Technology

List Tools dan Add Ons Pendukung Pembuatan Website

 

   

Ada banyak tools dan add ons yang sering digunakan oleh web desainer dan web developer dan untuk mengembangkan website mereka. Tools dan add ons yang paling sering digunakan adalah add ons yang berasal dari Google. Karena selain murah, tools dan add ons yang berasal dari Google juga mudah digunakan. Nah, apa saja itu? Berikut ini ulasannya:

1. Add ons screenshot website

Awesome Screenshot ini berlaku di Google Chrome.

 1

2. Add ons pencari/pendeteksi font website

What Font juga berlaku di Google Chrome

 2

3. Windows Resizer

Windows Resizer, berlaku di Google Chrome. Berfungsi untuk checking view website dalam screen lebih kecil maupun lebih besar dari layar monitor PC secara akurat.

3

4. Media website

Media website, yaitu penyedia mock up website dalam bentuk JPG, salah satunya yaitu Webprojector.com.

4

Hasil design dalam bentuk JPG bisa langsung dilihat hasilnya, jika diapplikasikan dalam mobile, I pad, Laptop. Selain itu web projector juga dilengkapi fitur koment, yang dapat ditambahkan disekitar gambar JPG yang telah diupload. Mungkin dengan adanya coment akan memudahkan designer maupun programmer untuk mengutarakan maksud design, maupun juga jika ada revisi design bisa langsung ditambahkan komentar ditempat yang direvisi. Tapi anda harus register member di webprojector.org , anda akan mendapat space sebesar 25 MB.

Penyedia Warna

1. Flat Ui

5

Tempat warna-warna flat, sangat cocok untuk mendapatkan warna dasar website maupun dalam pembuatan icon-icon nya, yaitu di Flat Ui.

2. Kuler.adobe.com

6

a. Pengkategorian tone warna

Tempat berbagai warna yang dikategorikan menjadi, analogous, monochromatic, triad, complementary, shades, itu adalah nama nama tone warna. Kita tinggal memasukkan kode warna yang ingin kita ketahui warna seperti apa yang cocok dipadukan dengannya.

b. Template Warna

Di menu Explore, anda akan menemukan banyak thema warna yang telah disediakan oleh adobekuler sendiri maupun para designer yang memiliki akun tersebut.

3. Eye droper PhotoshopTools

Ini digunakan agar kita tidak terlalu repot mencari cari warna yang sama dengan warna yang kita inginkan dengan mencarinya di panel warna photoshop.

Penyedia Font

1. What Font Add Ons Pencari/ Pendeteksi Font Website

What Font, Berlaku di Google Chrome.

2

2. Website penyedia Font

7

8

9

10

Dari banyak penyedia font yang paling sering digunakan adalah Googlefont. Apabila tetap sulit dalam menemukan font yang sama, Anda dapat menggunakan myfonts.com.

11

Anda diharuskan mengupload gambar font yang ingin Anda ketahui namanya tersebut, lalu upload gambar. Whatfont akan secara otomatis mendeteksi anatomi huruf dan menyediakan font font apa saja yang memiliki kemiripan dengan font Anda.

Penyedia Icon

1. Iconfinder.com

12

Penyedia icon icon website dengan berbagai bentuk, icon finder menyediakan icon regular dan free. Anda tinggal download PNG nya tanpa perlu mentracing ulang icon Anda.

2. Shutterstock.com

13

Selain menyediakan illustrasi, fotografi, dan banyak juga yang lain, Shutterstock menyediakan semua file iconnya dengan berbayar, maka untuk mendapatkannya, anda harus mentracing ulang.

Referensi Website

1. Themeforest.net

14

Merupakan e-commerce design website yang diciptakan oleh para designer dan developer, design dapat di search dengan banyak pilihan type, dari e-comerce, company profile, one slide, parallax, dan lain-lain. Yang selalu update setiap fitur maupun layoutnya. Tempat ini paling cocok untuk mencari referensi website. Selain website dalam bentuk jadi, disini juga terdapat website yang hanya ada dalam bentuk PSD nya saja. Themeforest adalah market place dimana setiap template nya sudah pasti ada biaya dlam penggunaannya, akan tetapi kita bisa memakainya untuk diredesign ulang, sesuai kebutuhan dan keberadaan fitur pada engine website milik kita.

2. Behance.net

15

Behance.net merupakan tempat potofolio online, yang banyak digunakan untuk berbagai bidang design, dari design website, illustrasi dan sebagainya. Selain media referensi design, bisa juga digunakan untuk media penyimpan portofilo design.

3. Kreavi.com

16

Media portofolio online Indonesia, yang banyak menyediakan berbagai macam bentuk portofolio, sama seperti Behance.net, akan tetapi di Kreavi disediakan juga event-event challenge design yang memberikan hadiah.

4. Pinterest.com

17

Pinterest sebenarnya tempat sebagai sosial media yang memposting foto dan semacamnya, akan tetapi banyak pula designer yang menggunakannya sebagai media posting design, dan portofolionya.

5. Awwwards.com

18

Awards.com adalah website yang menyediakan website website keren rekomendasi dari awards sendiri. Merupakan wadah website terbaik di kategorinya. Selain itu awwwards juga mengadakan voting untuk design website terbaik.

Tempat ini penyedia referensi website paling keren, salah satunya yaitu foto berkualitas tinggi untuk banner.

1. Wallpaperup.com

19

Wallpaperup.com berisi banyak foto foto beresolusi tinggi, yang bisa kita pilih berapa ukuran yang kita butuhkan.

2. Free great pictures

20

Sama dengan wallpaperup.com , seluruh foto di website ini bebas didownload secara gratis.

Penyedia Vector Image

Vector image digunakan untuk pembuatan illustrasi maupun pembuatan icon. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. All Free Download

21

Disini terdapat banyak jenis vector. Sebagian vector juga disediakan secara berbayar.

2. Shutterstock.com

22

Disini vector image tidak bisa didownload tapi harus melalui proses tracing. Shutterstock digunakan ketika tidak ada image yang relevan dengan tema yang kita inginkan di all free download.

Nah, bagaimana dengan informasi diatas? Apa Sahabat Mebiso punya referensi lain? Silahkan share di kolom komentar ya :)

Baca juga:

10 Tools Gratis untuk Membuat Infografis bagi Orang Awam

9 Tips Membuat Website Dengan Gaya Flat Design

6 Alat untuk Memilih Kombinasi Warna Desain Website


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *