Leadership

Mana Pilihanmu? “Bekerja Dibidang Study Saat Kuliah atau Mencari Peruntungan Lain”

 
  • 10
    Shares

   

Pada saat awal kuliah padi kita sangat bangga dengan bidang studi atau jurusan apa yang kita ambil. Setelah merasakan bangku kuliah pasti kita mempunyai pikiran, “lulusnya kapan?”  Setelah bersusah payah mengerjakan dan revisi sana-sini akhirnya skripsi terselesaikan dan berhasil meraih gelar sarjana. Tentu semakin bangga atas hasil yang diperoleh apalagi ucapan selamat dari teman dan keluarga berdatangan.

Namun kondisi seperti ini akan muncul hanya beberapa minggu karena akan muncul banyak pertanyaan “kerja dimana?” dan pastinya setiap bertemu teman dan keluarga pertanyaan itu sering terlontar.

Tentu menjadi keinginan setiap orang untuk bekerja sesuai bidang studi saat kuliah, namun terkadang kamu mulai dibuat putus asa ketika pekerjaan yang diimpikan belum juga datang dan membuka lowongan. Dalam hal ini kita diberi pilihan untuk terus menunggu atau melamar pekerjaan tanpa memperdulikan bidangmu?

Pengalaman Merupakan Hal yang Utama

Ada pepatah yang menyebutkan bahwa “pengalaman merupakan guru yang paling baik”. Sebagai seorang Fresh Graduate menjalani pekerjaan pertama yang tidak sesuai dengan keinginanmu bukan menjadi penghalang. Sebab kamu bisa dengan sabar menunggu lowongan pekerjaan impianmu dan sekaligus kamu dapat menambah pengalaman.

Jangan pernah berpikir jika bekerja dengan bidang yang tidak sesuai dengan bidangmu akan mematikan jenjang karir. Bekerjalah dengan hati iklas sebab dilingkungan pekerjaanmu kamu bisa bertemu dengan banyak orang baru dan tentu saja banyak ilmu yang dapat kamu peroleh.

Namun jika nantinya kamu merasa disana bukan tempatmu yang seharusnya, kamu memilih keluar dan melamar ketempat lain. Dengan pengalaman pekerjaan yang kamu miliki sebelumnya nilai jualmu akan bertambah dan kesempatan untuk bekerja ditempat impianmu akan lebih terbuka lebar.

Jangan Hanya Menunggu Ambilah Kesempatan Yang Ada

Lulus dengan gelar sarjana tidak berarti semua dapat berjalan sesuai dengan keinginanmu. Ambilah semua Kesempatan yang ada jangan hanya menunggu hingga pekerjaan yang kamu impikan datang. Akan jauh lebih baik jika kamu memperkaya diri dengan pengalaman dan terus mengejar target yang memang telah kamu rencanakan.

Ada kalanya kamu harus menerima keadaan, jika memang pekerjaan yang selama ini kamu impikan belum dapat diperoleh. Kamu bisa mencoba mencari pintu lain dengan bekerja dibidang yang berbeda, walaupun tidak sesuai dengan bakatmu namun dengan belajar kamu pasti dapat beradaptasi dengan baik.

Dengan mengambil kesempatan bekerja walau bukan pada bidangmu kamu dapat menempah mental dan menambah ilmu baru yang mungkin dapat berguna. Sebab banyaknya pengalaman yang kamu miliki dapat menjadi nilai lebih ketika kelak akan pindah mencari pekerjaan lain.

Bekerja dengan hati dan Tidak Mudah Mengeluh

Walaupun pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan bidangmu jangan mudah putus asa. Bekerjalah dengan hati iklas, seperti halnya sebuah labirin kamu harus mencoba terus mencari jalan keluar hingga dapat beradaptasi dengan kondisi pekerjaanmu.

Walaupun keinginan kamu tidak sesuai dengan kondisi pekerjaan pertamamu, bukan berarti kamu harus putus asa. siapa tau pekerjaan yang kamu peroleh malah dapat membuat kamu merasa lebih tertantang dan menjadi lebih kreatif. Apapun pilihan kamu entah menunggu hingga lowongan pekerjaan yang kamu impikan buka atau mencoba peruntungan dengan bekerja walaupun bukan bidangmu, semua pilihan ada ditanganmu. Yang terpenting persiapkan dirimu agar memiliki nilai lebih dibandingkan para pelamar lainya.

Baca juga:

Tips Fokus Bekerja Saat Masalah Melanda

11 Tips untuk Kamu yang Ingin Fokus Bekerja Hari Ini

10 Tips Bekerja yang Menyenangkan

           
  • 10
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *