Leadership Running A Business

Lima Cara yang Terbukti Membantu Belajar Cepat

 
  • 4
    Shares

Loading...

Teknologi semakin maju dan ilmu pengetahuan berkembang pesat. Untuk mengaksesnya kini sudah tidak ada lagi penghalang. Tanpa harus membeli buku secara fisik untuk mempelajari sesuatu kamu juga bisa membelinya secara online, atau mencari materi serupa melalui video di youtube.

Kita saat ini berada di revolusi industri 4.0, industri dimana teknologi semakin maju, penggunaan internet dan kecerdasan buatan semakin masif. Untuk bisa mengikuti tren perubahan ini ada beberapa ilmu pengetahuan dan skill yang harus kita kuasai. Tujuannya agar kita tidak tertinggal oleh zaman yang sudah serbah otomatis dan canggih ini.

Belajar ilmu dan skill baru memang perlu waktu dan tidak bisa secara singkat. Namun jika belajar memakan terlalu lama maka bisa jadi kita malah tertinggal. Diperlukan fisik yang kuat untuk memahami hal baru, plus cara baru agar bisa belajar apapun hal baru secara cepat. Berikut 10 cara belajar cepat.

Buat catatan dengan kertas dan pena

Mencatat dengan kertas dan pena. (unsplash.com)

Ketika kamu menghadiri seminar atau workshop sebagian besar dari kita cenderung mencatatnya melalui smartphone atau laptop kita. Memang itu hal yang sangat praktis. Namun apa yang terjadi bahwa mencapat melalui perangkat tersebut tidak menjadikan kita lebih mudah mengingat hal-hal baru.

Penelitian di Amerika membuktikan jika mencatat hal baru menggunakan pena di kertas akan bertahan di ingatan lebih lama. Kelihatanya old-style mencatat dengan cara tersebut, tapi kamu perlu mencoba untuk membuktikannya.

Belajar yang Banyak, Tidur yang Cukup

Belajar juga perlu tidur (unsplash.com)

Adakalanya ketika kita sedang belajar kita akan mengorbankan jam tidur kita. Kita rela untuk begadang berminggu-minggu untuk mempelari skill baru. Apalagi ketika kita akan membuat presentasi atau menyelesaikan big project. Hal ini mungkin kelihatannya baik dan wajar.

Namun sebuah penelitian membuktikan ada korelasi kuat antara penyerapan ilmu dan kuantitas tidur kita. Ketiak tidur otak kita ketika akan lebih mudah untuk mengingat apapun yang telah kita pelajari seharian. Hal ini akan efektif kita bisa mengatur pola tidur dan belajar kita, agar kita bisa belajar cepat hal apapun.

Modifikasi Latihan Rutinmu

Latihan harus dimodifikasi (unsplash.com)

Ketika mempelajari skill baru tidak disarankan untuk latihan dengan hal itu itu saja, atau gerakan yang sama terus menerus. Kamu bisa memodifikasinya, membuat sedikit terhadap menu latihan keseharianmu.

Hal ini berdasarkan sebuah riset yang membuktikan bahwa membuat perubahan sedikit pada latihan membuat kita bisa lebih cepat untuk menguasai skill tersebut. Seperti, jika kamu sedang latihan rutin untuk bisa menulis dengan baik maka sesekali kamu bisa memodifikasi kecil latihan dengan belajar melukis atau hal lainnya.

Minum Air yang Cukup

Agar tetap fokus minum air (unsplash.com)

Jangan sampai kehausan ketika kamu sedang konsentrasi untuk belajar hal baru. Minum air mineral memang bagus untuk tubuh dan bisa menjaga konsentrasi kita. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian  yang dilakukan olen the universities of East London and Westminster.

Dalam penelitian tersebut membuktikan bahwa siswa yang minum air mineral ketika sedang mengerjakan ujian akan mendapatkan hasil yang lebih baik dibanding meraka yang tidak melakukannya. Kamu juga bisa melakukannya untuk belajar cepat hal-hal baru apapun 

Istirahatkan otakmu sejenak

Kita perlu rehat sejenak (unsplash.com)

Terlalu banyak informasi membikin berat otakmu. Rehat sejenak. Kamu bisa berhenti sejenak untuk mengkonsumsi berita berita yang tidak ada kolerasinya dengan skill atau hal yang sedang kamu pelajari. Agar kamu tidak terlalu stress.

Penelitian tentang hal ini juga membuktikan mengistirahatkan otak sejenak mengembalikan fokus kita. Kamu juga bisa menggunkan teknik podomoro untuk hal ini. Teknik ini sederhana, membagi waktu belajar kita menjadi interval tertentu, misal selama 25 menit kita fokus belajar kemudian 5 menit kita rehat sejenak, kemudian kembali fokus lagi.

 

Lima cara belajar cepat diatas bisa kamu coba terapkan. Di dunia yang serba cepat ini kita perlu beberapa trik agar tidak tertinggal dan bisa selangkah lebih maju. Selamat mencoba!

Baca artikel menarik lainnya

Mengenal Lebih Dekat dengan Business Model Canvas

Hindari 5 hal ini, untuk presentasi lebih baik

Strategi Pemasaran untuk Melejitkan Bisnismu

 

 

Loading...

  • 4
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *