Running A Business

Komponen-Komponen Wajib Sebuah Toko Online

 
  • 2
    Shares

Loading...

Dalam perkembangan teknologi, kini orang menuntut sesuatu yang instant. Bahkan untuk memenuhi keperluan sehari-harinya. Oleh karena itu, model penjualan seperti toko online jadi sangat diminati oleh masyarakat. Bak gayung bersambut, sekian banyak toko online kemudian bermunculan. Beberapa tampil dengan totalitas, namun beberapa tampil seperti proyek gagal yang berjalan. Nah, agar toko online anda bisa masuk di kategori “totalitas”, anda harus mulai memperhatikan komponen-komponen penting sebuah toko online berikut. Selamat membaca :-)

1. Memilih Nama Domain

Jelas sekali suatu toko online harus memiliki alamat / nama domain yang jelas. Karena memilih nama domain seperti memilih brand / cap / merek anda yang akan diingat orang lain, maka untuk pemilihan nama domain ini saya sarankan agar cari yang mudah dihafal dan singkat saja, tidak lebih dari 2 kata. Anda mungkin bisa membaca ulasan singkat yang kami ambil dari arsip lama kami mengenai Cara Klasik Memilih Domain di sini

2. Foto Produk Harus Jelas dan Sama dengan Aslinya

Anda bisa menjual product yang disuplai dari produsen, atau product yang Anda produksi sendiri. Kemudian ambil foto dari product – product tersebut di berbagai sisi agar pelanggan bisa lebih memahami dan membayangkan seperti apa product yang akan dibelinya. Sebab pada dasarnya berjualan online adalah berjualan gambar.

3. Deskripsi Produk yang Jelas

Setelah tertarik dengan foto2, pasti konsumen ingin membaca detail product yang akan dia beli. Maka kami sarankan Anda membuat deskripsi yang jelas, menarik namun tidak mengada-ada demi kepuasan konsumen. Anda cantumkan juga harga pas agar konsumen tahu berapa ongkos yang harus dia keluarkan dan sebagai perbandingan antara product satu dan lainnya.

4. Kategori dan Sub Kategori Product

Pengelompokan kategori maupun sub kategori harus jelas untuk memudahkan konsumen untuk memilih dan mencari product yang diinginkannya. Juga untuk memudahkan pemilik dalam mengelompokkan dagangannya.

5. Fitur Search

Fitur Search juga harus dimiliki suatu toko online untuk memudahkan pengunjung mencari product yang dia inginkan baik berdasarkan nama, kode, maupun brand-nya. Karena jika harus mencari satu per satu kategori dan sub kategori tersebut akan cukup merepotkan bagi pelanggan, terutama bagi mereka yang koneksi internetnya masih pakai dial-up.

6. Navigasi (Menu dan Sidebar)

Navigasi / sidebar sangat dibutuhkan user untuk memudahkan mereka mencari informasi yang dia inginkan dari menu ke menu tanpa harus kembali membuka halaman awal untuk masuk ke halaman selanjutnya.

7. Footer Menu

Menu footer berfungsi sebagai penyeimbang navigasi atas / menu bar. Selain itu memudahkan customer yang sudah terlanjur scroll ke bawah untuk membuka halaman selanjutnya tanpa harus kembali scroll ke atas.

8. Shopping Cart

Suka atau tidak, faktanya tombol add to cart sekarang sudah mengakar di mindset masyarakat untuk membedakan antara sebuah website biasa dengan website toko online. Jadi jangan lupa untuk menambah fitur shopping cart di toko online Anda.

9. Banner

Selain untuk mempercantik dan merapikan tampilan website Anda, elemen banner juga berfungsi sebagai sarana promosi bagi toko online Anda.

10. Testimonial

Jangan lupa meminta customer yang sudah membeli product Anda untuk meninggalkan testimoni. Karena sedikit banyak hal ini bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan / trust dan transaksi terhadap product Anda.

11. Informasi yang Jelas

Informasi contact seperti alamat toko, account YM, nomor telfon, e-mail dan informasi jadwal online merupakan hal terakhir yang harus dicantumkan pada toko online anda. Agar customer bisa menghubungi anda dengan cara yang dirasanya nyaman.

12. Artikel

Selain untuk penjelasan promo atau iklan, sebuah artikel memegang peranan penting untuk SEO. Ulasan mengenai Alasan Bisnis Anda Harus Punya Blog berikut ini mungkin bisa mengubah pandangan anda mengenai pentingnya kegiatan ngeblog.

Seluruh gambar yang terdapat pada artikel ini sepenuhnya adalah kepemilikan dari alfaqihcollection.com. Saya memilih alfaqihcollection.com sebagai contoh karena saya rasa fitur yang dimiliki sudah lengkap.

Demikian artikel mengenai komponen-komponen penting yang harus dimiliki suatu toko online, semoga bermanfaat. :-)

Loading...

  • 2
    Shares

3 komentar

  • 4 September 2012 - pukul 21:58

    wah , makasih mbak,, lengkap banget

    • tria
      5 September 2012 - pukul 8:24

      Terimakasih kembali pak. :)
      Semoga bermanfaat.

  • 4 November 2018 - pukul 13:27

    Mebiso memang keren, saya suka baca tentang bisnis online di website ini :)

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *