HR Leadership Running A Business Tips Bisnis

Leader Yang Baik, Apakah Itu Anda?

 

Leader yang Baik – Seorang pemimpin  adalah kunci utama dalam meningkatkan kemajuan suatu komunitas, organisasi, atau perusahaan. Namun pendongkrak kesukesan misi dan visi yang dibangun oleh pemimpin adalah kinerja anggota dan karyawan pemimpin itu tersebut.

Tidak jarang,  meningkatkan kinerja dan performa terbaik seorang karyawan masih menjadi teka-teki yang besar bagi sebagian pemimpin. Walau hanya mendapatkan gaji seadanya, seorang karyawan akan bertahan apabila dia memiliki lingkungan kerja yang sehat, prouktif dan pemimpin yang supportif. Tapi, tidak sedikit dari mereka yang memilih untuk berhenti dan resign kerja dikarenakan sikap pemimpin yang tidak baik dan masa bodoh dengan karyawannya.

Jika Anda merasa masih banyak karyawan yang keluar masuk perusahaan anda atau tidak totalitas dalam menjalankan pekerjaanya, mungkin anda harus mulai membuka kesadaran anda dalam menyikapi karyawan anda.

Simak ciri-ciri leader yang baik dan sukses meningkatkan produktifitas dan masa kerja karyawan di perusahaan anda. 

Ciri-ciri leader yang baik akan mendengarkan dengan simpati 

Meetings Would Go Faster If People Took the Time to Listen
Sumber: HBR

Menyampain pendapat  dan masalah hampir terjadi setiap hari  dalam dunia kerja. Untuk itu,  anda perlu mendengarkan masalah yang dihadapi oleh karyawan anda dengan empati.

Apabila anda adalah pendengar yang baik, maka karyawan anda akan lebih terbuka terkait masalah pekerjaan sehingga mengurangi kekakuan yang sering terjadi antara atasan dan bawahan. Karyawan akan lebih nyaman dan akan terbentuk komunikasi yang baik antara anda dan karywan anda.

Menunjukkan rasa kepedulian 

Mendengarkan dengan empati memang penting tetapi menunjukkan kepedulian terhadapan masalah adalah langkah yang harus ditunjukkan seorang pemimpin. Jika tidak ada rasa kepedulian terhadap suatu masalah, makan akan terjadi kurangnya ke inginan untuk menyelesaikan masalah.

Leader yang baik harus menunjukkan rasa kepedulian secara emotional terhadap karyawan yang menyampaikan masalah kepada anda. 

Melakukan usaha yang sunguh- sungguh untuk memecahkan keluhan dan masalah karyawan

Cooperate & Co-innovate – Partnering for Success!
Sumber: Denave

Setelah menjadi pendengar yang baik dan menunjukkan suatu kepedulian terhadap masalah karyawan, kualitas anda sebagai seorang pemimpin diukur lewat cara anda  menyelesaikan masalah.

Dalam hal ini, leader yang baik harus menemukan solusi terbaik untuk karyawan. Untuk mewujudkan misi dan memberikan ke tenangan untuk karyawan.

Koneksi emosional sangat penting untuk menjalin hubungan baik antara pemimpin dan karyawan. Hal ini dapat berdampak pada produktifitas dan masa kerja karyawan di perusahaan anda.

Oleh karna itu sangat penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki kemampuan merasakan apa yang dirasakan orang lain, kmenunjukkan kepedulian terhadap masalah dan bekerja demi memecahkan masalah bersama.


Itulah tanda-tanda leader yang baik. Apakah Anda sudah memiliki salah satu atau semuanya?

Temukan rekomendasi artikel kepemimpinan di bawah post ini.


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *