Event

[Liputan] Tatarupa “Kolaborasi Desainer dan UMKM untuk Memajukan Ekonomi Surabaya”

 

Loading...

Menurut data dari Biro Pusat Statistik, saat ini terdapat lebih dari 55 juta UMKM di Indonesia. UMKM merupakan sektor riil yang menggerakkan perekonomian Indonesia dan menjaga Indonesia relatif lebih mampu bertahan terhadap krisis ekonomi.

Sayangnya, seringkali dianggap kecil, perhatian terhadap UMKM hanya bersifat sebatas pendanaan mikro berupa pinjaman lunak dari lembaga-lembaga keuangan. Padahal, UMKM tidak hanya butuh pendanaan untuk dapat bersaing di tengah pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan segera berlangsung awal 2016 nanti. Mereka juga membutuhkan pembinaan terkait pemasaran produk agar mampu berkompetisi dengan berbagai pihak, baik domestik maupun internasional.

IMAGINE Enterprise - Kreavi DSCF2225-1

Kreavi, sebuah wadah bagi desainer dan talenta kreatif visual di Indonesia yang bertujuan mendorong anak muda untuk berkarya dan berkreasi dalam seni dan desain, mengadakan Tatarupa, sebuah program yang menjembatani desainer dengan UKM Surabaya untuk berkolaborasi menciptakan dampak yang positif. Bekerjasama dengan Pahlawan Ekonomi Surabaya, Kreavi mengundang desainer lokal untuk merancang ulang branding produk UKM lokal Surabaya.

Tatarupa yang sudah dilangsungkan sebanyak dua kali mempertemukan 20 UKM dengan 20 desainer untuk bersama-sama menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi melalui perubahan logo, kemasan, hingga tampilan yang menarik sekaligus menjual. Beberapa UMKM yang berpartisipasi dalam Tatarupa kali ini seperti produsen batik, tas dan aksesoris, jamu, hingga produk olahan cokelat. Rangkaian acara Tatarupa dimulai dari pemilihan dan seleksi desainer sert UMKM yang berpartisipasi.

IMAGINE Enterprise - Kreavi DSCF2332-1

Dengan lebih dari 30ribu desainer di seluruh Indonesia, Kreavi membuka pendaftaran khusus bagi desainer lokal Surabaya. Setelah terseleksi, desainer dipertemukan dengan UMKM dalam workshop yang berlangsung selama 3 hari pada tanggal 23 – 25 Oktober 2015 di Forward Factory, Spazio. Workshop tersebut membahas mengenai branding, marketing, hingga bagaimana merancang logo dan kemasan yang menjual. Setelah itu, kemasan akan diproduksi sehingga produk dengan kemasan baru dapat dipamerkan dan dijual dalam acara Basha Market yang akan dilangsungkan bulan November nanti di Surabaya.

Banner Mebiso

Itulah event Tatarupa yang diselenggarakan pada tanggal 23-25 Oktober 2015 lalu, untuk menguasai bagaimana teknik pemasaran yang lebih efektif dan efisien, ikutilah event Pemasaran untuk UMKM yang diselenggarakan oleh MarkPlus pada tanggal 17 November 2015 nanti. Perlu Anda ketahui, Anda tidak hanya mengetahui teknik mempromosikan secara efektif dan efisien, tetapi juga teknik kreatif untuk meningkatkan omzet penjualan. Saat Anda merasa informasi ini sangat bermanfaat, apakah Anda lebih suka untuk menjadi penonton atau omzet penjualan Anda meningkat?

Segera daftarkan diri Anda dengan mengisi form di halaman pendaftaran ini.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *