Running A Business

Kiat Berjualan Online di Bulan Ramadan, Sudah Mempraktikkannya?

 

Kiat Berjualan Online – Meningkatkan potensi bisnis online untuk mendapatkan keuntungan selama bulan Ramadan bukanlah hal yang mustahil. Nyatanya, terdapat sejumlah kiat berjualan online yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peluang kesuksesan bisnis Anda. Apa sajakah?

Awali kiat berjualan online dengan membangun online presence

Apa itu online presence? Yakni kemunculan brand Anda di sejumlah platform atau media online supaya semakin dikenal oleh calon konsumen. Anda bisa membuat ragam media sosial khusus bisnis Anda seperti membangun website, membuat akun Instagram, TikTok, Facebook, atau membuka toko di online marketplace.

Intinya, bisnis Anda harus ada di tempat yang sering dikunjungi target konsumen. Dengan demikian, peluang produk atau jasa Anda untuk dikenal semakin besar. Konsumen pun akan semakin tertarik untuk membeli jasa atau produk Anda.

Buat konten yang relevan sejak seminggu sebelum Ramadan

Salah satu kebiasaan masyarakat muslim di Indonesia saat bulan puasa adalah mencari konten yang berhubungan dengan Ramadan seminggu sebelum memasuki bulan Ramadan. Oleh karenanya, Anda disarankan untuk segera menyiapkan konten yang relevan dengan bulan puasa sejak seminggu sebelum bulan Ramadan.

Pastikan Anda juga harus menentukan konten seperti apa yang akan dipromosikan. Anda dapat menawarkan promo hadiah menarik yang hanya didapat selama bulan Ramadan. Lakukan pembuatan konten edisi spesial ini hingga seminggu setelah lebaran. Sebab, sebagian besar masyarakat muslim masih cenderung memiliki minat tinggi untuk membeli sesuatu selama momen tersebut.

Memfasilitasi pelanggan untuk sedekah juga bisa jadi kiat berjualan online

Adapun tren di bulan puasa yang bisa Anda manfaatkan adalah dengan memfasilitasi pelanggan untuk berbagi, contohnya melalui sedekah atau zakat. Anda bisa menawarkan berbagai layanan berbagi seperti penerimaan donasi langsung dari pelanggan, atau menawarkan pelanggan untuk berdonasi melalui pembelian produk yang Anda tawarkan.

Selain memberikan citra positif pada bisnis Anda. Cara ini juga dapat membuat konsumen merasa lebih simpatik dengan brand Anda. Dengan begitu, kemungkinan sukses di bulan Ramadan pun semakin besar.

Terapkan digital marketing yang tepat

Dengan praktik digital marketing, Anda bisa lebih mudah menjangkau target konsumen. Sehingga, kampanye pemasaran bisnis Anda akan menjadi lebih efektif.

Anda bisa mencoba beberapa jenis digital marketing seperti memasang iklan di Google yang mengarah ke landing page promo Ramadan, atau pun mengiklankan produk Anda di media sosial. Dengan demikian peluang keuntungan produk Anda akan semakin meningkat di bulan Ramadan.

Dengan mengenal kiat-kiat tersebut semoga Anda semakin semangat dalam menjalankan bisnis online di bulan Ramadan. Selamat beribadah bagi Anda yang menjalankannya, dan selamat berbisnis!
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *