Event

Liputan: Mebiso Talk #1 Mengupas Tuntas Rahasia Sukses 3 Pebisnis Online Surabaya

 

   

Hai Sahabat Mebiso, hari Minggu kemarin tepatnya tanggal 22 Februari 2015, Mebiso mengadakan acara yang sudah lama dinanti – nanti. Bertajuk “Mebiso Talk”, sebuah acara Talk Show dengan 3 pembicara dari 3 bisnis online khas Surabaya. Hampir 30 orang datang dan sangat antusias mengikuti jalannya Talk Show ini sejak dimulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

Bertempat di kantor Beon Intermedia Surabaya di Jalan Jemur Andayani, acara ini dipandu langsung oleh CEO PT Beon Intermedia yaitu Danton Prabawanto. Dalam talk show yang pertama, Mebiso ingin benar – benar berbagi ilmu, pengalaman dan juga tips kepada masyarakat secara langsung. Artinya Mebiso bukan hanya berbagi melalui website ini, tapi juga bisa berbagi secara langsung melalui Mebiso Talk dengan beberapa pengusaha sukses. Dan kali ini untuk yang pertama, Mebiso Talk mengadakan acaranya di kota Surabaya.

IMG_5296

Pada kesempatan kali ini Mebiso mendatangkan 3 pembicara yang berasal dari pemilik bisnis online asli Surabaya. Pembahasan bukan hanya terkait apa bisnis mereka, dari mana ide bisnis mereka, dan sejak kapan mereka berbisnis. Tapi Mebiso Talk kali ini lebih membahas bagaimana masing – masing pemilik bisnis online melakukan proses promosi mereka. Baik melalui cara berbayar maupun dengan teknik iklan gratis.

Masing – masing pembicara ternyata memiliki cara berpromosi yang berbeda – beda. Mereka memiliki media dan cara masing – masing. Seperti halnya Pak Agil owner Jual-kacamata.com yang lebih mengoptimasi SEO website untuk berpromosi. Ibu Karlin yang menggunakan iklan gratis untuk berpromosi. Hal ini berbeda dengan Bapak Alfonsus yang menggunakan iklan berbayar agar lebih mudah dan cepat mendapatkan pelanggan.

Bagi Bapak Agil keyword yang tepat membantu sebuah bisnis online terutama website lebih mudah dicari orang dan tentu saja lebih mudah melakukan penjualan. Itu sebabnya Bapak Agil selalu update trend dan juga selalu melakukan riset keyword yang akan digunakan. Bagi Bapak Agil melihat bagaimana kompetitor bekerja juga sangat penting bagi kita. Karena dari situlah kita bisa belajar dan mengembangkan cara yang sudah ada. Bagi Bapak Agil yang kini sudah memiliki 4 orang karyawan, mengoptimasi SEO adalah keharusan agar website bisa bekerja dengan baik.

Sedangkan bagi Ibu Karlin yang notabennya juga seorang yang aktif dalam sebuah komunitas, mengaku bahwa sebuah bisnis yang sukses tidak harus mengeluarkan dan menggunakan biaya untuk berpromosi. Internet yang sangat luas dan bebas, membuat bisnis online bisa dijalankan dan dipromosikan oleh siapapun. Ibu Karlin sendiri memang memiliki slogan bersama komunitasnya, yaitu “jualan online tanpa modal”. Itu sebabnya Ibu Karlin lebih mengutamakan dan mengoptimalkan penggunaan iklan baris dan iklan – iklan gratis lainnya.

Namun tidak dengan Bapak Alfonsus yang memiliki bisnis sama dengan Bapak Agil yaitu Zonakacamata.com. Pada awalnya Bapak Alfonsus menggunakan website untuk memasarkan bisnis kacamata onlinenya. Setelah itu baru mulai mencoba menggunakan Kaskus dan iklan berbayar, seperti Google Ads. Bagi Bapak Alfonsus selain melihat respon pasar yang pentin, packaging juga penting untuk lebih menarik perhatian pelanggan dan tentu saja untuk memberi pengalaman berharga bagi pelanggan. Bagi Bapak Alfonsus, iklan berbayar yang sejak dulu hingga kini beliau gunakan akan tetap digunakan. Tentu saja tujuannya untuk lebih mudah mengealkan bisnis onlinenya.

IMG_5322

IMG_5308

IMG_5311

Tidak cukup rasanya 3 jam untuk sekedar share pengalaman dan juga tips, sampai pada sesi tanya jawabpun, peserta sangat antusias. Hal ini ditunjukkan ketika acara sudah mulai selesai dan peserta masih berada di ruangan untuk sekedar berbagi nomor telepon dan menambah sharing ilmu bersama para pembicara.

IMG_5332 (1)

Diharapkan dari adanya Mebiso Talk ini adalah untuk lebih mempererat hubungan antara sesama pebisnis online dimanapun nantinya. Karena memang Mebiso Talk bukan hanya mengedukasi, tapi juga berbagi ilmu dengan sesama.

Untuk Mebiso Talk #2 bisa saja tidak hanya diadakan di kota Surabaya, karena kami ingin berbagi kepada seluruh masyarakat. Jadi siapa yang berminat untuk ikut dan didatangi kotanya oleh kami? :)

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *