Interviews

Kisah Fajar Sandi Oktiono Membangun Anugerahwaterproof.com

 

   

Fajar Sandi Oktiono adalah pendiri Anugerahwaterproof.com. Beliau juga menjabat sebagai ketua alumni Ikatan Wirausaha Muda Mandiri Surabaya. Keunikan Anugerahwaterproof.com adalah tingkat visibilitas yang tinggi di Google. Anda bisa membuktikannya sendiri dengan search saja kata kunci “Waterproofing Surabaya”. Maka suatu siang saya menjadwalkan sebuah kunjungan ke kantor beliau untuk interview. Uniknya, di dinding kantor PT. Anugerah dipenuhi dengan aturan-aturan dan nilai perusahaan yang dibingkai dan ditempel dengan apik.

Selamat siang Pak Fajar Sandi. Di dinding kantor PT. Anugerah, saya lihat penuh dengan poster berisi aturan-aturan perusahaan. Kalau boleh, kita mulai interview kita dengan cerita singkat tentang sejauh mana mereka berpengaruh pada Anugerahwaterproof.com?

Selamat siang. Tentu saja boleh. Apa yang kami tempelkan di tembok, betul sekali, adalah aturan-aturan perusahaan. Pertama adalah kultur, kedua adalah garis kesuksesan. Kultur adalah budaya yang harus diterapkan di dalam perusahaan supaya karyawan bisa mengadaptasikan diri menjadi apa yang dimau perusahaan. Sedangkan garis kesuksesan yang terdiri atas: Ownership, Accountable, dan Responsible adalah standar bagi perilaku kerja tim kami. Misalnya kalau suatu saat dia melakukan hal yang tidak bertanggungjawab, maka sah-sah saja jika tim menegurnya tidak bermain di atas garis.

4-fajar-sandi-oktiono

Poin kultur di dinding kantor PT. Anugerah Waterproof Surabaya

Bagi kami, semakin paham karyawan dengan apa yang diinginkan perusahaan, maka semakin kita bisa berjalan seiringan dan semakin cepat pula kita bisa sampai di tujuan.

Kenapa harus ditempelkan di dinding Pak?

Sekedar sebagai pengingat yang bisa dilihat setiap saat. Jadi tanpa mereka sadari, mereka bisa menghapal di luar kepala. Jika sudah demikian, maka dia secara otomatis bisa langsung menjustifikasi dirinya sendiri. Jadi ketika dia sadar kalau dia melakukan kesalahan, maka dia bisa langsung mempertanggungjawabkan kesalahannya.

Selain kita tempel, aturan ini pun sudah kita komunikasikan sejak pertama rekruitmen. Bagi saya, visi dan misi harus clear dulu sebelum dia bergabung di PT. Anugerah. Sehingga ketika dia bergabung, dia sudah satu visi dengan kita. Sedangkan kalau dia tidak dapat menerima aturan kita, maka kita akan tahan dulu. Kita cari yang lain.

Kenapa harus seperti itu Pak, maksud saya apa pentingnya sebuah aturan diaplikasikan di awal?

Sederhananya begini. Ketika membentuk bunga, akan sangat susah dilakukan kalau dia sudah besar. Sedangkan kalau dia masih kecil, dia akan menurut kemanapun dia dibentuk. Demikian juga dengan karyawan. Lagipula seseorang tidak perlu jadi chef dulu untuk membuat nasi goreng yang enak. Yang harus dia siapkan adalah bahan-bahan mentah yang berkualitas tinggi. Tinggal dipoles sedikit sudah jadi sepiring nasi goreng yang enak. Tapi bagaimana jadinya kalau bahannya busuk semua?

Perusahaan kita tidak besar. Tapi kita mau besar, dan berusaha untuk besar. Makanya, kita perlu gunakan cara-cara perusahaan besar. Artinya wadahnya perlu dibesarkan.

Kalau boleh tahu, sejak kapan Anugerahwaterproof.com dimulai?

Sejak 2004. Tapi sebagai Startup kita baru mulai di tahun 2009. Kalau tahun 2004 dulu, penanganannya masih dilakukan dengan sangat tradisional. Tidak ada tools, yang penting kita eksis dulu. Makanya kita sempat tertatih-tatih di 5 tahun pertama. Kita ingin eksis besar, tapi kita belum kenal siapa-siapa.

Uniknya adalah, pada umumnya dalam tenggat waktu 5 tahun itu sangat kecil sekali kemungkinan bagi owner sebuah bisnis untuk mau berguru pada orang lain. Bisa jadi karena malu, atau karena mereka merasa bisa sendiri. Baru kemudian begitu mereka menyadari pentingnya belajar dari orang lain, maka perusahaan mereka akan berkembang lebih cepat.

Kenapa begitu Pak, maksud saya kenapa owner harus susah payah belajar dari orang lain?

Begini, secara umum ada 3 tahapan perkembangan sebuah perusahaan. Pertama Percobaan, kedua Penguatan, dan ketiga Eksistensi. Tenggat waktunya tidak tentu. Kecepatannya tergantung pada siapa pendirinya. Kalau pendirinya sangat kuper dan kekeuh untuk kuper, maka bisnisnya perlu waktu yang lebih lama untuk melalui fase Percobaan.

Berarti tergantung pemiliknya ya Pak. Jadi menurut pak Fajar Sandi, apa yang harus dimiliki oleh pemilik bisnis?

Seorang pemilik yang berada di tempat yang tepat, the right man in the right place, akan mampu menyingkat waktu perkembangan bisnis jadi lebih cepat. Artinya bagi seorang praktisi IT, dia tidak perlu belajar lagi soal IT untuk memulai perusahaan di bidang IT.

Namun saya akan sedikit cerita. Background saya adalah dari hukum dan kelautan.

Wah hukum dan kelautan sama sekali tidak ada korelasi dengan bisnis sekarang ya Pak?

Betul sekali. Disiplin ilmu saya sama sekali tidak ada korelasi dengan bisnis saya sekarang. Dari segi disiplin illmu, saya tidak punya kualifikasi. Boleh dibilang The wrong man in the right place. Tapi apakah saya menyerah? Tidak mas. Menyadari hal ini, saya berusaha belajar dari berbagai sumber, termasuk dari orang lain. Saya mencoba untuk bergerak ke arah the right man in the right place.

Bagi saya, apa yang kita sebut sebagai the right man in the right place itu tergantung dari diri kita sendiri. Apakah kita membuka diri atau tidak terhadap masukan dari orang lain. Filosofinya, sebagai manusia kita penuh dengan kelemahan. Dan kelemahan itu bisa ditutup dari tempat lain. Itulah kenapa kita perlu belajar kepada mentor yang lebih berpengalaman.

Luar biasanya, Anugerahwaterproof.com punya Teknik SEO yang bagus sekali. Jika search di Google, dengan mudah dia bisa ditampilkan. Bagaimana ceritanya Pak?

Kami sudah online sejak 2006. Tetapi dulu tidak saya optimalkan. Kami sekedar punya website saja. Baru di 2009, saya belajar mengenai trik blog dummy. Saya iseng-iseng saja ketika nganggur menunggu klien, saya masukkan informasi produk kami ke beberapa website gratis. Sampai sekarang, saya punya sekitar 12 alamat (dummy blog) yang semua menuju ke satu alamat.

Ditangani sendiri?

Iya, saya tangani sendiri.

Apakah tidak kuatir kalau waktunya dihabiskan di sini Pak?

Justru sekarang saya sedang genjot lagi karena rupanya disana lebih efektif. Sudah 3 tahun ini saya tidak ada marketing offline sama sekali. Klien saya datang dari internet dan referal yang sudah bergulir sendiri. Peran saya sekarang di kantor tinggal berhubungan dengan hal yang tidak bersentuhan dengan operasional. Misalnya perencanaan. Saya tinggal memikirkan upaya peningkatan dan development agar bisnis kita bisa berkembang lebih besar lagi.

Boleh dong Pak, kita dapat bocoran tentang rencana development Anugerahwaterproof.com?

Boleh (kemudian tersenyum). Perusahaan yang sudah berdiri selama 10 tahun dan dia sama sekali tidak punya inovasi, maka dia akan tertinggal dengan pendatang baru. Nah, di PT. Anugerah, saya ingin berinovasi melalui pembukaan cabang-cabang baru, semacam outlet, yang kami beri nama Waterproofing Solution Center yang nantinya akan tersebar di seluruh kota di Indonesia.

Prosesnya sekarang sudah sampai di mana Pak?

Kita sudah akuisisi tempat di daerah Bangkingan. Kita bikin gudang beserta display. Kantor kita juga akan pindah kesana. Di sinilah kita akan mulai membuka Graha Waterproofing Surabaya. Setelah itu, kita kembangkan cabang-cabang di kota-kota besar lain seperti Palembang, Mataram, Denpasar, dan Semarang. Kalau sudah kuat di sini, baru kemudian kita akan masuk ke kota-kota kecil di sekitarnya. Ketika program Waterproofing Solution Center kita sukses, maka ketika mereka menghadapi masalah atap bocor, mereka sudah akan ingat Anugerahwaterproof.com.

Tahapan-tahapan prosesnya sangat jelas sekali ya Pak.

Karena fokus saya kali ini adalah membesarkan “faktor kali”. Bukan “faktor tambah” lagi. Misalnya seperti ini. 7 ditambah 7 pasti hasilnya 14. Tapi bagaimana jadinya kalau 7 dikali 7? Kita bisa menghasilkan lebih banyak. Kalau satu outlet kita bisa menghasilkan omset 7 juta. Kalau 7 outlet bagaimana?

5-fajar-sandi-oktiono

Fajar Sandi menunjukkan hasil dari “faktor kali” PT. Anugerah Waterproof Surabaya

Wah luar biasa sekali Pak. Saya harap rencananya berjalan dengan lancar Pak. Karena saya belajar banyak sekali hari ini. Salah satunya adalah soal Integritas (Hari itu saya datang terlambat)

Amin. Terimakasih mas. Oh, saya maklum, jadi tidak apa-apa. Beberapa teman saya sangat apresiatif pada saya karena saya adalah orang yang selalu on time. Tidak apa-apa jika orang lain tidak on-time. Tapi saya harus selalu on-time. Apalagi karena saya bekerja di bidang jasa. Tugas kami adalah menyenangkan orang lain. Kalau orang lain tidak senang, bagaimana faktor tambahnya jalan? Apakah dia akan repeat order? Apalagi faktor kalinya. Apakah dia akan mereferensikan dan mendatangkan teman? Pasti tidak kan?

Betul sekali pak. Terimakasih pak Fajar Sandi, Hari ini saya mendapat masukan yang sangat luar biasa berharga tentang pentingnya integritas :-) Semoga Anugerahwaterproof semakin sukses sebagai Waterproofing Indonesia.

Quote of the day: “Apa yang kita sebut sebagai the right man in the right place itu tergantung dari diri kita sendiri. Apakah kita bersedia membuka diri atau tidak terhadap masukan dari orang lain.”

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *