Running A Business Technology

5 Rekomendasi Konten Ramadan 2021 yang Menarik Audiens

 

Konten Ramadan 2021 – Tak hanya istimewa bagi umat Muslim yang menjalankannya, bulan puasa nyatanya juga menjadi momen baik bagi para content creator dan influencer. Sebab, momen puasa tahun ini bisa dijadikan sebagai konten ramadan 2021 yang menarik bagi audiens.

Namun, bagaimana dengan para pebisnis yang juga mengandalkan media sosial untuk melancarkan bisnisnya? Apakah Anda sudah mulai bingung dan kehabisan ide membuat konten yang menarik? Tenang, berikut ini telah kami rangkum ragam ide konten yang bisa menarik audiens selama bulan puasa.

Kolaborasi masih dianggap sebagai konten Ramadan 2021 yang menarik, lho!

Tak hanya di bulan biasa saja, di bulan puasa pun konten kolaborasi dengan content creator atau influencer bisa menjadi cara seru untuk menarik audiens. Anda bisa menghasilkan konten yang fresh dan lebih kuat, karena kolaborasi akan menggabungkan keunikan yang dimiliki masing-masing creator.

Di bulan puasa ini, Anda bisa berkolaborasi dengan tokoh-tokoh yang relevan dengan momen Ramadan. Mulai dari ulama, desainer busana muslim, hingga influencer yang merayakan bulan Ramadan. Dengan demikian, Anda akan dapat meningkatkan jumlah audiens. Sebab, Anda bisa berpeluang mendapatkan audiens baru yang berasal dari creator tersebut dan sebaliknya.

Tips kegiatan harian juga bisa menjadi konten Ramadan 2021

Meski sebagian besar umat Muslim sedang berpuasa, tapi kegiatan sehari-hari tetap dijalankan seperti biasa. Oleh karenanya, Anda perlu menyajikan konten yang dapat mengedukasi audiens agar tetap beraktivitas dengan lancar meski tengah berpuasa.

Misalnya, konten tips WFH saat berpuasa, tips menjaga kesehatan di bulan puasa, ide sajian saat berbuka, dan lainnya. Dengan membuat konten yang sifatnya keseharian seperti ini, audiens akan lebih teredukasi oleh konten yang Anda sajikan.

Rutin mengadakan Instagram live, yuk!

Instagram live merupakan salah satu fitur yang digemari oleh sebagian besar pengguna Instagram. Banyak aktivitas-aktivitas menarik yang bisa dijadikan bahan Instagram live. Tak terkecuali saat bulan Ramadan.

Anda bisa mengadakan Instagram live yang membahas review produk yang Anda jual, seminar live video tentang jasa yang Anda tawarkan, atau Q&A seputar bisnis.

Jangan lupakan unsur new normal pada konten Anda

Di tahun 2021 kita masih dihadapkan pada situasi pandemi. Sehingga, banyak aktivitas khas bulan Ramadan yang tidak bisa berjalan seperti biasanya, seperti buka bersama, salat tarawih, hingga mudik ke kampung halaman.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat konten yang masih relevan dengan pandemi. Seperti konten harapan dan rasa syukur bulan puasa di tengah pandemi, tips social distancing saat beribadah di luar rumah, serta panduan berpuasa dan menjaga kesehatan di tengah wabah virus Covid-19.

Semarakkan konten Ramadan 2021 dengan kuis berhadiah

Konten kuis berhadiah nyatanya masih menjadi strategi ampuh untuk meningkatkan engagement di media sosial. Terlebih lagi jika Anda bisa menawarkan hadiah menarik, orang-orang akan sangat berminat untuk berpartisipasi.

Buatlah jenis kuis yang dapat menguntungkan bisnis, misalnya dengan mengarahkan audiens untuk memberikan likes dan comment, men-tag teman-temannya, serta mem-post di Instagram Story. Anda juga bisa membuat pertanyaan yang seru melalui fitur Story. elain lebih praktis,konten ini cenderung interaktif dan tentunya dapat meningkatkan engagement.

Demikian lima rekomendasi konten yang menarik di bulan puasa. Terapkan tips ini dan jangan lupa untuk tetap lakukan evaluasi, supaya media sosial Anda dapat lebih optimal menggaet audiens. Semoga berhasil!
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *