Leadership

Ketahui Bagaimana Posisi Duduk yang Benar saat Menggunakan Komputer

 

   

Menjadi seorang pekerja sibuk dan penuh dengan rutinitas harian yang padat membuat kita sering mengabaikan kesehatan diri kita sendiri. Terlebih hampir semua jenis pekerjaan saat ini sudah mengharuskan kita menggunakan komputer dan membuat kita duduk lebih lama dari biasanya. Bahkan bisa saja kita duduk lebih dari 8 – 9 jam setiap harinya. Kegiatan seperti inilah yang banyak menimbulkan masalah, yaitu salah satunya pada kesehatan kita sendiri. Saat kita bekerja dan menghadap komputer maka posisi duduk kita juga harus benar dan nyaman. Agar kita dapat dengan nyaman bekerja dan semakin mudah menyelesaikan pekerjaan.

Posisi duduk yang salah bukan hanya membuat kita cepat lelah tapi juga mengancam kesehatan anggota tubuh kita salah satunya yaitu area punggung dan pinggang. Untuk itu perlu kita cari tahu bagaimana agar kita bisa memiliki posisi duduk yang benar saat bekerja. Dan berikut ini saya coba ambil beberapa tips dari businessinsider.co.id khusus untuk pembaca setia Mebiso.

Posisi Tubuh dengan Layar Komputer

  1. Pastikan jarak monitor dengan mata kita adalah sekitar 50-60 sentimeter. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa menggunakan beberapa tumpuk buku untuk menopang monitor, agar posisi layar sejajar dengan mata kita.
  2. Buat jarak lengan dengan monitor adalah sejajar. Artinya jika Anda menjangkau monitor itu tidak terlalu dekat atau terlalu jauh. Ini juga tidak akan membuat Anda harus menyipitkan mata ketika melihat layar komputer.
  3. Jaga pencahayaan monitor Anda. Karena pencahayaan yang terang atau kuat akan membuat mata Anda cepat kering dan lelah. Itu tentunya akan membuat Anda tidak nyaman menatap layar monitor lama – lama. Atur pencahayaan monitor Anda selembut munkin, dan juga disesuaikan dengan pencahayaan ruangan tempat kerja Anda.
  4. Buat sudut bawah monitor dengan tatapan mata Anda sejauh 60 derajat.

Posisi Duduk/Kursi

  1. Gunakan kursi yang nyaman artinya tidak terlalu empuk atau keras bagi Anda. Buat posisi duduk Anda juga tidak terlalu bersandar atau tidak terlalu tegap.
  2. Gunakan kursi dengan tinggi selutut Anda, sehingga saat duduk posisi paha sejajar dengan tanah dan posisi telapak kaki tepat berada di lantai. Jika memang dibutuhkan cari kursi kecil atau kotak kecil untuk membantu Anda menapakkan kaki ke tanah.
  3. Usahakan untuk punggung bagian bawah mendapat topangan dari sandaran kursi, sehingga bisa tetap duduk tegak.
  4. Usahakan untuk tidak membungkuk, namun tetap santai dan rileks.
  5. Lengan kursi juga dibuat serileks mungkin, sehingga posisi lengan bisa lebih santai dan sejajar dengan keyboard.
  6. Jika memang Anda harus duduk dalam waktu yang lama, coba sesekali ubah posisi duduk Anda, agar tubuh bisa rileks dan tidak terlalu tegang.

Posisi Meja Komputer

  1. Pastikan Anda tetap santai dan buat bahu Anda dalam posisi rileks. Lengan dan pergelangan tangan juga harus lurus dan rileks.
  2. Posisikan keyboard dan mouse dengan sejajar, agar tangan Anda mudah meraihnya dan lebih santai dalam menggunakannya.
  3. Atur jarak atau sudut antara lengan dan tangan bagian bawah Anda sebesar 110 derajat. Ini akan membuat Anda lebih santai dan bahu Anda pun tidak tegang.
  4. Jika Anda merasa keyboard masih terlalu rendah, Anda bisa menggunakan tumpukan buku untuk menyanggahnya.

Nah, begitulah cara dan posisi duduk yang bisa kita coba untuk lebih memperbaiki posisi sebelumnya. Tujuannya bukan tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan dan memaksimalkan tenaga saat bekerja.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Alasan Stress Menjadi Pemicu Produktifitas

Jaga Kesehatan Anda Saat Bekerja dengan 10 Langkah Ini

Tanda Lingkungan Kerja Sehat dan Menyenangkan


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *