Leadership

Lakukan Hal ini Jika Ingin Negosiasi Anda Berhasil

 
  • 64
    Shares

   

Bernegosiasi adalah aktivitas yang umum kita dengar dan lakukan dalam setiap proses bisnis. Sebenarnya negosiasi bukan hanya terjadi ketika kita sedang berbisnis, tapi lebih mudah kita memahaminya ketika kita sedang bernegosiasi mengenai harga dengan pelanggan atau klien. Beberapa aktivitas juga menggunakan negosiasi sebagai jalan mencapai tujuan mereka, seperti ketika kita berusaha untuk meminta kenaikan gaji kepada perusahaan. Berhasil atau tidaknya kita melakukan negosiasi tergantung dari cara yang kita gunakan. Lalu bagaimana agar negosiasi kita berhasil? Berikut ini cara mudah yang bisa kita coba:

1. Lakukan persiapan, karena persiapan adalah kunci Anda

Jika kita ingin berhasil, jangan lewatkan setiap persiapan yang dibutuhkan. Sebelum masuk ke dalam ruangan atau sebelum kita bertemu dengan klien, persiapan yang akan digunakan haruslah sudah selesai dan siap. Kita juga harus mengetahui apa yang membuat kita bisa dipertimbangkan, apa nilai yang kita miliki dan itu bisa kita tunjukkan dalam bentuk tulisan. Jangan takut untuk berkata “tidak” dan pastikan bahwa Anda selalu menindaklanjuti setiap tindakan klien dengan ucapan terima kasih, bahkan jika hasil dari negosiasi Anda tidak sesuai dengan yang diharapkan.

2. Ketahui dan pelajari apa yang menjadi nilai Anda

Pendiri Apple, Steve Jobs sangat memahami betapa pentingnya nilai yang ada dalam diri seseorang sebagai penentu untuk sebuah hasil yang diharapkan. Dengan mengetahui apa yang dimilikinya, itu sebabnya Steve Jobs dikenal sangat mahir dalam bernegosiasi. Ia pernah memenangkan negosiasi dengan sebuah penerbit. Meskipun metode yang ia gunakan masih dipertanyakan, namun Jobs mengakui pentingnya nilai baik positif maupun negatid untuk setiap kemungkinan hasil negosiasi. Dia juga tahu bahwa jika ia menyerah pada harga yang ditawarkan, maka penerbit lain akan mencari tahu kenapa dan berharap kesepakatan yang serupa. Untuk itu ia tetap memegang apa yang ia miliki dan yakini.

3. Anda juga harus tahu kapan harus bertindak dan kapan tidak

Ketika bernegosiasi kita juga harus tahu kapan waktu yang tepat bagi kita untuk bertindak dan kapan tidak. Ketika kita berusaha dan berambisi untuk memenangkan negosiasi pada saat yang tidak tepat, kita bisa saja kehilangan kesempatan untuk memenangkan negosiasi. Kita harus tahu kapan waktu yang tepat untuk kita berbicara dan melakukan negosiasi, dan kapan waktu yang tepat untuk kita hanya butuh diam dan menunggu. Diam bukan berarti tidak melakukan apapun, karena ketika kita diam sebenarnya kita juga menghindari sesuatu hal yang ceroboh dan membuat kita dalam keadaan bahaya.

4. Hindari memberikan pengorbanan atau kompromi

Ketika kita bernegosiasi tentang harga, maka yang harus kita lakukan adalah tetap fokus dan konsisten pada satu tujuan akhir, dan apapun yang kita lakukan usahakan untuk tidak memberikan kompromi. Menurut Linda E. Ginzel, seorang profesor manager psikologi klinis di Universitas of Chicago Booth School of Business membagikan metodenya, “Gunakan kompromi sebagai jalan terakhir, bukan sebagai tujuan” Kata Ginzel. “Membangun kepercayaan, berbagi dan menilai prioritas. Mengajukan banyak pertanyaan tentang minat dan mendengarkan dengan seksama. Memberikan informasi dan menghindari memihak salah satu dan meminta timbal balik”.

5. Gunakan bahasa tubuh Anda

Sekalipun berbicara dan mengungkapkan maksud berupa kata – kata masih penting dilakukan, tapi jangan pernah melupakan tentang komunikasi non verbal yang bisa kita lakukan. Bahasa tubuh masih memiliki peranan penting dalam setiap usaha menyampaikan maksud dan tujuan setiap tindakan. Ada kalanya lawan bicara akan lebih memahami apa yang kita maksud ketika ucapan kita didukung dengan penggunaan bahasa tubuh.

Baca juga:

Belajar Bernegosiasi dari Seorang Anak Kecil

3 Strategi Negosiasi yang Dapat Anda Pelajari dari Steve Jobs

Tumbuhkan jiwa “Remaja” Dalam Setiap Usaha Bisnis

           
  • 64
    Shares

Artikel Terkait

2 komentar

  • 16 October 2014 - pukul 7:31

    Setiap bisnis pasti memerlukan negosiasi. Negosiasi sebenarnya sudah terjadi sejak jaman dulu. Karena ini adalah komunikasi antar pelaku bisnis. Negosiasi sebaiknya dilakukan tatap muka, meskipun bisa juga dengan komunikasi misal lewat internet karena jarak. Namun, sebaiknya tatap muka secara langsung karena ini bisa mengakrabkan kedua belah pihak.

    • Administrator
      16 October 2014 - pukul 8:36

      benar sekali pak, selain untuk mendapatkan kesepakatan dalam bisnis, negosiasi juga bisa mengakrabkan diri dengan relasi bisnis :)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *