Event

Kompetisi Ide “Inovasi Penuh Makna untuk Anda” Bersama Philips Indonesia

 

Loading...

Jika saya sebutkan kata Philips, mungkin yang anda pikirkan pertama kali adalah lampu. Tidak ada salahnya identik dengan lampu, karena jika saya gambarkan sebuah lampu, maka anda pasti akan mengasosiasikannya dengan Ide.

Faktanya PT. Philips Indonesia punya banyak sekali produk yang bervariasi dari lampu hingga Healthcare. Semuanya merupakan produk yang mereka kembangkan sebagai solusi bagi kebutuhan masyarakat.

Maka sekitar seminggu yang lalu (30 September 2013), Phillips datang ke Surabaya untuk mengenalkan Program “Inovasi Penuh Makna Untuk Anda”. Philips yang diwakili oleh Ella Viryananda, Country Internet Manager PT. Philips Indonesia menjelaskan bahwa melalui program ini, Philips ingin memacu kreatifitas dan kepekaan Anda untuk berkontribusi terhadap perubahan di Indonesia. Hal ini merupakan investasi jangka panjang yang menghubungkan visi perusahaan untuk membawa inovasi yang bermakna, serta kontribusi bisnis dan sosial melalui kemitraan.

Jadi, jika anda punya ide brilian yang menurut anda bisa mengembangkan Indonesia ke arah yang lebih baik, sumbangkan sebanyak-banyaknya ide brilian anda di alamat philps.to/inovasi. Anda akan diminta menjelaskan ide brilian anda dalam 250 karakter. Batas akhir 16 November 2013.

Ide brilian yang dikompetisikan pada tahun 2013 ini akan difokuskan pada 3 tema garis besar inovasi berikut:

1. Inovasi Pengembangan Daerah Pedesaan yang  Berkelanjutan

Ketika Indonesia tumbuh dengan sangat cepat, kekayaan masih banyak terkonsentrasi di kota-kota besar. Banyak daerah pedesaan yang masih tertinggal dalam hal distribusi listrik, transportasi, pendidikan dan akses  internet. Menurut data Bank Dunia, hanya 65% dari masyarakat Indonesia yang memiliki akses terhadap listrik. Dua pertiga dari mereka yang tinggal di daerah pedesaan tidak memiliki listrik. Philips mengajak anda untuk mencari solusi berkelanjutan untuk menjawab tantangan pedesaan ini.

2. Membantu para Ibu dalam Merawat Keluarga

Indonesia secara paradoks menghadapi masalah nutrisi kurang gizi dan obesitas. Sebagai orang yang paling bertanggungjawab atas kesehatan nutrisi bagi seluruh keluarga, seorang ibu memegang peran penting dalam memastikan keluarganya tetap sehat dan produktif, sesuai dengan kemampuannya terkait masalah keuangan dan waktu. Philips mengajak Anda untuk bersama-sama mencari solusi untuk membantu membantu para ibu dalam menyediakan nutrisi dan kesehatan yang baik bagi keluarganya.

3. Meningkatkan Akses Layanan Kesehatan

Saat ini, hanya 60% masyarakat Indonesia yang memiliki asuransi kesehatan, tetapi sebentar lagi pemerintah akan menetapkan layanan kesehatan universal. Hal ini akan menimbulkan paksaan bagi sistem yang selama ini telah berjalan, yang juga harus menghadapi tantangan dalam infrastruktur dan kapasitas. Philips mengajak anda untuk mencari solusi inovatif untuk menyediakan layanan kesehatan berkualitas tinggi untuk seluruh masyarakat.

Ella menyebutkan bahwa tema ini didapatkan melalui pendekatan dengan cara mendengarkan para mitra Philips dan komunitas untuk mengenali berbagai masalah dan tantangan di Indonesia.

“Saya senang melihat antusiasme mengenai program ini dan bagaimana banyak dari kita yang memang ingin berbuat lebih baik bagi lingkungan di sekitar kita dan Indonesia,” kata Ella.

philips-indonesia

Ella menjelaskan tentang program “Inovasi Penuh Makna untuk Anda” Bersama Philips Indonesia

Jadi apabila anda punya ide yang dapat meng-cover salah satu dari ketiga tema di atas, daftarkan ide anda sekarang juga. Para innovator dapat menyampaikan ide mereka melalui website interaktif: philips.to/inovasi, mulai 1 Oktober 2013 hingga 16 November 2013.

Setiap minggu, Philips akan memilih 5 ide terbaik sebagai semi finalis. Di bulan November – Desember 2013, masyarakatlah yang akan menentukan 2 (dua) ide terbaik mana yang ingin diwujudkan melalui sistem voting di website Philips.

Di tahun 2014 nanti, Philips dan mitra utama akan mengimplementasikan 2 (dua) ide pemenang di masyarakat dengan dana lebih dari Rp 1,5 miliar.

Kompetisi tahun lalu, telah menghasilkan sejumlah ide-ide terbaik yang telah berhasil direalisasikan oleh Philips. Lebih dari 600 ide yang ditujukan untuk membuat kota lebih layak huni, meningkatkan akses layanan kesehatan, dan membantu masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat. Dari pencarian ide ini, Philips memilih tiga pemenang melalui voting oleh masyarakat luas serta penilarian dewan  juri, di antaranya:

1. Menerangi halte bus dengan LED Philips untuk berkontribusi pada kelayakan huni Jakarta

Suhartanto Nugroho dan tim dari Philips memasang panel tenaga surya dan ventilator tenaga angin di halte bus umum. Halte bus yang telah diperbaharui ini sekarang dapat mengurangi panas di siang hari dan menyediakan penerangan yang tepat di malam hari untuk mengurangi resiko kriminalitas, menciptakan tempat yang aman dan nyaman di tengah keramaian jalanan di Jakarta.

2. Mempromosikan kesadaran akan kanker payudara melalui “Spot it Yourself”, sebuah aplikasi ponsel bagi masyarakat Indonesia

Untuk membantu wanita Indonesia untuk beraksi, Rina Susanti mengajukan pusat informasi kanker payudara. Bekerjasama dengan Philips dan institusi kanker di Indonesia, tim ini memutuskan untuk mewujudkan ide menjadi nyata melalui sebuah aplikasi ponsel. Hal ini memastikan bahwa informasi dan sumber daya terkait kanker payudara dapat dengan mudah diakses dan terjangkau bagi seluruh wanita di Indonesia, sehingga memugkinkan lebih banyak wanita untuk mengambil alih kesehatannya, dimanapun mereka berada.

3. Mendorong hidup sehat dengan program “Chef Goes to School” untuk melatih penjual makanan di kantin sekolah serta keluarga siswa mengenai makanan sehat.

Bunga Sirait mengajukan ide sesi pelatihan oleh chef professional bagi penjual makanan di kantin sekolah, Tidak hanya mengajarkan metode penyimpanan makan serta mempersiapkan dan memasak makanan yang baik, chef juga menyarankan bahan apa saja yang dapat digunakan, sehingga makanan yang disajikan akan sehat dan lezat. Tim dari Philips bekerja bersama para chef profesional dan ahli nutrisi untuk merealisasikan ide ini. Orangtua siswa juga terlibat dalam program ini untuk mempelajari tips dan resep mudah, sehingga para siswa akan mengkonsumsi makanan sehat di sekolah dan di rumah.

Mereka telah berhasil mewujudkan ide mereka untuk perkembangan Indonesia ke arah yang lebih baik. Bagaimana dengan Anda? Jika selama ini anda kritis terhadap siaran berita di Indonesia, rajin mengomentari sesuatu yang masih kurang di Indonesia, maka sekarang adalah kesempatan terbaik anda untuk berpartisipasi dalam upaya melengkapi Indonesia. Sampaikan ide brilian anda di philips.to/inovasi. Gratis. Semakin banyak semakin baik. Kunjungi philips.to/inovasi untuk informasi selengkapnya atau temukan dengan hashtag #inovasibermakna di Twitter, atau like di laman Facebook Philips Indonesia.

Berikut adalah sejumlah momen yang berhasil ditangkap oleh tim Philips Indonesia dari sosialisasi di Surabaya kemarin.

philips-indonesia-2

Peserta menikmati live music di sela-sela sosialisasi

philips-indonesia-5

Ella membagikan hadiah untuk sejumlah pemenang quiz

philips-indonesia-3

Sejumlah komunitas hadir untuk meramaikan sosialisasi program Philips. Di antaranya Surabaya Web Community (Suwec), Kopdar SBY (Kaskus), dan Akademi Berbagi Surabaya(Akber)

Loading...

2 komentar

  • Aulia Rahman
    16 November 2013 - pukul 12:53

    Judul : Dokter Keliling Desa

    Dokter adalah Jasa Kesehatan bagi seluruh Indonesia atau Dunia,tapi sayang masih belum banyak penduduk kedalaman desa tidak bisa menikmati kesehatan, harus menolong kedalaman desa untuk bisa menikmati kesehatan,dan bisa nyaman kan penduduk kedalaman desa tersebut.
    Dengan senyuman dan kasih sayang terhadap penduduk tersebut :)

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *