Headline Running A Business Technology

Trik Mengamati Perkembangan Kompetitor Bisnis secara Online

 

Kompetitor Bisnis – Bukan hal yang aneh jika Anda terpikir untuk mengamati dan melakukan banyak analisa terhadap kompetitor bisnis Anda. Begitupun dengan Anda yang akan terus melakukan banyak hal untuk dapat memberikan yang terbaik bagi pelanggan lebih dari pesaing Anda bisa berikan. Bagi sebagian bisnis ini membutuhkan waktu yang lama, namun untuk bisnis online tentu bukanlah hal yang sulit lagi. Anda bisa menerapkan trik berikut!

Ketahui jumlah kemunculan kompetitor bisnis pada halaman Google

Coba amati apakah website pesaing Anda merupakan situs yang baik di Google. Karena semakin baik situs website, mereka akan memiliki halaman indeks yang banyak di Google. Anda bisa melihatnya di Google, dengan melakukan search yaitu site:namadomainpesaing.com. Setelah keluar hasilnya, Anda dapat melihat berapa banyak jumlah halaman yang terindeks oleh Google. Ini akan menjadi bahan koreksi lagi bagi website bisnis Anda. Ini juga akan membantu Anda mengamati SEO dari pesaing Anda.

Coba analisa iklan kompetitor bisnis Anda

Berbisnis tidak akan lepas dari yang namanya iklan. Baik offline atau online, tentu akan memanfaatkan iklan untuk media promosi mereka. Dan Anda juga bisa mengamati pesaing online Anda dari iklan yang mereka buat. Anda dapat memanfaatkan sejumlah tools non-berbayar untuk menemukan apa saja iklan yang pernah dibuat oleh pesaing Anda. Anda bisa mengamati dan mempelajari apa yang mereka kerjakan hingga mendapat banyak pelanggan lebih dari Anda.

Cari tahu layanan yang mereka gunakan

Apakah Anda pernah berfikir, layanan apa yang digunakan oleh pesaing Anda, hingga mereka mampu menampilkan website dan menjual produk terbaiknya kepada pelanggan? Anda bisa saja melihat apa saja layanan yang digunakan oleh pesaing Anda. Anda bisa melihat informasi mengenai layanan, widget hingga afiliasi apa yang mereka miliki. Lagi – lagi ini bisa menjadi bahan koreksi dan perbaikan bagi Anda yang ingin lebih dari pesaing Anda.

Pelajari perubahan situs yang mereka lakukan

Website adalah hal yang penting bagi sebuah bisnis online. Anda dan pesaing Anda tentu akan banyak menjual melalui website yang kalian miliki. Baik dari tampilan, kemudahan, kenyamanan dan pengalaman pelanggan yang dapat diambil dari website tersebut. Dan pesaing Anda juga pasti akan banyak melakukan perubahan pada website mereka untuk bisa lebih menjual. Anda pun bisa mengamati perkembangan dan perubahan yang dilakukan oleh pesaing Anda melalui tools ini. Ini akan membantu Anda memberikan inspirasi apakah Anda harus merubah, atau sudah puas dengan tampilan website yang saat ini.

Demikian trik yang bisa Anda terapkan untuk mengamati kompetitor bisnis secara online. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
(dok. Pexels)

Baca juga:

Baru Membuka Bisnis Online? Perhatikan Hal Ini, Yuk!

Kunci Konten Marketing yang Wajib Dimiliki Bisnis Online

Memahami Trik Dasar Marketing bagi Pebisnis Pemula


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *