Insider

Komplit! Inilah Daftar Tips dan Strategi Marketing Instagram

 

Loading...

Tips dan Strategi Marketing Instagram – Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan bisnis online di Instagram? Jangan cemas terlewatkan barang satu hal, berikut ini adalah daftar dari tips dan strategi marketing Instagram yang lengkap!

1. Buat bio yang keren

Bio yang keren harus memuat tentang apa yang Anda atau brand Anda lakukan. Pastikan Anda membuat padanan kata yang menarik, terutama bagi audiens target.

2. Cantumkan link pada bio

Anda dapat mencantumkan link website brand Anda. Anda juga bisa lho, menaruh link konten terbaru Anda. Hal ini dapat menjadikan traffic konten meningkat.

3. Buat profil Instagram Business

Dengan akun Instagram Business, banyak kemudahan yang akan Anda dapatkan. Salah satunya, Anda dapat memahami followers Anda agar dapat mengembangkan strategi yang tepat untuk kemajuan bisnis.

4. Pakai foto profil yang mudah dikenal

Ada beberapa jenis foto yang bisa dipakai agar brand Anda mudah dikenal. Anda bisa memakai gambar logo, logomark (gambar logo saja tanpa tulisan), atau maskot bisnis Anda.

5. Tentukan apa yang ingin Anda capai

Akan sia-sia jika bisnis Anda dijalankan tanpa adanya tujuan untuk mencapai sesuatu. Dilansir dari Entrepreneur.com, berikut ini adalah capaian pelaku bisnis pada umumnya.

  1. Memperlihatkan produk atau jasa
  2. Membangun komunitas
  3. Meningkatkan awareness atau kesadaran akan brand
  4. Memperliharkan budaya dan nilai yang dianut perusahaan
  5. Mempromosikan untuk customer potensial
  6. Meningkatkan loyalitas brand
  7. Membagikan berita dan perkembangan perusahaan

Nah, kira-kira, poin nomor berapa yang menjadi capaian Anda? Atau Anda punya hal lain yang ingin dicapai?

6. Tentukan komposisi warna

Komposisi warna yang Anda gunakan dalam membuat konten dapat memberikan gaya tersendiri. Upayakan agar estetika konten-konten Anda sesuai dengan estetika brand.

7. Gunakan fonts dengan konsisten

Menggunakan fonts atau karakter huruf yang sama ternyata dapat membuat konten kita mudah dikenali, lho. Oleh karena itu, pastikan Anda telah mendapatkan fonts yang cocok dan menarik!

8. Rangkai caption yang mantap

Ada yang menggunakan caption untuk bercerita dan micro-blogging. Ada juga yang membuatnya menjadi headline atau tajuk utama dari postingan. Beberapa pengguna Instagram membuat pertanyaan agar followers berinteraksi dengan me-reply.

9. Konsisten posting

Susunlah jadwal untuk posting, agar Anda selalu terdorong untuk konsisten. Gunakan bantuan tools sebagai pengingat waktu posting.

10. Analisis postingan yang sukses

Postingan yang sukses adalah postingan dengan tingkat engagement yang tinggi. Banyak tools yang dapat membantu Anda mengamati postingan yang sukses. Dengan demikian, Anda dapat meramu formula untuk membuat postingan selanjutnya sukses.

11. Balas komentar yang masuk

Ini menunjukkan bahwa Anda peduli untuk ‘mendengar’ dan merespon audiens. Menurut studi dari Internet Advertising Bureau, 90% konsumen akan merekomendasikan brand yang telah berinteraksi dengan mereka di medsos, lho.

12. Repost konten ke Facebook

Hal ini dapat meningkatkan engagement konten, dibandingkan dengan konten-konten yang tidak di-repost.

13. Manfaatkan hashtag

Konten Anda dapat dilihat lebih banyak orang berkat hashtag. Hashtags yang mencantumkan brand Anda dapat membuat brand semakin dikenal, lho.

14. Konten wajah lebih disukai

Ternyata, gambar yang memuat wajah orang mendapatkan lebih banyak like dan comment! Sesekali, buatlah postingan dengan wajah orang agar engagement semakin meningkat.

15. Coba Instagram Ads

Instagram Ads memiliki beberapa keuntungan, salah satunya adalah iklan Anda dapat menjangkau pengguna Instagram berdasarkan demografis dan ketertarikan. Hal ini dikarenakan Instagram berintegrasi dengan Facebook.

16. Berbagi quotes

Quotes atau kutipan adalah salah satu jenis konten yang populer. Quotes dapat meningkatkan engagement, lho! Anda bisa menggunakan bantuan tools untuk mempercantik quotes Anda.

17. Buat kontes dan giveaway

Cara lain untuk meningkatkan engagement adalah dengan mengadakan aktivitas interaktif, termasuk kontes dan giveaway. Berbagai kontes yang dapat Anda lakukan misalnya kontes photo-sharing, kontes comment, atau kontes memberi likes!

18. Konten yang berhubungan dengan waktu dan berita terkini

Buatlah konten-konten sesuai dengan sesuatu yang happening atau dengan waktu. Misalnya, menjelang tahun baru, Anda membuat konten yang memuat hal seputar tahun baru.

19. Gunakan Instagram Story

Berbagi lebih banyak tentang brand Anda melalui Instagram Story. Anda dapat berbagi sesuatu yang aktual terjadi pada saat itu juga, serta lebih real dibandingkan konten pada feeds yang seringkali mengalami banyak editing.

20. Posting user-generated content

User-generated content atau UGC adalah konten yang dibuat pengguna Instagram lainnya yang termasuk dalam lingkup komunitas industri Anda. Berdasarkan studi dari Crowdtap dan Ipsos, UGC termasuk salah satu strategi marketing yang ampuh, terutama bagi Millenials.

21. Coba strategi takeover Instagram Story!

Lakukan kolaborasi dengan pengguna atau brand lainnya, di mana Anda dan partner saling mengambil alih akun untuk membuat konten Instagram Story. Anda dapat mengajak kreator dari niche yang sama atau dari niche lain, namun berpotensi untuk membuat konten kolaborasi yang sesuai dengan brand Anda.

22. Lebih seru dengan zoom

Buatlah konten gambar yang ketika di-zoom, followers akan diperlihatkan sesuatu yang unik. Hal ini dapat membuat mereka penasaran dan tertarik akan konten Anda!

23. Reposting

Resposting konten dari komunitas Anda dapat meningkatkan followers, terutama konten-konten user-generated. Audiens Anda pun akan bersemangat untuk dapat dipajang kreasinya pada akun Anda.

24. Konten unik karena Boomerang

Konten gambar mungkin sudah biasa, konten GIF bisa jadi luar biasa. Gunakan kreativitas Anda, buatlah konten GIF dengan Boomerang dari Instagram!

25. Libatkan followers untuk behind the scene

Agar lebih dekat dan akrab, Anda dapat membuat behind the scenes dari bisnis Anda. Melibatkan followers bisa jadi ide bagus, serta membuat mereka merasa menjadi bagian dari brand.

26. Tampilkan produk sekreatif mungkin

Jadikan konten-konten Anda menarik dalam menampilkan produk. Ide yang di luar dugaan seringkali menjadikan konten sukses menarik perhatian.

27. Follow orang-orang inspirasional!

Motivator, sesama pelaku bisnis, seniman, serta influencers kerap berbagi wawasan yang dapat Anda terapkan untuk bisnis.

28. Cari referensi!

Dunia marketing medsos, termasuk Instagram adalah dunia yang dinamis. Selalu update pengetahuan Anda, rajin-rajinlah mencari referensi terkait marketing. Anda bisa melakukannya dengan membaca artikel-artikel dari Mebiso, lho.

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/283727

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *