Technology

Kontroversi dalam RUU SOPA – PIPA Amerika Serikat

 

   

Senat Amerika Serikat tengah menggodok RUU anti-pembajakan yang disebut SOPA PIPA demi menghentikan pembajakan software, lagu, video, dan konten lain yang tersebar melalui Internet. Kabar baikkah ini? Sebelum menjawabnya, mungkin ada baiknya kita kenali dulu apa itu SOPA PIPA.

SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act) jelas merupakan RUU yang diciptakan untuk membebankan sanksi bagi pelaku pembajakan. Sanksi seperti apa?

Nama domain pelaku pembajakan akan di-blacklist pada setiap provider internet Amerika Serikat, meskipun nantinya masih bisa diakses dengan alamat IP. Pihak yang dilanggar hak ciptanya pun nantinya bebas mengajukan tuntutan terhadap pelaku pembajakan.

Sayangnya, siapa-siapa yang akan dikategorikan sebagai pembajak, kriterianya masih terlalu luas. Memasang backlink pada website pelaku pembajakan pun mungkin akan dikategorikan sebagai salah satu sasaran RUU ini.

Dengan demikian, Google mungkin akan menerapkan rule yang sangat strict untuk menghindari jeratan RUU ini. Termasuk mendepak website anda dari daftar pencarian jika dianggap melakukan pembajakan.

Dampaknya di Indonesia?

Bukan hanya Google saja, konten-konten mungkin tidak akan bebas lagi didistribusikan melalui Facebook, Youtube, Twitter dan situs layanan content Amerika Serikat lainnya. Sanksi bahkan bisa saja merembet hingga melibatkan penutupan akun Paypal anda.

Gerakan Anti RUU SOPA PIPA

Google, Facebook, Twitter, Youtube, Yahoo, Wikimedia Foundation (Wikipedia), WordPress sejak tanggal 18 Januari 2012 melakukan Blackout besar-besaran untuk menyatakan keberatannya terhadap RUU ini. Bussiness Alliance Company (Apple, Microsoft, Adobe) yang semula mendukung, kini berbalik menolak RUU ini dengan menarik dukungannya.

Jadi bagaimana pendapat anda mengenai RUU ini?

Jika kita mengesampingkan baik atau buruknya, yang jelas jika RUU ini jadi disahkan, anda harus mempersiapkan website anda agar 100% bebas ancaman jeratan RUU ini. Ekstrimnya, mungkin akan ada perombakan besar-besaran pada gaya ber-internet anda.

Source: kaskus.us

           

Artikel Terkait

2 komentar

  • 20 January 2012 - pukul 12:12

    Semoga dicabut RUUnya. serem kalo gak ada wikipedia atau file sharing lainnya

  • 20 January 2012 - pukul 14:32

    serba repot juga ya kalo beneran jadi.
    kita liat aja kedepannya gimana :D

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *