Technology

Hindari Kesalahan Ini pada Media Sosial Bisnis Anda

 

Media Sosial Bisnis – Guna meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis, tak sedikit yang melakukan berbagai cara untuk menjangkau target pasar seluas mungkin. Salah satunya dengan membuat media sosial khusus bisnis.

Namun demikian, Anda diharapkan tidak sembarangan dalam menggunakan media sosial untuk berbisnis. Sebab, untuk mendapatkan keuntungan, Anda harus tahu cara menggunakannya dengan benar. Selain itu, sebisa mungkin menghindari kesalahan dalam menggunakan media sosial sebagai media promosi bisnis. Untuk ulasan lengkapnya, baca artikel berikut ini!

Konten media sosial bisnis Anda tidak relevan dengan minat pengikut

Menggunakan media sosial yang tepat adalah yang dapat mengorelasikan konten yang relevan dengan para pengikut. Oleh sebab itu, Anda harus dapat membuat sebuah konten yang sesuai dengan minat, latar belakang, serta kebutuhan informasi pembaca atau pengikut Anda.

Cobalah untuk selalu melakukan riset terhadap keinginan dan kebutuhan target audiens Anda. Hubungkan pula dengan hal-hal yang sedang viral atau banyak diperbincangkan oleh sebagian besar masyarakat. Ajukan pertanyaan pada diri Anda, hal apa yang sedang dicari orang-orang saat ini?

Media sosial Anda terlalu banyak promosi bisnis

Meskipun tujuan utama Anda adalah promosi bisnis, tetaplah memperhatikan keseimbangan dalam membuat konten media sosial. Anda juga perlu mempertimbangkan bagaimana mendapatkan interaksi dengan orang banyak, selain pelanggan Anda.

Sebaiknya jangan terlalu jelas dalam mempromosikan bisnis Anda. Coba alihkan dengan konten edukasi atau interaksi yang menarik bagi audiens, tapi Anda hanya cukup menyisipkan logo bisnis Anda tanpa promosi yang terlalu kentara. Dengan demikian, para pengikut tidak akan melihatnya sebagai konten ‘berjualan’ semata.

Berikan respon dengan cepat dan tepat

Nyatanya, pengikut akun bisnis Anda yang juga merupakan calon pelanggan, cenderung mengharapkan adanya respon yang cepat dari akun Anda. Sebab, hal ini menunjukan pelayanan Anda dalam menghadapi audiens atau calon pelanggan. Jika dalam melayani audiens di media sosial saja Anda tidak memuaskan, pelanggan akan cenderung meragukan pelayanan Anda dalam berbisnis. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu memberikan tanggapan dengan cepat dan tepat.

Tidak mengevaluasi konten yang kurang mendatangkan laba

Meskipun berbagai konten telah diposting di akun Anda, bukan berarti tugas Anda selesai begitu saja.
Anda harus tetap memperhatikan pengaruhnya dalam mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda.

Jika Anda mengalami peningkatan keuntungan, itu berarti strategi Anda sudah tepat dan perlu dipertahankan. Sementara jika Anda tidak mengalami perubahan apapun dalam proses bisnis Anda setelah menggunakan media sosial, itu artinya Anda perlu mengevaluasi kembali dan mencari tahu strategi lainnya yang lebih tepat. Sebab, media sosial memegang peranan penting untuk proses kesuksesan suatu bisnis, terlebih bisnis online yang Anda jalani.

Tidak konsisten dalam mengelola akun bisnis

Tak sedikit para pebisnis yang bermalas-malasan dalam mengelola media sosialnya. Padahal hal yang sudah Anda bangun akan percuma jika tidak diimbangi dengan konsistensi dalam mengelola akun Anda.

Usahakan untuk selalu update apapun di media sosial secara rutin. Anda bisa membagikan tips, informasi, gambar menarik, gambar yang informatif dan lain sebagainya dengan menetapkan waktu untuk melakukan posting.

Demikian hal-hal yang perlu Anda perhatikan supaya tidak keliru dalam mengelola akun bisnis Anda. Kira-kira adakah yang masih Anda lakukan sampai sekarang?
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *