Start A Business Tips Bisnis

Mau Bikin Usaha Sampingan? Perhatikan 5 Hal Ini!

 

Loading...

Usaha Sampingan – Berencana untuk membuka bisnis sampingan? Eits, jangan lupa, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukannya. Apa sajakah hal-hal tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Usaha sampingan: lebih dari sekadar menambah penghasilan

Sekilas, memiliki bisnis sampingan selain pekerjaan utama memang menguntungkan secara finansial. Anda jadi punya sumber penghasilan lainnya. Yap, dengan berbisnis, Anda tak perlu waswas mengharapkan penghasilan dari bekerja dengan orang lain.

Psst, tahukah Anda, bahwa manfaat dari memiliki bisnis sampingan ternyata lebih dari hanya menambah penghasilan. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda tuai dari memiliki bisnis sampingan.

  • Berlatih untuk jadi mandiri. Mengelola bisnis berarti menjadi berdikari. Anda menjadi bos untuk diri Anda sendiri. Apapun yang Anda kerjakan itulah yang akan Anda tuai.
  • Menambah pengalaman di CV atau portofolio. Menjalankan bisnis sampingan bisa menjadi nilai plus untuk menyusun CV atau portofolio. Banyak skill atau kemampuan yang bisa Anda dapatkan dalam prosesnya.
  • Mempersiapkan untuk pensiun. Bagi pekerja, akan ada saatnya kita pensiun. Bisnis sampingan bisa menjadi bekal kita ketika pensiun kelak, sehingga tidak perlu khawatir karena kita masih bisa berpenghasilan.
  • Bebas mewujudkan ide. Berbeda dengan bekerja kepada orang lain, Anda jadi lebih merdeka dalam mengeksplor ide. Hal ini bisa membuat Anda lebih bahagia, lho.

Wah wah, lumayan banyak ternyata manfaat dari memiliki bisnis sampingan. Bagaimana menurut Anda, apakah ada manfaat lain dari berbisnis sampingan? Yuk, bagikan di kolom komentar!

Inilah checklist untuk memulai berbisnis sampingan

Menjalankan bisnis bukanlah sesuatu yang mudah, sesekali akan ada tantangan dan hambatan. Perlu persiapan yang baik sejak awal, agar bisnis Anda pun berjalan lancar kemudian. Persiapan yang kurang bisa berdampak buruk untuk kelangsungan bisnis kelak.

Oleh karenanya, untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam checklist berikut ini. Yuk, mari cermati dan periksa! Sudahkah hal ini ada pada diri Anda?

1. Membulatkan tekad dan komitmen

Sebelum benar-benar memulai bisnis sampingan, pastikan bahwa Anda akan berkomitmen penuh untuk mewujudkannya. Bisnis yang sukses adalah bisnis yang serius ditekuni. Walaupun ‘sampingan’, bukan berarti bisnis dijalankan secara asal-asalan.

Perlu tekad yang kuat serta keberanian untuk berkomitmen dalam menjalankan bisnis. Jika hal tersebut sudah dipegang dari awal, Anda akan lebih siap dalam berproses. Tekad dan komitmen juga akan memotivasi Anda untuk berusaha melakukan hal terbaik.

2. Siap untuk berkorban

Anda harus siap mengorbankan beberapa hal untuk menjalankan bisnis sampingan. Lantas, apa sajakah hal-hal yang perlu dikorbankan?

Hal pertama yang dikorbankan adalah tenaga. Tentu saja, untuk menjalani pekerjaan atau bisnis utama, Anda harus siap untuk mengerahkan energi ekstra untuk mengelola bisnis sampingan.

3. Memilih usaha yang sesuai dengan kesanggupan

Ada berbagai macam jenis bisnis sampingan yang bisa Anda coba. Tiap usaha memiliki tantangannya tersendiri. Ada beberapa usaha yang menyita waktu, ada pula yang butuh banyak dana, ada juga usaha yang perlu energi untuk menjalankannya.

Ingat, Anda masih punya pekerjaan atau bisnis utama. Pilihlah jenis usaha yang Anda yakin sanggup untuk melakukannya. Pertimbangkan risiko serta sumber daya yang Anda miliki.

Bijaksanalah terhadap diri sendiri. Jangan memaksakan diri untuk menjalankan usaha di luar kemampuan.

4. Tekun dan gigih menjalankannya

Berbisnis itu bagaikan menaiki kapal di laut. Ada kalanya kapal menghadapi ombak ganas, ada kalanya laut terlihat tenang.

Selain menyiapkan modal dan sumber daya lainnya, mempersiapkan mental tak boleh ketinggalan. Akan ada tantangan serta kesulitan, tidak bisa dijamin 100% bahwa bisnis senantiasa berjalan mulus. Anda perlu menyadari betul hal tersebut.

Dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi, mental tekun dan gigih akan sangat membantu Anda untuk bisa melaluinya. Bersikap tekun membuat diri Anda fokus untuk mencari solusi saat menghadapi masalah. Saat menjadi gigih, Anda pun tidak akan mudah menyerah begitu saja.

5. Membuat rencana bisnis yang matang

Membuat business plan alias rencana bisnis adalah hal terpenting sebelum memulai bisnis. Hal ini bisa dilakukan dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah.

Jenis bisnis apa yang akan dijalankan? Manakah pasar yang akan ditarget? Sebesar apa modal yang perlu dipersiapkan? Sumber daya apa sajakah yang dibutuhkan? Bagaimana strategi marketing yang tepat?

Ketika memiliki target yang jelas, Anda pun jadi lebih mudah dalam mengukur capaian diri. Hal ini juga akan memudahkan Anda menentukan hal-hal yang perlu diperbaiki

Penutup

Bisnis sampingan ternyata memberikan banyak manfaat, selain menambah sumber penghasilan. Walau bisnis sampingan, bukan berarti hal tersebut dilakukan tanpa perencanaan. Banyak usaha yang perlu dikerahkan agar bisnis sampingan bisa berjalan seimbang dengan pekerjaan atau bisnis utama.

Simak berbagai tips dalam berbisnis hanya di Mebiso. Selamat berbisnis, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *