Start A Business

Bingung Menentukan Lokasi Berjualan? Perhatikan Hal Berikut!

 

Lokasi Berjualan – Memilih lokasi berjualan yang tepat dapat memengaruhi pula pendapatan dari usaha yang Anda bangun. Bukanlah hal baru ketika bisnis Anda berada pada lokasi yang tidak mendukung, maka bisnis Anda akan kalah saing dengan bisnis lain yang didukung oleh lingkungan tersebut.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda mulai merencanakan untuk menentukan lokasi berjualan? Simak ulasannya berikut ini!

Pastikan lokasi berjualan Anda bersih dan aman

Lokasi yang ideal adalah lingkungan yang bersih, rapi, dan aman. Apalagi jika bisnis yang Anda bangun adalah bisnis kuliner. Tentu saja wilayah yang kotor, kumuh dan tidak rapi, tidak akan berdampak baik bagi bisnis Anda.

Sementara lokasi yang aman akan memberikan kenyamanan dalam beraktivitas. Jika lokasi bisnis Anda berada pada komplek pertokoan atau ruko, Anda bisa meminta bantuan security atau pihak keamanan setempat untuk membantu menjaga keamanan di lokasi tersebut.

Ketahui kondisi kepadatan penduduk dan lalu lintas

Kini hampir semua kota besar di Indonesia memiliki area atau lokasi titik rawan kemacetan. Hal ini tentu berdampak pula dalam menentukan area yang tidak rawan macet.

Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan kondisi lalu lintas dan kepadatan kendaraan atau penduduk di lokasi bisnis Anda. Meskipun area yang padat penduduk bisa menjadi keuntungan bagi bisnis Anda, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor risiko lainnya yang juga dapat menghambat perkembangan bisnis Anda. Pastikan hal-hal ini bisa saling seimbang.

Pertimbangkkan lokasi berjualan yang tidak terlalu padat kompetitor

Pastikan Anda memilih lokasi bisnis yang merupakan area perdagangan. Atau, jika Anda ingin mencoba tantangan dalam mendirikan bisnis, Anda bisa mendirikan bisnis di daerah yang jarang menjadi lokasi bisnis, tapi tetap memiliki tingkat pendapatan penduduk yang tinggi.

Namun, jangan lupa perhatikan bisnis lain yang berada di dekat Anda. Anda harus mempertimbangkan tingkat kompetisi usaha yang akan Anda hadapi di suatu area. Jika terdapat lokasi tertentu yang memiliki banyak usaha yang hampir sejenis dengan usaha Anda, sebaiknya carilah tempat lain yang berbeda.

Pastikan lokasi berjualan juga nyaman bagi karyawan

Selain memperhatikan peluang dalam menggaet konsumen, perhatikan pula kenyamanan karyawan Anda. Pilihkan lokasi yang bukan hanya mudah dijangkau oleh pelanggan Anda, tapi juga mudah untuk diakses oleh karyawan Anda. Anda bisa memilih lokasi bisnis yang dekat dengan daerah kos, yang nantinya bisa digunakan oleh karyawan Anda.

Demikianlah hal yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan lokasi berjualan. Semoga Anda bisa lebih cermat dalam memilih area yang strategis. Untuk tips berjualan lainnya, Anda dapat membaca artikel Mebiso!
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *