Running A Business

Manjakan Pelanggan Setia? Mengapa tidak

 

   

Pelanggan bukan hanya mereka yang datang ke toko kita untuk membeli dan kembali lagi untuk membeli. Pelanggan bisa menjadi teman dan sahabat kita di dunia bisnis. Mengapa demikian? Karena melalui pelanggan kita akan mendapatkan kritik dan saran tentang produk, layanan dan semua yang berkaitan dengan bisnis kita. Itu juga yang membantu kita dalam memajukan bisnis. Lalu, apa ada yang salah ketika kita ingin memanjakan pelanggan? Dengan kata lain kita juga memberikan ucapan terimakasih kepada mereka, karena sudah menjadi pelanggan setia di toko kita. Untuk itu, cobalah simak beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memanjakan pelanggan di toko:

1. Memberikan informasi khusus secara rutin

Salah satu yang dibutuhkan pelanggan yang rutin atau sudah menjadi pelanggan loyal Anda adalah informasi mengenai produk – produk terbaru. Mereka akan merasa senang ketika Anda khusus mengirimkan informasi mengenai produk tertentu, seperti produk yang limited edition. Pelanggan memang bisa mendapatkan info produk melalui subscribe email yang sudah dikirim, namun mereka akan lebih senang ketika kita mengutamakan informasi produk tertentu kepada mereka.

2. Memberikan pelayanan yang sedikit berbeda dari lainnya

Untuk setiap toko baik online maupun offline tentu saja akan memiliki satu atau beberapa pelanggan yang setia berbelanja di toko mereka. Ini artinya ada yang membuat pelanggan itu senang dan betah berbelanja di toko Anda. Baik dari segi kualitas produk atau layanan. Nah, dari sini Anda bisa mulai lebih mengkoreksi dan meningkatkan kualitas produk dan layanan. Anda juga bisa memberikan pelayanan khusus bagi pelanggan setia Anda. Seperti ketika mengantarkan barang ke dalam kota, Anda bisa mengantarkannya sendiri dari yang sebelumnya menggunakan jasa kurir. Dari sini Anda bisa lebih dekat dengan pelanggan, dan pelanggan juga akan merasa diistimewakan oleh Anda.

3. Memberikan potongan harga

Siapa yang tidak menyukai potongan harga untuk setiap produk yang dibeli, setiap pelanggan akan senang dan bersaing untuk mendapatkan barang yang diberi potongan harga. Namun, untuk pelanggan setia Anda, Anda bisa memberinya potongan harga khusus dan berbeda dari yang lain. Ketika yang lain hanya Anda beri potongan 10%, untuk pelanggan setia dan pelanggan yang loyal di toko Anda bisa diberi potongan harga lebih dari itu. Anda juga bisa mengadakan suatu promosi dengan memberikan potongan harga khusus bagi 10 pelanggan pertama yang memesan produk tertentu di toko Anda.

4. Memberikan barang secara gratis

Nah, yang satu ini tentu sudah sangat ditunggu oleh pelanggan. Ada kalanya sebuah toko baik online ataupun offline akan memberikan produk secara gratis kepada pelanggan loyal mereka. Dengan alasan, sebagai ucapan terimakasih karena telah berlangganan dan lainnya. Ini bisa menjadi salah satu daya tarik untuk merekatkan hubungan Anda dengan pelanggan tersebut. Anda bisa memberikan produk gratis kepada pelanggan yang Anda pilih dan dengan waktu tertentu.

5. Mengirimkan bingkisan

Moment hari besar biasanya dimanfaatkan oleh beberapa bisnis untuk memanjakan pelanggan setia mereka. Salah satu caranya adalah dengan memberikan atau mengirimkan bingkisan. Bingkisan bisa berupa produk khusus yang Anda miliki, atau barang lainnya. Ini tergantung dari Anda. Ketika pelanggan Anda menerima sebuah bingkisan yang bertuliskan namanya dan berasal dari Anda, disaat itulah mereka merasa benar – benar dimanjakan dan teristimewa sebagai pelanggan Anda. Dan bisa dipastikan mereka akan lebih sering dan betah berbelanja di toko Anda.

6. Memberikan bonus

Bonus bukan hanya bisa Anda berikan untuk karyawan yang sudah bekerja keras di toko Anda. Pelanggan juga bisa mendapatkan bonus itu, selain potongan harga, produk free, bingkisan, Anda bisa memberi mereka bonus, seperti tiket nonton, voucher berlibur dan lain sebagainya. Untuk pilihan memberikan bonus yang agak mahal, itu bisa menjadi option terakhir bagi kita yang masih memiliki bisnis kecil. Namun, jika Anda berani, Anda bisa memberikan bonus tersebut dan sekaligus menjadi ladang promosi bagi bisnis Anda.

Lalu, adakah Sahabat Mebiso yang memiliki cara lain untuk memanjakan pelanggan? Jika ada, silahkan share di kolom komentar ya ;-)

Baca juga:


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *