Event

Liputan: Pameran Desain Poster Dakwah MDC di CFD Malang

 

   

Minggu 15 November 2014, warga Malang dan sekitarnya dikejutkan dengan adanya ratusan desain poster dakwah yang dipasang di salah satu ruas Car Free Day, Jl. Ijen Kota Malang. Para muda mudi kreatif yang menamakan diri mereka komunitas NgalaMDC (Muslim Designer Community chapter Malang, red) sukses menggelar PAMERAN POSTER DAKWAH 1436 HIJRIYYAH dengan mengusung tema “NGALAMDC BER-MUHARRAM MEMBUMIKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN”. Kegiatan ini merupakan kegiatan pameran poster perdana yang dilakukan NgalaMDC menyusul sudah ketiga kalinya Muslim Desainer Comunity yang berpusat diSolo lakukan. Selain pameran poster, panitia juga membagikan pin, kalender islam (Hijriyah), sticker dakwah secara gratis kepada pengunjung pameran. Kegiatan yang dimulai pada pukul 06:00 berhasil memikat perhatian ratusan warga Malang yang melintas.

“Menurut saya kegiatan ini bagus sekali ya, posternya juga keren-keren. Sebaiknya jangan cuma di CFD aja kalo bisa setiap hari ada”, cetus Indira salah satu pengunjung pameran. Hal senada juga disampaikan oleh Dhani Sasmita, “Teman-teman sangat kreatif sekali dalam mengemas dakwah, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memperbarui citra dakwah menjadi aktivitas yang lebih kreatif”, paparnya.

Datang pula salah satu desainer yang ikut berpartisipasi menyumbangkan karya desain poster Salah satunya adalah Amir Abdillah, menurutnya kegiatan ini sangat bermanfat sekali bagi warga Malang terlebih bagi para desainer muslim, karena tak mudah untuk mendapatkan perhatian khalayak umum dalam mengapresiasi sebuah karya grafis. Sehingga dengan adanya MDC para desainer dapat tersalurkan hobinya juga sekaligus sarana menasihati diri (muhasabah) melalui karya yang dibuat. Hal yang sama juga disampaikan oleh Syifaurrahman, desainer asal Jombang yang akrab dengan nama Syftalkie ini mengapresiasi penuh kegiatan sebagai bentuk langkah positif para desainer muslim di Kota Malang, “Harapan saya semoga melalui pameran maupun kegiatan lain yang dimotori oleh komunitas MDC dapat meningkatkan nilai jual seorang desainer terlebih desainer muslim, serta karyanya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di seluruh Indonesia”, jelasnya.

Menurut Thoriq Aziz sebagai  koordinator NgalaMDC sekaligus ketua panitia pameran menerangkan bahwa tujuan diadakannya pameran ini adalah untuk mensyiarkan nilai-nilai Islam melalui metode yang inovatif serta ingin memperbarui citra bahwa dakwah juga bisa dengan cara yang kreatif. “Semoga dengan adanya MDC dapat menyatukan langkah gerak para desainer muslim dalam satu visi: berdakwah dengan karya visual”, imbuhnya. Desain poster yang dipamerkan tidak hanya datang dari lokal Malang saja, namun juga datang dari desainer luar daerah. “Kalau poster yang masuk ke email kita secara keseluruhan ada 170 desain lebih ya, selain Malang submitter-nya ada yang dari Jombang, Blitar, Gresik bahkan ada juga yang dari luar Jawa Timur seperti Solo, Jogja, Jakarta, Bogor, Jepara dll tapi yang kita ambil hanya 100 desain terbaik”, terang Bagus Dwi Humas MDC sekaligus tim kurator desain. Pria berkacamata yang memiliki hobi traveling ini menambahkan bahwa selain sebagai ajang kreatifitas dakwah, pameran ini juga sarana menjalin silaturahim antar desainer muslim di kota Malang dan memfasilitasi warga Malang baik mahasiswa, pelajar ataupun peminat desain grafis yang ingin bergabung menjadi member MDC chapter Malang.

Awal mula terbentuknya komunitas ini berasal dari grup di situs jejaring sosial Facebook berjudulMuslim Designer Community yang mencakup anggota dalam skala nasional. Lambat laun para desainer yang sama-sama berasal dari Malang berinisiatif untuk membentuk chapter agar memiliki sarana belajar bersama dan menggalang serta memfasilitasi peminat desain di daerah agar menjadi lebih mudah. Diprakarsai oleh 12 orang desainer lokal pada acara gathering pertama di Masjid Al Falah Kota Malang, Muslim Designer Community chapter Malang resmi dibentuk pada 28 September 2014. Selain Malang hingga saat ini chapter MDC sudah terbentuk sampai ke beberapa kota di Indonesia seperti Solo, Jogja, Jambi, dan kawasan Jabodetabek. Bagi pembaca yang ingin berinteraksi lebih dekat dengan Komunitas Desainer Muslim (MDC) chapter Malang bisa follow twitter @NgalaMDC atau via email ngalamdc@gmail.com.

10403853_896841347006833_4354973290817762392_o

Seorang pengamen Teatrikal ikut mengapresiasi kegiatan MDC Chapter Malang

10629535_896834383674196_868255770481697361_o

Sebagian contoh gambar desain poster dari member Muslim Desainer Comunity


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *