Start A Business

3 Komunitas Bisnis Terbaik di Tanah Air

 
  • 2
    Shares

Loading...

Bagi banyak orang menjadi pengusaha bukan hal yang mudah. Ada berbagai rintangan resiko besar yang harus dilalui. Pada tahap memulai merupakan bagian yang berat. Bagi mereka yang tak memiliki kegigihan dan kesabaran dalam proses bisnis maka akan menyerah duluan di tahap awal.

Ada banyak cara sebenarnya yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak menyerah duluan di masa awal memulai bisnismu. Salah satunya degan bergabung dengan berbagai komunitas bisnis yang ada di kotamu.

Kenapa harus komunitas bisnis

Bergabung dengan komunitas diyakini menjadi salah satu gerbang awal kamu untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Melalui komunitas kamu akan belajar banyak hal. Kamu bisa belajar dari setiap perjalan bisnis dari setiap anggota komunitas.

Melalui komunitas juga kamu bisa mendapatkan mentor bisnismu. Mentor ini penting agar kita memiliki seorang yang bisa memberi kita arahan ketika berbisnis. Kita juga bisa mempersingkat waktu belajar dengan cara belajar kepada pengalaman para mentor.

Nah, beragam manfaat bisa kamu dapatkan ketika bergabung dengan komunitas bisnis. Untuk itu Mebiso merekomendasikan empat komunitas bisnis yang kamu bisa bergabung. Simak.

Tanga di Atas (TDA)

TDA menjadi salah satu komunitas bisnis terbesar yang masih aktif di Indonesai. Memiliki cabang organisasi di tiap kota besar dan beberapa kota kecil membuat TDA juga menjadi salah satu organisasi yang memiliki cabang atau anak organisasi terbanyak di Indonesia dengan total 61 cabang organisasi.

Komunitas ini didirikan pada tahun 2006 oleh Badroni Yuzirman dan enam pengusaha lainnya. Sampai saat ini sekitara 15 ribu orang yang terlibat dalam berbagai kegiatan TDA, dan jumlah anggota terdaftar mencapai 6 ribu orang. TDA juga memiliki berbagai acara seputar dunia bisnis seperti pesta wirausaha dan berbagai workshop bisnis.

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)

HIPMI menjadi salah komunitas bisnis paling tua di Indonesia. Himpunan yang berisi para pengusaha muda ini didirikan pada tanggal 10 juni 1972. HIPMI di dirikan dengan semangat untuk menumbuhkan jumlah pengusaha muda di tanah air dimana pada tahun itu anak muda yang tertarik bisnis hanya sedikit.

HIPMI didirkan oleh sembilan orang, pada saat itu para pendiri yang rata – rata merupakan pengusaha pemula yang terdiri dari Drs. Abdul Latief, Ir. Siswono Yudo Husodo, Teu ku Sj ahrul, Datuk Hakim Thantawi, Badar Tando, Irawan Djajaatmadja, SH , Hari Sjamsudin Mangaan, Pontjo Sutowo, dan Ir. Mahdi Diah.

Salah satu ketua HIPMI yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah Sandiaga Uno. Bang Sandi telah menjadi ketua HIPMI pada periode 2005 hingga 2008. Saat ini HIPMI memiliki berbagai macam program yang terkait dunia bisnis. HIPMI juga sering mengadakan seminar dan pelatihan bisnis.

YukBisnis (YuBi)

Bisa dibilang YukBisnis menjadi salah satu komunitas pengusaha online terbesar di Indonesia. Yubi, nama singkat dari YukBisnis, didirikan oleh mas Jaya Setiabudi pada tahun 2012. Yubi pada awalnya dan sampai sekarang adalah penyedia jasa toko online buatan dalam negeri.

Seiring dengan berkembangnya pengguna toko online dari YukBisnis, maka YuBi sering mengadakan kopdar para membernya dalam kegiatan pelatihan bisnis atau untuk berdiskusi membahas seputar peluang bisnis.

Pada tahun ini YukBisnis telah mengadakan kopdar akbar yang dihadiri oleh ratusan orang dengan menghadirkan para pengusaha lokal yang telah sukses dalam bisnis.

Nah, itu tadi tiga komunitas bisnis yang bisa kamu coba untuk bergabung, besar kemungkinan impianmu menjadi pebisnis sukses akan terwujud melalu komunitas. Selamat mencoba.

Baca Juga Artikel Menarik ini

6 Poin Penting Sebagai Seorang Pemimpin

3 Founder Startup yang Jadi Inspirasimu

4 Ide bisnis untuk Tren Gaya Hidup Sehat

Loading...

  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *