Event

Liputan: Womanpreneur Community, Inkubator Bisnis dan Inspirasi untuk Wanita Indonesia

 

   

Womanpreneur Community adalah sebuah komunitas bagi para wanita Indonesia yang ingin belajar, berbagi dan berkembang bersama. Didirikan oleh Irma Sustika pada pertengahan tahun 2009. Berawal dari keprihatinan Irma terhadap kondisi wanita di Indonesia yang sebagian besar hanya menggunakan Facebook sebagai sarana curhat dan berkeluh kesah, ia mulai untuk mengembangkan potensi wanita Indonesia dari komunitas Womanpreneur.

Irma Sustika

Irma Sustika, Founder Womanpreneur Community Indonesia

Ietje S. Guntur

Ietje S.Guntur – Cofounder Womanpreneur Community

Didirikan dari Fanspage di Facebook, kini follower dari Womanpreneur Community sendiri sudah lebih dari 10000 orang. Dan ini membuktikan sebenarnya banyak wanita di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk berkembang dan tumbuh menjadi wanita sukses.

Berbagai kegiatan seperti seminar, gathering dan inkubator bisnis sudah sukses diadakan oleh Womanpreneur Community. Saat ini saja Womanpreneur Community sudah mengadakan Inspiring Womanpreneur Competition ke 3. Dan kebetulan kali ini Jawa Timur, khususnya Surabaya yang menjadi tuan rumah. Setelah sebelumnya kompetisi diadakan di Jakarta.

Inkubator Womanpreneur Community sendiri bukan hanya mencetak para pebisnis dan entrepeneur sukses, tapi mereka juga saling berbagi dan mengakrabkan diri dengan sesama peserta. Dari 60 peserta yang mengikuti inkubator ini, diambil 25 besar sebagai yang terbaik.

Setelah itu diambil 12 besar untuk masuk ke tahap penjurian final yang sekaligus diadakan bersama dengan acara wisudawan peserta pada hari Minggu(21/12) kemarin. Ke 12 peserta hadir dan menjalani sesi penjurian terakhir yaitu dengan menjawab pertanyaan yang sudah diberikan dewan juri.

12 Besar Finalis

12 Besar Finalis Inspiring Womanpreneur Competition Ke 3

Bukan hanya itu di acara Inpiring Womanpreneur Competition 3 kemarin juga ada bazar yang berasal dari para peserta inkubator itu sendiri. Produk yang disuguhkan adalah produk – produk unggulan mereka, dan kebanyakan adalah produk dengan hasil buah karya para peserta. Mereka saling beradu keunggulan produk melalui bazar ini.

produk

produk2

Produk Unggulan Para Peserta IWPC ke 3

Dalam kompetisi ini, Womanpreneur Community bukan hanya mencari mereka yang bisa menjual dan mendapatkan banyak keuntungan, tapi lebih kepada siapa yang memiliki progres terbaik dan terus berpengaruh untuk lingkungan, begitulah yang dikatakan oleh founder dari Womanpreneur Community, Irma Sustika.

Produk yang dibuat oleh peserta juga harus yang benar – benar unik, dan harus mampu mengunggulkan keunikan dan ciri khas dari daerah masing – masing. Itu sebabnya produk yang dipamerkan bukan lagi produk yang biasa kita temui di pasaran.

Selama 3 bulan para peserta dibimbing dan dipandu oleh kurang lebih 10 mentor berbeda. Mereka diberi pembekalan berupa materi seminar, dan mereka juga harus mempresentasikan apa yang mereka dapatkan di depan khalayak ramai. Ini bukan hanya membantu mereka menyusun perencanaan bisnis, tapi lebih kepada membantu mereka untuk berani dan sukses kepada diri mereka sendiri.

juara

Ketiga juara Inspiring Womanpreneur Competition Ke 3

Untuk kedepannya, Womanpreneur juga akan terus berprogres dengan mengadakan kembali inkubator di tahun 2015 mendatang. Dalam setahun akan ada 2 gelombang yang diadakan, sehingga akan lebih banyak mencetak wanita – wanita berpengaruh di Indonesia. Seperti yang menjadi motto dari Womanpreneur Community sendiri, yaitu Sharing, Learning and Networking.

Acara ini bukan hanya dimeriahkan oleh ibu – ibu hebat yang menjadi calon Womanpreneur sukses, tapi mereka juga turut serta membawa keluarga. Salah satunya yaitu suami dan anak – anak mereka. Dan ini jugalah yang menjadi salah satu bentuk dukungan para suami untuk menyemangati istri dan Ibu mereka menjadi wanita – wanita yang sukses. :)

IMG_2510

Salah satu bentuk dukungan keluarga bagi para Womenpreneur Hebat 

Banyak pelajaran yang saya dapatkan ketika mengikuti acara ini dan juga ketika sempat berbincang dengan Ibu Irma selaku Founder dari Womanpreneur Community. Salah satunya yaitu seorang wanita harus berani melawan rasa takut terhadap apapun termasuk dirinya sendiri. Dan setiap orang yang berjuang tidak ada yang menang atau kalah. Yang pasti mereka sudah menang terhadap diri mereka sendiri. Seorang wanita memiliki hak yang sama untuk berkembang dan menjadi inspirasi bagi wanita lainnya dan juga lingkungannya. 

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *