Running A Business

Melalui Bisnis Online Mereka Memperkenalkan Kekayaan Indonesia Hingga Mancanegara

 

   

Indonesia bukan hanya kaya akan sumber daya alam dan juga manusia, tapi negeri Khatulistiwa ini juga kaya akan kebudayaan dan kreativitas masing – masing penduduknya. Banyak hal yang harus terus digali dari Indonesia. Negeri 1000 pulau ini membuat siapa saja yang berkunjung ingin membawa banyak cinderamata khas Indonesia.

Kekayaan Indonesia inilah yang membuat sebagian besar dari  pebisnis di Indonesia ingin melestarikan dan memperkenalkan kepada dunia luar. Semua orang harus tahu Indonesia itu seperti apa dan apa saja yang bisa diberikan oleh Indonesia. Melalui tangan – tangan kreatif mereka, Indonesia bisa menjadi negara yang bukan sekedar menjadi tempat wisata, tapi juga menjadi negara yang patut untuk dikunjungi kembali.

Melalui bisnis online, mereka memperkenalkan budaya Indonesia yang kaya dan akan terus berkembang. Inilah mereka:

1. Batik tradisional Indonesia kemasan modern hadir melalui Aurabatik.com

Batik memang menjadi ciri khas Indonesia. Hampir sebagian besar wilayah di pulau Jawa terutama, memiliki batik ciri khas mereka masing – masing. Tidak banyak orang yang mau mengenakan pakaian ini, karena masih dinilai kuno apalagi dengan desain pakaian yang itu – itu saja.

Tapi berbeda lagi saat batik ini berada di tangan Caroline Adenan. Mengemas batik yang dinilai “Jadul” menjadi sebuah produk fashion yang patut untuk diperhitungkan. “Prinsip saya hanya satu yaitu ingin mempertahankan dan melestarikan budaya batik sebagai budaya bangsa Indonesia, serta ingin membawa batik Indonesia ke luar negeri” menurut Caroline Adenan.

Baginya bisnis batik terus memiliki pasar yang akan jauh lebih besar dari yang ada sekarang. Dan kecintaannya terhadap dunia fashion menggenapkan keinginannya untuk menciptakan produk batik yang berbeda dari biasanya, dan tentu saja yang mudah diterima oleh masyarakat umum dan mancanegara.

2. Kuno tapi jadi primadona di negeri orang

Saat Caroline Adenan melestarikan batik melalui produk fashionnya, berbeda dengan Moris Priyandono yang masih mengusung tema batik namun dalam bentuk lukisan. Baginya masyarakat Indonesia tidak banyak yang menghargai kebudayaan dan produk handmade karya anak bangsanya sendiri, lain halnya dengan mereka yang tinggal di luar negeri. Mereka rela jauh – jauh datang ke Indonesia untuk belajar dan mencari tahu lebih banyak tentang produk asli Indonesia. “Kami mendapatkan apresiasi tinggi dari orang Indonesia yang tinggal di luar negeri. Ada orang Indonesia yang tinggal di New York pesan ke kita, mungkin disana barang handmade lebih dihargai ya” Begitulah yang disampaikan oleh mantan karyawan sebuah perusahaan minyak (Cevron Phillips) di Qatar ini.

Kini di tangan Motis Priyandono batik bukan hanya menjadi kebudayaan yang kuno dan itu – itu saja. Kita bisa melihat berbagai model dan jenis batik melalui lukisan yang indah dan juga bernilai jual tinggi. Bukan hanya batik yang menjadi sasaran lukisan yang dipasarkan oleh Lukisanbatik.com, tapi lukisan pemandangan juga merupakan pemandangan asli Indonesia, mulai dari daerah Bali, Yogyakarta dan juga daerah pesisir di Indonesia.

3. Negeri keraton ini juga menyimpan berjuta kebudayaan dan UKM yang harus Go Internasional

Orang mengenal Yogyakarta sebagai negeri atau kota keraton, kota gudeg, kota pelajar, kota pariwisata dan masih banyak orang yang memberikan julukan unik. Yogyakarta menyimpan berjuta kekayaan alam dan kebudayaan, seperti yang satu ini. Produk lokal yang sudah Go Internasional ini diciptakan dari kekayaan alam Indonesia dan dikerjakan oleh sumber daya manusia asli Indonesia.

Jogjakulit adalah salah satu toko online yang menjual berbagai olahan produk asli Indonesia, terutama Jogjakarta. Bagi Dion Perdana Putra, Bisnis tas kulit sangat mempunyai potensi yang besar di pasar local Indonesia dan juga pasar luar negeri. “melalui Jogjakulit, produk yang sudah tembus ke luar negeri saya pasarkan untuk pasar lokal, agar lebih membuktikan bahwa produk Indonesia tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri. Ini juga membuktikan, bahwa produk ciptakan UKM indonesia memiliki kualitas terbaik” Itulah yang dikatakan oleh pria lulusan Ilmu politik ini.

Melalui Jogjakulit, Dion bukan hanya memperkenalkan produk handmade asli Indonesia ke mancangera, tapi juga membantu UKM yang masih belum go online untuk mengembangkan bisnisnya di dunia online. “Masih banyak UKM ternyata yang mempunyai potensi untuk menjadi online akan tetapi mereka masih perlu pendampingan untuk bisnis onlinenya, maka potensi pasarnya masih terbuka” Begitulah yang Dion utarakan.

4. Kekayaan hayati Indonesia memang diidolakan masyarakat lokal dan juga internasional

Sedikit bergeser dari Yogyakarta, Jepara juga menjadi primadona produk asli Indonesia dengan kualitas terbaik. Salah satu bisnis yang mengelola kekayaan asli Jepara ini adalah Jatijepara.com. Di tangan dingin Wawan Hermanto, kayu jati asli Indonesia diolah menjadi berbagai funiture unik dengan kualitas yang tidak kalah dari produk luar negeri.

Yang patut dibanggakan lagi adalah kepedulian Wawan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di daerahnya. Ia mengaku bahwa sumber daya manusia di daerahnya masih sangat banyak yang berada di usia produktif.

Melalui keterampilan masyarakat lokal, bahan baku asli Indonesia, produk Jatijepara mampu bersaing dengan produk buatan luar negeri. Perancis dan Australia bahkan berlangganan produk furniture dari Jatijepara ini.

5. Produk asli Indonesia rasa anak muda memiliki tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat

Banyak orang Indonesia yang ragu mengakui dan menggunakan produk asli negaranya. Entah karena terlalu kuno, tidak “kekinian” dan tidak bisa bersaing dengan produk brand luar negeri. Tapi siapa sangka, produk asli dengan brand Indonesia ini bisa menjadi produk yang bisa diunggulkan di dalam dan luar negeri.

“Kami memulai penelitan mengenai sepatu dan kami merasa belum ada merek yang benar – benar memiliki prinsip – prinsip yang kita percayai. Kami mendesain sepatu berdasarkan prinsip engineering yaitu pengalaman bentuk dan ruang yang fungsional, namun tetap simpel tanpa menambah instrumen yang tidak perlu” Itulah yang dilakukan Yukka Herlanda untuk menciptakan produk lokal rasa anak muda yang dengan mudah bisa diterima masyarakat Indonesia.

Bahan baku asli Indonesia, tenaga juga dari Indonesia dan diimbangi dengan penggunaan teknologi modern, Bro.do terus bersaing di dalam dan luar negeri. Menciptakan brand yang terus berkembang di kalangan anak muda Indonesia, Bro.do memiliki misi “untuk membuat produk yang paling dicintai, mengantarnya dengan pelayanan yang paling bersahabat, dengan membangun budaya kerja yang spektakuler”.

Begitulah Indonesia dengan setiap jengkal kekayaan yang harus kita cari tahu, pelajari dan manfaatkan dengan sangat baik. Anak muda seperti kamu jangan malu menggunakan dan memamerkan produk asli Indonesia di dalam dan luar negeri. Mereka semua harus tahu Indonesia itu gak kecil, tapi Indonesia itu besar dan kaya.

“Mereka harus tahu kalau Indonesia itu Kaya dan keren Bro!”

Baca juga:

7 Ide Bisnis untuk Seorang Pensiunan

10 Ide Bisnis Rumahan yang Patut Anda Coba

9 Pertanyaan untuk Menguji Ide Bisnis Anda

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *