Produktivitas Running A Business Work Life Balance

Lelah Bekerja Berkepanjangan? Lakukan Tips Ini, Yuk!

 

Lelah Bekerja – Tidak ada yang menyangkal jika pekerjaan yang dihadapi setiap hari membuat Anda merasa lelah bekerja. Namun, sebenarnya ini bukan karena pekerjaan dan tugas yang diberikan. Melainkan lebih kepada Anda yang kurang tepat mengatur waktu dan menjaga pola hidup yang baik. Dari situ tidak sedikit yang merasa pekerjaan mereka tidak pernah selesai dan akhirnya mengurangi jatah istirahat mereka. Lantas, bagaimana cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi kelelahan berlebih saat bekerja? Simak jawabannya!

Ambil jeda setiap 20 menit sekali agar tak mudah lelah bekerja

Terkadang kita merasa pekerjaan yang dikerjakan tidak pernah selesai dan memakan seluruh waktu Anda. Itulah yang terkadang membuat Anda merasa tegang dan tertekan saat bekerja. Cobalah untuk mengambil waktu istirahat di sela – sela pekerjaan Anda. Cukup 5 menit saja dari setiap 20 menit yang Anda gunakan untuk bekerja. Anda bisa menggunakannya untuk berkeliling di ruangan, mengambil udara bebas, pergi ke kamar mandi, atau mengambil air ke dapur. Ini akan membuat Anda melihat hal yang berbeda dan tidak menutup kemungkinan akan memberikan Anda ide baru saat kembali bekerja.

Hindari begadang yang dapat memperparah rasa lelah bekerja

Ini salah satu yang paling penting dalam menjaga tubuh dan kesehatan. Sekalipun Anda sibuk dalam pekerjaan Anda di kantor, bahkan saat Anda merasa tidak memiliki waktu istirahat. Anda harus tahu jika Anda masih memiliki waktu tidur yang harus dimanfaatkan dengan baik. 7-8 jam sehari sudah cukup seharusnya untuk mengembalikan stamina Anda yang hilang setelah bekerja seharian. Gunakan waktu tidur Anda dengan baik dan buatlah bermanfaat.

Luangkan waktu bersama lingkungan yang positif

Bahkan Anda bisa menjadikan waktu berkumpul bersama teman sebagai obat pembangkit stamina Anda yang hilang karena lelah bekerja. Rasa bosan, stress dan lelah tentu akan Anda dapatkan ketika dihimpit dengan banyak tuntutan. Anda bisa menggunakan waktu libur untuk bertemu dengan teman dan menjadikan waktu itu lebih berkualitas. Mulai dari hanya mengobrol, bercerita hingga jalan – jalan bersama mereka. Gunakan waktu itu untuk bersosialisasi dengan orang – orang yang berbeda dengan Anda.

Lakukan gerakan ringan di sela aktivitas

Rasa lelah berlebih dan pekerjaan yang bertumpuk terkadang membuat waktu berolahraga Anda menjadi berkurang atau bahkan hilang. Karena setiap Anda lelah Anda akan langsung istirahat tanpa ingat betapa pentingnya berolahraga. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat di kantor untuk sedikit berolahraga ringan. Mulai dari berjalan – jalan di dalam ruangan, melakukan sedikit pemanasan sebelum bekerja atau saat isirahat. Atau bahkan Anda bisa menggunakan anak tangga saat hendak menuju ke ruangan dalam beberapa hari sekali. Ini akan membuat Anda merasakan olahraga dengan cara yang mudah dan tentu saja tanpa mengurangi jatah waktu kerja Anda.

Bijak memanfaatkan cuti dan hari libur

Jika tiba saatnya Anda mengambil cuti atau meminta ijin karena sakit, itu artinya Anda harus benar – benar menggunakan waktu istirahat dengan baik. Begitu juga ketika hari libur, Anda harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Karena waktu ini memang khusus diberikan untuk Anda yang sudah bekerja 5-6 hari dalam seminggu. Anda butuh waktu untuk istirahat dan merefleksian diri Anda. Usahakan untuk tidak menengok pekerjaan barang sedikitpun. Karena ini akan mengurangi kualitas waktu istirahat Anda.

Demikian tips yang bisa Anda terapkan untuk menghadapi rasa lelah bekerja. Yuk, mulai bijak memanfaatkan waktu untuk istirahat dari pekerjaan Anda!
(dok. Pexels)

Baca juga:

Tetap Produktif Bekerja dengan Melakukan 5 Trik Ini!

3 Hal yang Membuat Anda Hilang Fokus Kerja

Kiat Mengadakan Meeting Kerja yang Efisien dan Produktif


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *