereka, alasannya karena ingin berlama – lama bertemu dengan keluarga. Ini jugalah yang menjadi alasan sebagian besar Ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis pribadi, baik secara online maupun offline. Mereka bisa bekerja sekaligus mengurus keluarga. Dengan begitu semangat bekerja juga semakin meningkat.

4. Lebih fleksibel

Saat Anda bekerja di kantor maka tidak akan ada waktu pasti yang membawa Anda dalam 8 jam waktu produktif. Akan ada berbagai kegiatan atau tambahan waktu sampai akhirnya Anda merasakan pulang malam. Ini membuat Anda lebih tertekan dan lelah. Nah, pilihan bekerja dirumah selanjutnya adalah karena bekerja dirumah itu memberikan kita waktu yang fleksibel. Kita bisa mengerjakan tugas kapansaja. Yang jelas tetap harus sesuai dengan target waktu yang diberikan. Kita juga harus konsisten terhadap diri sendiri bahwa akan menyelesaikan tugas tepat pada waktunya.

Anda juga memiliki waktu bebas lebih banyak. Mau makan tinggal makan, mau minum tinggal minum. Jika ingin istirahat kapan saja bisa. Anda juga tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk biaya transportasi Anda ke kantor.

5. Lebih bebas berkreatifitas

Ada kalanya kita merasa ragu atau kurang percaya diri menunjukkan kreativitas yang kita miliki di depan orang lain. Itu sebabnya bekerja dari rumah dinilai dapat membantu kita bereksplorasi lebih banyak dengan pekerjaan kita. Kita bisa memulai dari diri sendiri, ruang kerja, hingga proses pengerjakan tugas. Tidak perlu khawatir dengan pandangan orang lain. Ketika Anda sudah merasa yakin, hal itu bisa Anda diskusikan dengan atasan yang berada di kantor.

Bekerja dari rumah memang terkesan tidak berjalan, tapi ada juga yang sudah berhasil membuktikan bahwa bekerja itu tidak harus datang pagi dan pulang malam dari kantor. Dimanapun kita berada kita bisa bekerja dan menghasilkan sesuatu yang baik. Bekerja dari rumah juga terkesan hanya cocok untuk orang yang pemalu, tidak percaya diri, minder dan sebagainya. Tapi ini membuktikan bahwa setiap orang memiliki cara bekerja dan berkreasi sendiri – sendiri. :)

Baca juga:

Tips Maksimal Bekerja dari Rumah Sendiri

10 Tips Bekerja yang Menyenangkan

Tanda Lingkungan Kerja Sehat dan Menyenangkan


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *