Technology

6 Manfaat Transaksi Nontunai

 

Manfaat Transaksi Nontunai – Semakin hari perkembangan teknologi di berbagai lini kehidupan masyarakat semakin berkambang. Salah satunya adalah bidang jasa keuangan. Kolaborasi antara jasa keuangan dan teknologi dikenal dengan sebutan Financial Technolgy/Fintech.

Keberadaan fintech sangat bepengaruh pada proses transaki keuangan pada zaman sekarang. Dulu segala bentuk pembayaran dilakukakan secara tunai, namun sekarang semua menjadi lebih mudah dengan transaksi nontunai. 

Perilaku transaksi nontunai dilakukan masyarakat dengan menggunakan uang elektronik. Bentuk uang elektronik juga beragam, ada yang menggunakan kartu (Kartu ATM Debit/Kredit) dengan chip seperti Flazz, E-Money atau Brizzi. Ada juga yang menggunakan uang elektronik melalui aplikasi telepon genggam seperti OVO, Dana, GoPay, LinkAja, dll. 

Transaksi nontunai menggunakan uang elektronik dari tahun ke tahun terus meningkat. Menurut Bank Indonesia, uang elektronik yang beredar hingga November 2020 sejumlah 420,412,942 naik cukup signifikan dari jumlah tahun 2019 sebesar 292,299,320.

Oleh sebab itu Bank Indonesia terus menggalakan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) karena transaksi non tunai memberikan banyak manfaat.

Berikut 6 manfaat transaksi nontunai yang bisa anda dapatkan : 

1. Transaksi Nontunai Lebih Praktis

Kepratktisan menggunakan uang elektronik untuk melakukan transaksi nontunai bisa anda dapatkan dengan mudah karena anda tidak perlu membawa uang dalam jumlah yang besar.

Misalkan anda ingin membeli barang yang mahal, anda tidak perlu membawa uang dalam jumlah yang banyak di tas yang besar dan berat. Anda hanya perlu membawa kartu di dompet atau mengunakan telepon genggam di tas kecil saja.

cashless society transaksi non-tunai
Manfaat transaksi nontunai lebih praktis hanya dengan mebawa kartu di dompet.
Sumber Gambar: unsplash.com/@twopaddles

2. Transaksi Nontunai Lebih Efisien

Transaksi nontunai dapat menghemat waktu anda. Anda tidak perlu mengantri ataupun menunggu lama selama uang anda dihitung oleh petugas kasir. Selain itu, ketepatan nominal lebih gampang dipenuhi karena anda tidak perlu susah-susah mencari uang receh yang bisasnya terselip.

3. Transaksi Nontunai Lebih Aman

Ketika anda membawa uang tunia dalam jumlah yang banyak saat berpergian, bisa saja anda dapat menarik perhatian perampok/pencopet. Tentunya hal tersebut sangat berbahaya. Sekalinya anda kehilangan uang-uang tersebut, kemungkinan kecil anda bisa mendapatkannya kembali.

Jika anda menggunakan uang elektronok baik kartu atau melalui apiikasi, maka keamanan anda lebih terjamin. Anda dapat menelepon pihak bank untu memblokir kartu ATM anda jika terjadi kehilangan

Selain itu, biasanya aplikasi dompet keuangan juga dilengkapi dengan kode OTP atau Password sehingga keamanan uang anda lebih terjamin.

manfaat transksi nontunai
Manfaat transaksi nontunai lebih terjamin dengan keamanan kode OPT atau password.
Sumber Gambar: pexels.com/@pixabay

4. Mudah mendapat Promo

Manfaat transaksi nontunai yang paling menggiurkan adalah mendapat cashback dan diskon. Tidak jarang berbagai tempat perbelanjaan, restoran, atau pun jasa transportasi memberikan cashback dan diskon yang dapat menghemat pengeluaran anda.

5. Mempercepat transaksi di Tol

Kebijakan transaksi nontunai di tol dilakukan agar mobilisasi lebih cepat dan tidak terjadi antrian saat pembayaran. Sebagai pengguna, anda tidak perlu lagi repot-repot menyediakan uang dalam berbagai bentuk pecahan seperti dulu.

6. Memudahkan pencatatan Keuangan 

Transaksi nontunai menggunakan kartu atau aplikasi memberikan laporan yang jelas tentang pemasukan dan pengeluaran. Bagi anda yang biasa membuat rekapan pengeluaran, pasti anda sangat terbantu dengan adanya laporan keuangan tersebut. 

Anda tidak perlu lagi membawa buku catatan karena takut lupa pengeluaran apa saja yang sudah anda lakukan. Anda juga tidak perlu repot-repot mengumpulkan nota pembayaran untuk dihitung kembali,

Transaksi nontunai memudahkan anda dalam pencatatan keuangan
Sumber Gambar : Pixabay.com/@Shutterbug75

Itulah 6 manfaat transaksi nontunai yang dapat anda peroleh. Banyak manfaat yang didapatkan membuat hidup kita semua semakain mudah, aman, dan nyaman.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Checklist Sistem Pembayaran Bagi Toko Online Anda

Kenapa Bukti Transaksi Penting Bagi Akuntansi Bisnis Anda

5 Tips Mengelola Uang untuk Bisnis Kecil

3 Cara Menabung Unik, Uang Cepat Terkumpul!

5 Tips Mengelola Gaji Bulanan yang Kecil Saat Pandemi

Cara Menabung Emas di Pegadaian: Syarat dan Keunggulannya


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *