Running A Business

Trik Ketika Melakukan Negosiasi dengan Target yang Sulit

 

Ketika Melakukan Negosiasi – Tak mudah bagi sebagian dari kita ketika melakukan negosiasi dan mencapai kata “Deal” dengan orang tertentu. Tim sales atau marketing dalam suatu perusahaan harus bisa memahami dan menciptakan keyakinan untuk bisa membuat klien memberikan keputusan “Deal” tersebut. Terutama bagi Anda yang ingin mendapatkan “Deal” dari orang – orang yang sulit berkompromi. Lantas, bagaimana triknya? Ini jawabannya!

Dengarkan lawan bicara ketika melakukan negosiasi

Sebenarnya tidak sulit untuk mengerti orang yang “sulit”, asalkan kita mau dan ingin mencoba lebih sabar. Mereka hanya butuh seseorang atau tempat untuk bisa mendengarkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Setelah itu, mereka akan mencari siapa yang bisa memenuhi kebutuhan mereka itu. Cobalah untuk mendengar lebih dulu apa yang ingin mereka katakan. Pahami dan cobalah menjadi pendengar yang baik dan mampu memberikan solusi terbaik.

Ketika melakukan negosiasi, jangan remehkan target

Ada kalanya kita dihadapkan dengan orang – orang yang sulit untuk dimengerti, termasuk masalah apa yang mereka butuhkan dan inginkan dari kita. Mereka cenderung akan menjadi sulit saat Anda hampir saja mencapai kata sepakat. Entah itu dari ucapan atau perbuatan mereka yang seolah – olah tidak serius dengan apa yang mereka inginkan dari kita.

Orang sulit seperti ini akan memaksa kita untuk berfikir keras, bagaimana mereka mudah untuk ditaklukkan. Ini akan membuat Anda berperang dengan sisi emosional Anda dan menyesuaikan dengan apa yang mereka inginkan. Tentu Anda tidak ingin bukan membuang – buang waktu dengan hanya mencoba mengerti satu orang saja?

Terkadang, Anda harus tahu kapan waktunya pergi

Jika memang dirasa mereka masih memiliki peluang untuk mencapai sepakat dengan kita, maka cobalah untuk bisa bertahan dengan mereka. Namun, ketika mereka memilih untuk tidak serius atau hanya main – main saja, Anda bisa memutuskan untuk pergi dan meninggalkan mereka.

Terkadang ketika orang yang memiliki keinginan tapi belum terwujud, mereka akan cenderung membuat kita mengeluarkan sisi emosional kita, berupa amarah dan menjadi putus asa. Ini akan berdampak buruk pada diri kita sendiri, saat kita memutuskan untuk bertahan dan mencoba mengerti mereka yang sulit seperti itu.

Tiga trik dasar ini dapat membantu Anda melakukan negosiasi dengan orang-orang yang sulit diajak bekerja sama. Namun, Anda juga tetap perlu memperbanyak pengalaman agar semakin terlatih melakukan negosiasi. Tetap semangat dan smeoga berhasil!
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *