Leadership

Lakukan 25 Kebiasaan Ini agar Anda Menjadi Semakin Pintar

 
  • 73
    Shares

   

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kecerdasan fikiran dan juga emosional kita. Karena setiap apa yang kita lakukan membutuhkan kemampuan kita dalam berfikir dan memahami serta bertindak. Setiap hal yang kita lakukan setiap hari akan menghasilkan sesuatu yang berguna bagi kehidupan kita selanjutnya. Menjadi orang pintar bukan berarti harus mendapatkan nilai A dalam setiap mata pelajaran di sekolah, mendapatkan predikat SEMPURNA dari atasan atas hasil kerja kita dan mendapatkan penghargaan di ajang kejuaraan tingkat nasional. Menjadi pintar bisa jadi adalah penilaian terhadap kemampuan kita dalam mengolah informasi, menyerap perintah dan menyelesaikan sebuah masalah.

Dan berikut ini adalah 25 kebiasaan sederhana yang akan membantu kita untuk menjadi semakin pintar dalam berbagai hal:

1. Ciptakan 10 ide baru setiap hari

Setiap hari sebagian besar dari kita pasti dipenuhi dengan ide – ide yang ingin dilakukan. Entah untuk pekerjaan, kehidupan di rumah ataupun di masyarakat. Tidak peduli subject apa yang kita miliki tentang ide itu, jika ingin meningkatkan kualitas pemikiran kita, cobalah dengan menciptakan 10 ide setiap harinya. Apapun itu, tulislah ide dalam selembar kertas. Kita tidak akan tahu apakah ide itu hanya berupa tulisan atau nantinya akan menjadikan kita sebagai orang yang sukses.

2. Bacalah sesuatu di pagi hari

Mengaku saja, siapa diantara Anda yang masih setia membaca koran setiap pagi hari? Tidak ada yang menjamin koran masih menjadi bacaan favorit masyarakat masa kini. Tapi kita juga tidak bisa meremehkan media cetak tradisional ini. Semakin hari pemberitaan di masyarakat lokal maupun mancanegara semakin bertambah. Itu membuat kita yang membaca koran setiap pagi akan memiliki wawasan yang lebih luas dari yang lainnya.

3. Baca buku apapun baik fiksi maupun non fiksi

Selain membaca koran, kita juga bisa membaca buku apapun itu. Kita tidak dibatasi untuk memberikan asupan ke otak kita. Kita diberi kebebasan untuk membaca apapun, tapi untuk kemudian kita harus mengolahnya dengan sangat baik. Anda bisa membaca buku fiksi ataupun buku pengetahuan apapun itu.

Jika Anda merasa tidak punya waktu karena terlalu sibuk di kantor, coba luangkan akhir pekan Anda untuk sekedar membaca 1 buah buku yang membuat Anda tertarik. Tidak ada waktu yang terbuang percuma ketika Anda meluangkan waktu untuk membaca 1 buku dalam sehari.

4. Jangan hanya menonton TV, tapi tonton juga video edukasi

Menambah pengetahuan atau informasi memang bisa dari mana saja, salah satunya dari televisi. Menonton televisi memang menyenangkan terlebih ketika tayangan yang ada adalah favorit kita. Tapi akan sangat membosankan ketika Anda hanya diam dan menunggu tayangan itu muncul. Cobalah untuk menggunakan waktu senggang Anda untuk menonton video menarik di Youtube. Video edukasi yang akan membuat Anda terangsang dan sedikit berfikir. Seperti National Geographic yang akan membantu Anda mengenal dunia lebih mudah.

5. Cobalah untuk berlangganan newsletter yang menarik bagi Ada

Ketika kita mengunjungi sebuah website, terkadang kita ditawari oleh newsletter yang berisi informasi tentang website tersebut. Beberapa portal berita seperti Mebiso.com juga menyajikannya. Ini berguna untuk membagikan ifnormasi dan pengetahuan kepada para pembaca. Dan Anda juga bisa mengambil tawaran ini.

Membaca newsletter dari sebuah blog atau website akan memberikan kemudahan kepada Anda untuk menemukan bahan bacaan yang memang Anda minati.

6. Cari informasi dari sumber favorit Anda

Hampir setiap hari Anda berkutat dengan teknologi terlebih internet. Tidak sulit menemukan informasi, berita atau bacaan yang Anda sukai. Untuk menambah wawasan dan mengasah keterampilan, jangan ragu untuk mencari informasi apapun yang Anda sukai. Entah tentang berita terkini, tips bisnis atau sekedar berlatih membuat kerajinan tangan yang unik. Anda akan menemukan banyak hal di dalam sumber yang Anda sukai.

7. Berbagilah apa yang Anda pelajari dengan orang lain

“Tidak ada ilmu yang berguna ketika kita hanya menggunakannya sendiri” Begitulah setidaknya yang mendasari mengapa kita harus mau berbagi informasi ataupun ilmu dengan orang lain. Ketika kita berbagi atau sharing dengan orang lain, kita akan menemukan kemudahan untuk menganalisis ide, menambahkan pengetahuan masing – masing atau mendapatkan perspektif baru tentang suatu hal.

Bahkan tidak ada yang pernah tahu ketika kita berbagi ide dengan orang lain, dan mereka suka sampai akhirnya mereka mau bekerjasama mewujudkan ide itu bersama kita. Cobalah berbagi dengan orang lain tentang pemikiran Anda.

8. Buatlah rencana tentang apa yang ingin dilakukan sekarang dan apa yang ingin dicapai di masa depan

Banyak yang ingin kita lakukan. Saking banyaknya kita bisa saja melewatkan hal penting yang harusnya kita kerjakan. Dan untuk mengantisipasi hal itu, kita bisa mulai menuliskan apa saja yang kita rencanakan hari ini dan apa yang ingin kita capai di kemudian hari. Banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membantu kita mencatat apa saja yang kita rencanakan. Kita bisa mulai dengan apa yang ingin kita lakukan pada hari ini juga, dan dengan segera menyelesaikannya. Baru kemudian berfikir dan menuliskan apa rencana jangka panjang kita terkait pekerjaan kita saat ini.

9. Tulislah apa yang sudah Anda lakukan setiap harinya

Di akhir hari Anda, tulislah apa saja yang sudah Anda kerjakan dan selesaikan. Ini akan membantu Anda merasa lebih baik karena berhasil menyelesaikan tugas – tugas Anda. Dan ini berfungsi untuk membantu mengoreksi apa saja yang kurang bahkan salah. Selain itu ini juga bisa menjadi tolak ukur seberapa produktifnya Anda bekerja pada hari itu.

10. Orang pintar tidak harus melakukan banyak hal

Tidak semua hal harus bisa dikerjakan oleh orang “pintar”. Ada kalanya kita bisa mengerjakan banyak hal sekaligus, tapi kita juga harus tahu dimana kemampuan terbesar kita salurkan. Kita harus tahu seberapa mampu kita melakukan sesuatu yang khusus dan umum.

11. Tulislah apa yang Anda pelajari

Selain membaca kita juga bisa melatih kemampuan diri kita dengan menuliskan apa saja yang sudah kita pelajari. Kita bukan hanya bisa menyimpan informasi di otak, tapi juga di sebuah tulisan agar lebih mudah kita baca ketika kita mulai lupa. Ada banyak aplikasi yang disediakan untuk membantu kita menulis, mulai dair notepad sampai dengan Google Docs.

12. Merangsang pikiran

Ada banyak cara untuk merangsang pikiran kita terhadap ide – ide yang briliant. Mulai dari mengasah hobi atau bahkan melakukan hal yang sebelumnya tidak kita sukai. Ini akan memaksa kita berfikir dan menciptakan ide – ide baru.

13. Coba ambil beberapa latihan atau kursus di luar kesenangan kita

Ini dia, salah satu yang menghambat kita berkembang adalah kesenangan kita berada pada zona nyaman kita. Padahal jauh di luar itu, potensi kita berada di luar zona nyaman kita sendiri. Cobalah untuk melakukan hal baru yang sebelumnya tidak pernah Anda lakukan bahkan fikirkan.

14. Berbicaralah dengan orang lain yang Anda sukai

Berbicara dengan orang asing tidak ada yang salah, terlebih ketika mereka membuat kita tertarik baik dari tampilan ataupun informasi yang mereka sampaikan. Jangan ragu untuk mengobrol banyak hal dengan mereka, mulai dari apa yang mereka sukai, apa pekerjaan mereka, dan bagaimana mereka mencapai sukses. Seringkali kita belajar banyak hal dari orang yang tidak kita kenal sebelumnya.

15. “Nongkrong” dengan orang yang lebih pintar dari Anda

Ini salah satu yang bisa kita lakukan, yaitu berkumpul dengan orang yang lebih pintar dari kita. Ingat kembali, bahwa tingkatan pintar bukan hanya dari sekedar nilai yang didapat, tapi dari kecakapan dan kemampuan mereka dalam menyelesaikan sesuatu. Luangkan waktu Anda setiap hanya untuk sekedar mengobrol dengan atasan, atau rekan kerja yang membuat Anda terinspirasi dan ingin menjadi seperti bahkan lebih dari mereka. Tanyakan banyak hal dan gali informasi yang membuat Anda ingin terus berkembang.

16. Jawablah setiap pertanyaan yang Anda miliki

Ketika kita memiliki banyak ide, maka pertanyaan seputar ide itu juga akan semakin bertambah. Jangan biarkan waktu Anda berlalu begitu saja. Tanyakan banyak hal pada diri Anda, dan paksa diri Anda untuk mencari jawabannya.

17. Pelajari bahasa baru

Untuk mengasah dan meningkatkan pengetahuan kita, cobalah mulai dari meningkatkan kosakata kita setiap harinya. Jangan takut untuk belajar bahasa baru yang berbeda. Setiap hari cobalah untuk menambahkan 10 kosakata baru baik dalam bahasa kita ataupun bahasa asing.

18. Lakukan sesuatu yang Anda takuti

Pilihan untuk keluar dari zona nyaman memang tidak mudah, tapi itu merupakan pilihan yang bijaksana. Karena kita akan terdorong untuk melakukan hal yang jauh lebih baik dari hari ini. Kita bisa mulai dengan melakukan hal yang kita takuti sebelumnya, seperti berbicara di depan kelas atau memimpin rapat di kantor, sampai mengirimkan surat kepada orang yang kita kagumi sebelumnya. Ketakutan yang menghambat kita harus kita hilangkan. Dan mengubahnya menjadi potensi baru di dalam diri kita.

19. Jelajahi daerah baru

Jika ingin menjadi orang yang tidak “Kuper”, cobalah untuk keluar dan menemukan tempat baru yang sebelumnya tidak kita ketahui. Contohnya ketika kita terbiasa pergi ke kantor dengan 1 rute, kali ini cobalah cari rute yang berbeda. Kita akan menemukan hal baru yang sebelumnya tidak kita temukan. Kita akan menemukan orang yang berbeda atau bahkan informasi yang sebelumnya tidak kita temukan. Pahami tentang dunia baru yang kita temukan dan pelajari apa saja yang ada di dalamnya.

20. Coba mengasah dengan permainan pintar

Menjadi orang pintar tidak harus selalu berkutat dengan buku dan internet, tapi dari permainan kita juga bisa mengasahnya. Cobalah sekali saja bermain sebuah permaianan yang mengasah pemikiran kita, seperti catur. Ini akan menantang kita untuk memperluas fikiran dengan cara yang menyenangkan.

21. Sisihkan waktu untuk melakukan banyak hal

Seringkali kita hanya membuang waktu dengan duduk dan berdiam diri. Inspirasi dan ide tidak hanya muncul ketika kita merenung. Berdirilah dan lakukan sesuatu untuk mengasah kemampuan kita di berbagai hal yang kita sukai. Jangan hanya diam!

22. Asah hobi produktif Anda

Jika Anda memiliki hobi yang sangat Anda sukai, asah kemampuan Anda melalui hobi itu. Seperti membaca dan menulis atau bermain sepak bola. Jadikan hobi bukan hanya sebagai bahan bersantai atau menghilangkan penat, tapi juga untuk menjadikan kita lebih produktif. Siapa tahu, dari hobi ini kita bisa menjadi sesuatu yang berbeda dan menghasilkan sesuatu yang lebih besar dari yang kita lakukan saat ini.

23. Terapkan apa yang Anda pelajari

Belajar sebanyak apapun tidak akan ada gunanya ketika kita tidak menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari. Untuk menjaga keterampilan itu agar terus efektif adalah dengan menggunakannya dalam hidup sesering mungking. Belajar dengan melakukannya merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjadi lebih pintar.

24. Berolahraga dan makan makanan yang sehat

Salah satu cara lainnya untuk bisa menjadi lebih pintar adalah dengan menjaga kesehatan tubuh kita. Tidak ada fikiran yang sehat saat fisik kita tidak mampu untuk melakukan banyak hal. Jangan berhenti berolahraga secara rutin dan makan makanan yang sehat. Itu akan membantu kita menjaga kesehatan fisik dan fikiran kita.

25. Cara ini hanya Anda yang tahu!!!

Dan yang terakhir untuk meningkatkan kepintaran kita adalah dengan bertanya pada diri sendiri, Mana hal yang ingin kita pelajari dan ingin kita lakukan? Menjadi pintar adalah pilihan dan keharusan. Dan mencari caranya adalah kewajiban Anda untuk mencaritahunya. Sebanyak apapun Anda membaca tips ini, semua keputusan untuk melakukannya ada di tangan Anda. :)

Baca juga:

Inilah 5 Keterampilan yang Harus Anda Miliki Ketika Menjalankan Bisnis Sendiri

Ini Dia Cara Beradaptasi di Tempat Kerja yang Baru

10 Kiat Cerdas Membangun Ketahanan Diri

           
  • 73
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

  • 27 August 2018 - pukul 5:51

    terima kasih. useful

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *