Event

Liputan: Gapura with Google “Indonesia SMB Go Digital” Surabaya

 

Loading...

Tepat pada hari Minggu kemarin, tanggal 27 April 2014, bertempat di Hotel JW Marriot, Gapura melanjutkan tournya di kota Pahlawan, Surabaya. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, jika acara Gapura telah melakukan roadshow di 3 kota besar sebelumnya, yaitu Jakarta, Bandung dan Jogjakarta. Dan kali ini adalah giliran Surabaya yang menjadi tempat persinggahan acara besar yang memang dikhususkan untuk para pelaku bisnis yang ingin dan sudah Go online.

Acara Gapura di Surabaya sendiri memang tidak terlihat begitu berbeda dengan di kota – kota yang lain. Acara yang dimulai sekitar pukul 08.30 ini didahului dengan registrasi bagi para peserta yang sebelumnya sudah mendaftarkan diri. Bertempat di ballroom lantai 2 hotel JW Marriot, peserta yang datangpun sudah membludak sejak pukul 8 pagi. Peserta yang datang juga bukan hanya dari kota Surabaya sendiri.

registrasi peserta gapura

Setelah melakukan registrasi, peserta dipersilahkan masuk ke dalam satu ruangan yang telah disediakan berbagai jenis hidangan pembuka bagi para peserta sebelum memulai sesi bersama Gapura. Disini peserta selain bisa menikmati hidangan, mereka juga bisa mulai membuka acara networking bersama dengan peserta lain. Antusias peserat ditandai dengan banyaknya mereka yang saling berbincang – bincang meskipun tidak saling mengenal sebelumnya. Selain untuk memperkenalkan diri, mereka juga berbagi pengalaman dan cerita tentang bisnisnya. Rata – rata peserta yang datang memang sebelumnya sudah dan masih ada yang ingin baru memulai berbisnis di dunia digital. Ini sebabnya mereka antusias mengikuti acara Gapura.

networking

Setelah melakukan sesi networking, sekitar pukul 09.30, peserta mulai dipersilahkan masuk ke dalam ruangan yang sudah didesain sedemikian rupa oleh tim Gapura. Setelah acara dibuka oleh sang pembawa acara, kemudian satu persatu pembicara mulai tampil dan menyampaikan tema masing – masing. Acara di buka oleh Shinto Nugroho (Head of Public Policy and Government Relations, Google), kemudian ada pula Rado Yanu Ardian (Account Manager, Google Indonesia), Dyah Wulandari (Account Manager, Google Indonesia), dan juga ada Oon Arfiandwi, CTO 7Langit.

Ibu-Shinto

Ibu Shinto Nugroho (Head of Public Policy and Government Relations, Google)

Rado

Rado Yanu Ardian (Account Manager, Google Indonesia)

Acara Gapura ini juga dihadiri oleh tamu terhormat kita yaitu Ibu Tri Rismaharini, selaku walikota Surabaya. Beliau menceritakan bahwa di kota Surabaya sekarang ini juga sudah menerapkan media digital untuk lebih memudahkan berjalannya sistem pemerintahan di Kota Surabaya. Beliau juga memberikan semangat kepada peserta yang sudah dan atau yang masih ingin memulai berbisnis online untuk terus berusaha dan pantang menyerah. Ibu Risma sangat mendukung adanya bisnis online karena bisa membantu perkembangan perekonomian masyarakat, terutama Kota Surabaya sendiri.

ibu-risma

Ibu Tri Rismaharini (Walikota Surabaya)

Acara juga dilanjutkan dengan panelling dengan enterpreneur online yang sukses dengan usahanya, beberapa diantaranya yaitu Doddy Hernanto (CEO dari Rick Hanes Guitars), Arlita Tiarasari (CEO Sepatukubaru), Danton Prabawanto (CEO dari Beon Intermedia) dan juga Andre Soenjoto (CEO De Boliva), bersama dengan Yansen Kamto (CEO Kibar) yang berlaku sebagai moderator dalam sesi panelling ini.

doddy

Panelling pertama, Doddy Hernanto (CEO Rick Hanes Guitars)

panelling

Panelling kedua, Arlita Tiarasari (CEO Sepatukubaru), Danton Prabawanto (CEO dari Beon Intermedia) dan juga Andre Soenjoto (CEO De Boliva)

Acara Dilanjutkan dengan sesi makan siang, disini peserta bisa menyantap hidangan yang telah disediakan sambil melakukan sesi networking kembali. Peserta juga bisa mendatangi beberapa booth yang akan membantu peserta untuk mendapatkan informasi tentang berbisnis online. Ada 5 booth yang tersedia, diantara yaitu 7Langit, Beon Intermedia, Layaria dan 2 lainnya. Peserta bisa bertanya – tanya tentang bagaimana membuat sebuah rumah untuk bisnis online mereka. Disini mereka juga bisa mencari partner yang cocok untuk bisnis online mereka.

makan-siang

Sesi makan siang dan networking

booth-pendukung-acara

Booth pendukung acara Gapura yang siap membantu dan melayani peserta

Acara selesai sekitar pukul 17.00, tapi tidak selesai dalam arti yang sebenarnya. Disini peserta bisa memulai lagi sesi coffee break dan networking. Peserta bisa saling bertukar informasi dan pengalaman dengan peserta lainnya. Peserta juga masih bisa bertanya – tanya lebih jauh dengan para pembicara dan beberapa booth yang masih ada di tempat.

Acara Gapura memang ditujukan untuk lebih memperkenalkan dan mengajak siapapun yang memiliki bisnis untuk sama – sama belajar tentang bagaimana pentingnya dunia digital dalam pengembangan bisnis mereka. Google salah satu partner yang akan membantu setiap dari pemilik UKM untuk go online terhadap bisnis mereka. Pasar dari bisnis online masih sangat luas, itu sebanya bisnis online masih akan mampu untuk berkembang lebih pesat dari saat ini. Ini sebabnya, bagi para pelaku bisnis UKM, jangan ragu untuk belajar mengenal dunia digital dan ikut menggunakannya.

Acara Gapura akan dilanjutkan kembali di Kota Jakarta. Dan untuk yang belum sempat mengikutinya, bisa mulai mencari informasi tentang Gapura yang akan dilangsungkan kembali di Kota Jakarta ini. :)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *