Technology

Linconnect, Dapatkan Notifikasi Andoid pada Desktop Linux Anda

 

Loading...

LinConnect adalah sebuah aplikasi yang dapat menampilkan pemberitahuan dari perangkat Android kita ke desktop Linux kita.

Aplikasi ini mendukung hampir semua aplikasi dalam perangkat Android pada umumnya, dan kita bisa mendapatkan notifikasi ketika mendapatkan panggilan masuk, SMS, pesan Whatsapp, pemberitahuan facebook, dsb. Dari aplikasi Linconnect pada perangkat android, kita dapat mengatur aplikasi apa saja yang ingin diaktifkan notifikasinya pada desktop linux kita, sehingga kita tidak akan kebanjiran notifikasi yang tidak berguna.

Sayangnya kita tidak dapat berinteraksi secara langsung terhadap pemberitahuan yang masuk, seperti membalas pesan SMS dari desktop pada saat itu juga.

Linconnect Client Android

Menginstal dan menggunakan LinConnect

LinConnect saat ini masih tersedia dalam versi Alpha sehingga diharapkan kita untuk mengoreksi bug yang ada! Dalam pengujian saya, aplikasi ini berjalan di bawah Linux 16 Petra dan menurut sumber lain dapat berjalan juga pada Ubuntu 13.10 and 12.04.

Liconnect memiliki tipe client dan server yang harus kita install keduanya:

– Client, harus di install melalui google play dengan minimal kebutuhan Android OS versi 4.0.

– Server, harus di install pada desktop linux kita (kasus kali ini menggunakan Linux Mint 16) dengan menggunakan command berikut:

wget http://raw.github.com/hauckwill/linconnect-server/master/LinConnectServer/install.sh
chmod +x install.sh
./install.sh

– Kemudian jawab yes dengan menekan tombol “Y” untuk semua pertanyaan yang muncul dalam proses instalsainya. Script instalasi tersebut akan menanyakan, “apakah Anda ingin menjalankan LinConnect pada startup ?” – jika kita memilih “tidak”, maka kita harus secara manual memulai aplikasi tersebut dengan menggunakan perintah berikut terlebih dahulu :

python ~/.linconnect/LinConnectServer/main/linconnect_server.py

Setelah proses installasi selesai, maka kita akan mendapatkan notifikasi settingan koneksi Linconnect server dengan client seperti berikut :

Nanti silahkan disesuaikan IP yang didapat untuk di setting pada Linconnect di perangkat android kita.

Notifikasi dari aplikasi dari device android yang terkoneksi dengan Linconnect

Sumber weupd8.org

Baca juga:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *