Interviews

Kolaborasi Passion Membawa Pasangan Abhimantra dan Rossy Kurnia Sukses Menjadi Enterpreneur Online

 

   

Berbisnis di usia muda bukan lagi hanya sekedar mimpi bagi Abhimantra(24) dan Rossy Kurnia(21). Kedua sejoli ini memilih untuk bergelut dan membangun bisnis bersama di usia muda. Mereka mencoba memadupadankan passion yang mereka miliki. Kolaborasi yang mereka ciptakan ternyata mampu memberikan mereka prestasi dan pengalaman berbisnis di usia muda. Dan beberapa waktu yang lalu Bapak Abhimantra bersedia membagikan kisah bisnisnya kepada kita. Mari bersama kita simak cerita beliau.

Selamat sore Bapak Abhimantra, bisa diceritakan terlebih dahulu bagaimana latar belakang Bapak masuk ke dunia enterpreneur ini?

Nah ini agak lucu juga sih. Awal masuk dunia enterpreneur sendiri sih bisa dibilang berawal dari Galau. Haha. Iya rasa galau takut si partner ini lebih milih yang lain. Dia sudah mau lulus, sedangkan saya masih beberapa semester lagi. Takut nanti dia lebih memilih esmud(eksekutif muda) dibanding saya. Disaat itu, cara yang paling rasional buat saya ya terjun ke dunia bisnis. Kita mulai bersama – sama berjualan baju bola waktu itu. Jualan di pinggir jalan pagi – pagi sembari jogging. Jujur dulu saya orangnya sangat gengsi dan malu untuk jualan di pinggir jalan. Tapi demi pacar dan jalanin berdua ini jadi ya enjoy saja lama – lama. Kalau Ochy sendiri juga tidak ada plan untuk jadi pengusaha, niat awal ya bantu bantu dan lumayan buat nambah jajan. Tapi semakin kesini, kita berdua malah menemukan apa yang kita inginkan, yang mau kita jalanin berdua.

Kenapa akhirnya memilih enterpreneur? Karna disinilah kita menemukan passion kita, Ochy yang senang sekali dalam hal fashion dan menulis (digunakan untuk membuat tips atau artikel), dan saya yang suka dan enjoy bikin sistem dan menjadi leader. Jadi kami berkolaborasi membangun bisnis ini.

Apa saja yang menjadi pengorbanan yang pernah Anda berikan untuk membangun bisnis ini?

Sejauh ini kami tidak menemukan kondisi dimana kami harus melakukan pengorbanan yang besar. Karena kami selalu berusaha untuk menikmati kegiatan kami baik dalam susah maupun senang. Namun kami pun harus mengorbankan waktu kami, seperti di saat pasangan lain dengan mudahnya untuk menikmati waktu berdua, pacaran, bicara tentang cinta, kami berdua selalu berbicara mengenai bisnis. Tapi itupun bukan masalah, karena di saat kami membicarakan bisnis, disaat itu juga kita membicarakan mimpi-mimpi yang ingin kita capai berdua. Di awal – awal kami merasakan beratnya kehilangan waktu, namun pada akhirnya kami sadar bahwa yang kami bicarakan adalah fondasi untuk hidup berdua.

Lalu apa sih sebenarnya Pavoey.com itu?

Nama bisnis kami Pavoey yang berdiri sejak akhir November 2013. Nama Pavoey sendiri merupakan singkatan dari Pavo dan Eyes. Pavo, yang merupakan bahasa Latin, memiliki arti burung Merak. Eyes, Mata, adalah indera penglihatan dalam tubuh manusia.

Namun, pavoey disini bukan berarti mata merak, melainkan bentuk yang menyerupai mata pada bulu merak. Nama ini kami pilih, karna mata pada bulu merak memiliki perpaduan antara warna hijau dan biru yang menghasilkan perpaduan yang indah. Menggabungkan dua unsur yang sangat berbeda. Memberikan kesadaran bahwa dengan perpaduan dua keindahan yang tepat, seperti aksesoris fashion dipadukan dengan yang lainnya, akan memberikan hasil yang maksimal serta memanjakan mata yang melihatnya. Konsep ini kami coba terapkan pada online shop ini.

Produk yang kami tawarkan saat ini adalah Aksesoris Fashion Import mulai dari gelang, kalung, cincin, topi fashion dan lain-lain.

Apa latar belakang dari pendirian Pavoey.com ini?

Berawal dari passion di bidang fashion serta pandangan kami melihat pasar aksesoris fashion Korea masih terus berkembang dan diminati dari banyak kalangan wanita di Indonesia. Hal tersebut meyakinkan kami untuk menjalani Online Fashion Store Pavoey.com yang berfokus di Aksesoris Fashion.

Kami memasarkan produk kami melalui social media seperti Twitter, Instagram dan Facebook, serta melakukan transaksi via website, BBM, WhatsApp, Line dan SMS. Untuk customer sendiri sudah mencakup hampir seluruh Indonesia. Paling jauh customer yang berada di Jayapura.

Bagaimana cara Anda menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang Anda jual?

Saat kami menyeleksi produk yang akan kami jual, selalu kami memilih produk yang sesuai dengan jangkauan customer, yakni kalangan menengah kebawah. Kemudian kami pun selalu lakukan quality control untuk menjaga kualitas produk.

Di Pavoey.com produk unggulan kami adalah gelang – gelang dengan tema navy dan bestfriend serta kalung.

Sentuhan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis yang serupa dengan Pavoey?

Yang membuat kami berbeda dengan online fashion store yang lain adalah sistem serta ketentuan yang jelas baik bagi kami maupun pembeli. Saat memulai transaksi selalu kami yakinkan bahwa pelanggan paham dengan apa yang mereka beli, hak serta kewajiban mereka.

Namun ada tantangan dan kendala yang kami hadapi dalam menjalani bisnis ini. Kendala yang dialami adalah, customer kita masih enggan melakukan transaksi via website. Padahal banyak kemudahan jika berbelanja melalui website seperti proses yang cepat serta selalu tersedia 24jam. Untuk menanganinya kami secara terus menerus menunjukkan keuntungan – keuntungan belanja via online serta memberi rangsangan seperti diskon spesial jika belanja via website.

Prestasi dan pengalaman terbaik apa yang sudah pernah Anda dapatkan selama menjalani bisnis ini?

Prestasi terbaik kami waktu itu pernah dapat omzet lebih dari 5 juta dalam satu bulan padahal bisnis kami baru berjalan 4 bulan.

Hmm, pengalaman paling berkesan sih waktu itu baru awal-awal memulai bisnis. Saat itu saya sedang sakit campak. Jam 10 malam ada customer yang pesan. Entah kenapa saking senangnya saya pun langsung loncat dari tempat tidur dan langsung membungkus paket pesanan. Sampai lupa bahwa sedang sakit.

Dan pada saat customer menanyakan “kok pesananku belum sampai?”, padahal sudah dijelaskan sebelumnya bahwa produk yang kami jual adalah Pre-Order, artinya barang tidak ada di gudang kami jadi harus menunggu proses ± 10 hari kerja. Jadi, saat kami menerima pertanyaan seperti itu, kami harus menjelaskan ulang sistem pesanannya.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang ada saat ini? Lalu apa rencana Anda kedepannya?

Ruang lingkup market yang saya dalami masih terbatas pada penggemar – penggemar Kpop. Padahal produk ini adalah produk yang memiliki nilai lebih terutama dalam hal keunikan. Pavoey.com berusaha mengenalkan produk tersebut ke kalangan yang lebih umum dengan menampilkan produk tersebut melalui media social secara rutin.

Untuk itu kami memiliki rencana kedepan untuk mengembangkan bisnis ini. Kami sendiri berencana untuk menyeimbangkan jumlah antara produk import dan produk lokal. Sehingga dapat membuka mata masyarakat bahwa produk lokal pun juga mampu bersaing dan memiliki kelebihan tersendiri.

Siapa nih orang yang paling memotivasi Anda dalam menjalani bisnis ini? Dan quote apa yang membuat Anda semakin bersemangat dalam menjalaninya?

“The Entrepreneur always searches for change, responds to it, and exploits it as an opportunity” – Peter Drucker.

Nah yang terakhir Pak, adakah saran dan tips yang ingin Bapak bagikan kepada para pembaca Mebiso?

Saran yang dapat kami berikan adalah jangan berkutat telalu banyak dalam rencana. Beranikan diri dan mulai lah segera mungkin. Dan yang terpenting untuk bisnis online adalah selalu utamakan pelayanan dan jaga kepercayaan customer.

Wah terimakasih banyak Pak untuk waktunya berbagi cerita dan pengalaman membangun bisnis bersama kami. Semoga Bapak bersama Pavoey.com selalu dan semakin sukses :)

           

Artikel Terkait

1 komentar

  • 15 June 2014 - pukul 9:20

    Passion memang menjadi modal yang sangat besar dalam berbisnis.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *