Running A Business

Kiat untuk Meningkatkan Permintaan Pelanggan Online

 
  • 4
    Shares

   

Permintaan pelanggan adalah nyawa dari sebuah bisnis agar bisa terus berjalan dan berkembang. Apa yang pelanggan inginkan dan butuhkan, sebisa mungkin kita coba untuk penuhi. Mungkin ada perbedaan ketika sebuah bisnis offline dan online menerima permintaan dari pelanggan mereka. Media, waktu dan cara yang digunakan tentu sangatlah berbeda. Ini yang membuat ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk terus meningkatkan permintaan terhadap pelanggan online. Nah, bagi Anda yang memiliki bisnis online, berikut ini ada kiat untuk meningkatkan permintaan pelanggan online, Semoga bermanfaat :)

1. Melakukan riset terhadap penjualan dan permintaan

Menjadi suatu keharusan bagi pemilik bisnis untuk terus melakukan riset terhadap kegiatan bisnisnya. Salah satu yang membutuhkan riset atau penelitian rutin adalah dari sgei penjualan dan permintaan customer sendiri. Terlebih dari toko online yang tidak bisa secara langsung berjualan dan bertemu dengan pelannggan. Riset bisa dilakukan dari melihat jumlah permintaan dan penjualan setiap beberapa waktu atau periode tertentu. Tidak harus dilakukan setiap hari, namun yang paling penting adalah harus rutin, agar bisa mendapatkan data yang tepat dan akurat.

2. Melihat kebutuhan pasar

Demi memenuhi kebutuhan pelanggan dan meningkatkan permintaan pelanggan terhadap produk yang kita jual, ada baiknya kita juga melihat apa saja yang menjadi kebutuhan pasar setiap waktunya. Pasar memang menjadi tempat kita berjualan dan menawarkan berbagai produk, namun apa artinya jika produk yang kita tawarkan salah masuk ke area pasar yang tidak sesuai dengan apa yang kita hasilkan.

3. Menghasilkan konten yang berkualitas

Berjualan online menjadi sangat bergantung pada konten pada website atau toko online itu sendiri. Saat pelanggan melihat atau mengunjungi website toko online Anda, mereka akan melihat terlebih dahulu apa yang mereka butuhkan, ada atau tidak. Setelah itu penampilan dari toko online Anda juga tidak luput dari perhatian mereka. Ada kalanya saat mereka mencari sebuah konten atau artikel, dan artikel itu Andalah yang menyediakan, mereka tentu saja secara otomatis akan mengunjungi dan mengenal toko online Anda.

4. Mereview customer

Melakukan banyak cara untuk meningkatkan jumlah permintaan pelanggan bukan hanya harus dilihat dan dilakukan dari dalam area bisnis sendiri. Cobalah untuk mereview customer atau pelanggan Anda. Salah satu caranya adalah melalui testimonial yang mereka berikan. Ini bisa menjadi bahan pembelajaran dan evaluasi bagi Anda dan bisnis Anda.

5. Meminta feed back

Sama halnya seperti diatas, feed back sangat kita butuhkan. Namun bukan hanya dari pelanggan yang bisa memberikan feed back. Karyawan Anda sendiri juga bisa memberikan feed back. Saran dan kritik sangat perlu untuk Anda miliki dari apa yang sudah Anda lakukan dan berikan terhadap pelanggan. Jika terdapat kesalahan itu saatnya Anda harus segera memperbaikinya. Tidak jarang bukan, di dalam feed back, akan Anda temui sebuah permintaan atau keinginan dari pelanggan Anda. Dan jika memungkinkan Anda bisa merealisasikannya.

6. Memberikan penawaran produk

Memberikan penawaran memang bukanlah cara yang baru yang harus kita lakukan untuk mempromosikan bisnis kita. Namun bukan hal yang salah jika memberikan penawaran produk terus kita lakukan untuk memenuhi permintaan dari pelanggan itu sendiri. Selain mengirimkan penawaran via email, Anda juga bisa mencoba dengan menelepon pelanggan Anda, atau bahkan bertemu secara langsung. Selain untuk memberikan penawaran, pertemuan ini diharapkan menjadi cara untuk lebih mengakrabkan diri dengan pelanggan.

7. Memanfaatkan sosial media

Sosial media menjadi salah satu yang paling berpengaruh dalam promosi suatu bisnis terutama bisnis online. Dengan sosial media kita bisa menjangkau pasar yang lebih luas dari sebelumnya. Selain membuat sebuah Fanspage untuk bisnis kita, kita juga bisa membuat sebuah group tertentu yang isinya adalah promosi untuk produk – produk dan bisins kita. Kita juga bisa mengajak pelanggan berkomunikasi secara langsung di sosial media dengan memberikan mereka jeda waktu untuk saling menyampaikan pendapat atau keinginan dari apa yang mereka harapkan dari bisnis Anda.

Baca juga:


  • 4
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *