Technology

Adopsi Digital Jadi Kunci Sukses UKM, Berikut Caranya

 

Kunci Sukses UKM – Teknologi kian berperan penting sebagai kunci sukses ukm yang Anda bangun. Apalagi adanya pandemi memaksa banyak bisnis untuk mengalihkan penjualan utamanya ke platform online. UKM yang beralih ke digital dikatakan lebih dapat bertahan di masa pandemi. 

Terlebih lagi, pandemi membuat banyak konsumen mengandalkan platform online untuk membeli kebutuhan-kebutuhan mereka. Di sisi lain, total UKM yang sudah memanfaatkan platform digital baru 16%. 

Lalu bagaimana UMKM bisa melakukan adopsi digital? Mebiso telah berkolaborasi dengan Sirclo untuk mengumpulkan jawabannya berikut ini.

Awali kunci sukses UKM dengan membangun infrastruktur digital

Pertama-tama, Anda perlu membangun infrastruktur digital. Artinya Anda perlu mendefinisikan tujuan dengan jelas, cara mencapai tujuan tersebut, serta tanggung jawab masing-masing departemen dan staf yang kemungkinan memerlukan sejumlah perubahan atau penyesuaian.

Misalnya saja, jika sebelumnya bisnis Anda menjual produk secara langsung, Anda harus mulai memberikan training atau pelatihan kepada tim sales untuk mulai beralih ke digital. Anda juga mungkin harus membicarakan perubahan-perubahan yang ada dengan vendor yang Anda gunakan.

Agar lebih mudah, tetapkan timeline dari transformasi digital yang Anda lakukan dan daftar hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dalam periode tersebut. Jangan lupa juga untuk merencanakan penyesuaian budget.

Berdayakan layanan digital

Mengadopsi dan menjalankan transformasi digital saja tidak cukup, Anda juga harus bisa menjaga pelayanan pada platform digital yang digunakan. Artinya Anda perlu menjamin customer mendapatkan pengalaman yang mudah dan menyenangkan.

Hal ini bukan dari segi pelayanan tim customer service saja melainkan juga bagaimana customer bisa menemukan, menghubungi, dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah melalui platform digital tersebut. Jangan sampai setelah beralih ke digital customer malah kesulitan untuk terhubung dengan bisnis. Hal ini malah membuat Anda berisiko kehilangan customer.

Selain itu, salah satu cara paling mudah untuk masuk ke platform digital adalah dengan memanfaatkan platform-platform yang sudah ada, contohnya marketplace. Dengan masuk ke marketplace, Anda bisa dengan mudah mendirikan toko online.

Ada banyak marketplace tersedia yang bisa Anda pilih. Lakukan riset terlebih dahulu mengenai marketplace mana yang kira-kira cocok untuk menjual kategori produk yang Anda jual. Cari tahu juga trik-trik yang dapat membantu penjualan di marketplace lebih efektif.

Mengoptimalkan SEO juga menjadi kunci sukses UKM Anda

Setelah hadir di platform digital pilihan, Anda tentu harus memasarkan bisnis di platform tersebut agar orang mengetahuinya. Salah satu cara untuk meningkatkan online presence atau kehadiran online adalah dengan menerapkan SEO.

SEO tidak hanya berlaku untuk Anda yang berjualan di website saja, tetapi di berbagai platform digital lainnya yang Anda gunakan. Misalnya jika Anda berjualan di marketplace, mengetahui kata kunci yang tepat untuk produk tentu akan membantu target customer menemukannya.

Pastikan juga toko Anda baik itu di website atau marketplace memiliki tampilan yang jelas dan memudahkan customer untuk mengaksesnya secara mobile. Apabila Anda berjualan di website, kecepatan loading juga penting untuk diperhatikan. Dengan mengoptimalkan strategi SEO khususnya untuk website toko online, bisnis Anda akan semakin mudah ditemukan di mesin pencari.

Buat konten berkualitas

Selain memanfaatkan platform digital untuk berjualan, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk melakukan pemasaran. Bahkan langkah ini juga penting untuk dilakukan agar Anda bisa menjangkau target audiens yang diinginkan.

Salah satu cara untuk menarik perhatian calon customer adalah dengan membuat dan membagikan konten-konten yang relevan dan bermanfaat bagi mereka. Sesuaikan tipe konten dengan platform yang Anda gunakan beserta brand persona Anda agar konten lebih maksimal. Anda juga bisa mengajak customer untuk turut berinteraksi dan merespons konten agar tingkat engagement bisa lebih bagus.

Lakukan otomasi untuk efisiensi

Melakukan adopsi digital juga diikuti dengan munculnya berbagai pekerjaan baru seperti mengunggah dan merapikan dokumen, menyortir dan memperbarui file, dan banyak lagi. Pekerjaan-pekerjaan ini bisa membuat Anda kewalahan dan malah membuang waktu.

Kendala ini seringkali dialami terutama oleh bisnis yang sedang dalam proses pengembangan. Namun, masalah ini bisa Anda atasi dengan memanfaatkan tools otomasi, terutama yang bisa terintegrasi dengan platform penjualan.

Sebisa mungkin otomasikan pekerjaan-pekerjaan yang repetitif. Ini akan membantu Anda menyederhanakan alur kerja digital dan meningkatkan efisiensi bisnis. Selain itu, karyawan juga jadi bisa lebih fokus pada tanggung jawab inti mereka.

Mengadopsi platform digital untuk berjualan online terbilang lebih sederhana dan mudah dalam mendukung kunci sukses UKM Anda. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan peluang kesukesan membangun UKM.

Konten ini telah dipublikasikan di Sirclo. Kunjungi Sirclo untuk tips dan strategi pemasaran serta e-commerce lainnya!
(dok. Pexels)


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *