Technology

Kontribusi Ubuntu untuk Pendidikan Melalui Proyek Schooltools

 

Loading...

Niat Ubuntu untuk menjadi platform Linux untuk seluruh umat memang tidak bisa dipungkiri. Kali ini Ubuntu didukung pengembang mengeluarka nsebuah web sistem informasi khusus untuk sekolah yang bernama Schooltools. Schooltools dibuat oleh seseorang yang sangat popular di dalam dunia Linux, founder Canonical dan Ubuntu. Beliau adalah Mr. Mark Shuttleworth. Schooltools saat ini dikelola oleh Tom Hoffman dan para dosen contributor. Didukung support translasi bahasa, support lokal dan update-nya pun sudah tersedia pada Ubuntu linux installer dan juga pada package management system yang ada di Ubuntu. Ubuntu Schooltools dibuat menggunakan Phyton dan framework Zope3.

Beberapa fitur yang ditawarkan dalam software ini mencakup fungsi pendidikan online:

1. Managemen kontak

Hampir sama dengan kontak seperti biasa, terdiri dari nama, nomer telp, email, bahasa. Satu siswa dianggap sebagai satu kontak dan dapat juga beberapa kontak dijadikan satu menjadi satu kontak.

2. Teacher grade books (Pemberian nilai)

Digunakan untuk menghitung nilai berdasarkan prosentase. Schooltool menyediakan spreadsheet untuk setiap sesi kelas. Setiap grade book dapat disusun layaknya worksheet yang mana Anda dapat memberikan label exam atau lab pada worksheetnya. Nilai yang sudah masuk dapat diatur menggunakan “score system” sehingga lebih fleksibel. Ada penerapan permisi untuk nilai sehingga tidak semua nilai dapat dilihat oleh siswa.

3. Cando – Skill and outcome based assessment

Siswa dapat membuat dokumen yang mungkin digunakan sebagai peraga pembelajaran. Kelompok belajar dapat membuat project dari guru, dan guru dapat melacak minat belajar siswa dan membuat laporan dalam bentuk grafis.

4. Schoolwide assessment data collection and report card generation (Penilaian dan Rapor)

Data penilaian dan rapor dapat dibuat secara mudah menggunakan grade book interface.

5. Class attendance and daily participation journal (Kehadiran)

Setiap kali pertemuan dapat dilakukan absen dan ditandai siswa yang masuk, atau ijin. Guru dapat membuat kode khusus untuk kehadiran dalam suatu kegiatan. Laporan kehadiran dapat juga dibuat menggunakan custom html.

6. Calendars for the school, group and individual (Event)

Tool yang paling terlihat pada schooltool ini adalah penggunaan kalender dalam bentuk web. Serupa dengan Ical, Google calendar, dan aplikasi kalender lainnya. Siswa dapat menambahkan jadwal pada kalender pribadinya atau pada kalender dalam group.

7. Tracking management and student intervention (Partisipasi pihak ketiga)

Intervention system ini merupakan alat untuk memantau perkembangan siswa, sehingga lebih tercipta kolaborasi antara guru dan wali murid untuk menciptakan goals.

Oke, sudah cukup teorinya. Langsung ke teknis instalasinya. Instalasinya sangat memudahkan bagi siapa saja untuk dapat menggunakannya.

add-apt-repositoryppa:schooltool-owners/2.8
apt-get update
apt-get install schooltool
serviceschooltool restart

Oke, sekarang buka http://localhost:7080/.

Secara otomatis Anda akan ter-redirect seperti berikut:

 schooltools

Dokumentasi

Dukungan dokumentasi pada Schooltool juga dapat Anda lihat pada web: http://book.schooltool.org/index.html

Tools ini akan sangat berguna bagi sekolah – sekolah. Sekolah tidak perlu lagi membuat website sistem informasi karena semuanya telah tersedia. Penggunaannya mungkin bisa dikolaborasikan dengan moodle sebagai tempat distribusi materi pengajarannya. Sangat mudah dan powerful dan selain itu tentu saja “free”. :D

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Linconnect, Dapatkan Notifikasi Andoid pada Desktop Linux Anda

Cara Membuka Dropbox melalui Console Linux Ubuntu

Cara Install Mail Scanner di Server Linux Centos 6

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *