Running A Business

Melejitkan Produktivitas Bisnis Ala Rework

 
  • 3
    Shares

Loading...

Apakah kamu ada permasalahan di produktivitas tim bisnismu ? naik turunnya performa dalam tim bisnis memang menjadi hal wajar. Faktornya bisa beragam. Kamu tak perlu resah, Jason Fried dan David Heinmeier Hansson, berbagi pengalamanan dalam membuat startup bisnisnya, basecamp, melalui buku yang sangant fenomenal, Rework.

Sebelum bernama basecamp, bisnis mereka berdua dikenal dengan nama 37signals. Basecamp sendiri adalah team collaboration software. Lewat basecamp kamu bisa berdiskusi dengan tim, berbagai file, gambar, dokumen seputar bisnis, komunikasi online, dan beragam fitur penunjang produktivitas tim.

Nah, hal paling mendasar dalam buku ini adalah kamu bisa mempelajari entrepeneur journey dari sang founder ketika mendirikan basecamp. Dan buku ini juga menceritakan apa saja yang harus kita lakukan untuk memulai bisnis, lalu menjadikannya menjadi besar. Team mebiso telah merangkumnya menjadi 7 hal penting yang bisa kamu realisasikan untuk kemajuan bisnismus. Simak.

Learn from your success, Repeat what works

Penting sekali belajar dari kesuksesan, setelah kita juga belajar dari kesalahan yang kita buat. Dalam proses bisnis yang kita jalani kesuksesan dan kegegalan sudah menjadi hal yang wajar kita alamai.

Nah, tidak sedikit dari kita ketika mengalami kegagalan atau berbuat kesalahan terlalu berlebihan memikirkannya. Kita bakalan kehabisan energi di sana. Jason dan David juga menyarankan untuk mengulang pekerjaan atau ide kita yang terbukti sukses, terbukti bisa bekerja.

Size doesn’t matter, Small is good

Ada sebagian kita memang ingin bisnis kita semuanya serba besar. Tim besar, market besar, kantor besar. Tapi di dalam buku ini menceritakan sebalikanya. Dua founder ini meyakini bahwa small is good.

Basecamp sendiri timnya kecil dibanding dengan perusahaan yang sejenisnya. Hanya ada 50 orang dalam tim yang melayani jutaan pengguna basecamp di dunia. Tim kecil ini keunggulan membuat bisnis semakin ramping dan cepat bergerak.

Being a workaholis is bad

Bekerja berlebihan bukan lah hal yang baik. Tim bisnis Jason dan david bekerja secara sewajarnya, mereka menghindari workaholic. Hal ini dilakukan agar karyawan bisa menemukan kebahagiaannya dalam bekerja, berkarya.

Jason dan David memang mendesain perusahaannya dari awal sebagai bisnis yang health and happy, bisnis yang sehat secara profit dan bisnis yang bisa membahagiakan semua tim yang berada di dalamnya.

Get started and aim at small “quick wins.”

Incar lah kemengan singkat, kejar lah sesuatu yang penting dalam bisnis yang dapat dicapai dengan cepat, itu istilahnya quick win. Bisa jadi small win ini berupa target profit satu bulan, target merampungkan produk dalam waktu dua minggu.

Apapun yang ada di bisnismu, kamu bisa mengidentifikasi mana yang bisa dijadikan small win mana yang masih menjadi goals jangka panjang. Tujuan utamanya sederhana, hanya untuk membuat tim menjadi bersemangat dan antusias.

Solve a problem you have

Back to basic, kembali ke dasar, produk yang kamu ciptakan sebisa mungkin berawal dari permasalahan yang kamu alami. Atau dari pengalaman orang yang berada di dalam circle kehidupanmu.

Selesaikan masalah dengan memberikan solusi yang cepat. Basecamp sendiri diciptakan oleh Jason dan David berawal dari kesulitan mereka saat berkomunikasi dengan tim ataupun dengan klien dalam bisnis web design mereka.

Everything you think you know is wrong

Apapun yang kamu ketehaui tentang entrepreneurship belum tentu 100 benar. Dunia bisnis sangat dinamis. Jika bisnis harus dengan modal besar, cari investor, bahkan harus keluar dari pekerjaanmu untuk mendirikan bisnis itu tidak benar.

Dalam buku ini Kedua founder 37signals menjelaskan untuk memulai bisnis kamu bisa memulainya dari hal terkecil. Jangan terlalu berpikir terlalu panjang dan besar. memulai dengan sesuatu yang kamu punyai sekarang dan lakukan saat itu juga.

Planning is overrated. Have a big goal, plan one week and go!

Kalian pernah plan bisnis sampai 1 tahun, 3 tahun, atau 5 tahun? Coba dikroscek kembali apa kah semua yang kalian rencanakan sesuai dengan kenyataan. Kalau tidak sesuai berarti ada yang salah.

Membuat plan boleh asal jangan membabi buta. Bagus, jika ada goals atau visi yang ingin dicapai, tapi buat lah plan yang singkat, bisa dikerjakan oleh semua tim. Mulai dari sederhana buatlah plan untuk seminggu. Nikmati lah proses, maka faktor “X” kesuksesan bisnismu akan datang.

 

Untuk memulai sesuatu kamu jangan terlalu banyak memikirkannya terlalu jauh dan detail. Cukup mulai lah, take an action, jika yang kamu kerjakan salah dalam bisnimu kamu cukup mecari cara lain dan tidak mengulangi yang salah.

Jika kamu sudah menemukan mana cara yang benar dalam bisnismu kamu cukup, repeat it again, again, and again. Untuk insgiht menarik lagi kamu bisa membeli bukunya di amazon. Selamat berkarya, selamat berproduktivitas.

 

Baca artikel menarik lainnya

5 Cara Mebuat Logo Kelas Dunia

Tren Staycation untuk Strategi Bisnis Hotel

Bisnis Kuliner Online Paling Menjanjikan

Loading...

  • 3
    Shares

1 komentar

  • 17 Oktober 2018 - pukul 3:15

    Artikelnya sangat menarik.. sangat menginspirasi.. Pada artikel di atas dapat disimpulkan bahwa untuk memulai bisnis yang pertama kali harus dilakukan cukup Take an action.. Tapi biasanya yang kita lakukan memikirkan dahulu segala sesuatunya, rencana se detail-detailnya hingga lupa untuk take an action.. Terimakasih admin, artikelnya sangat bermanfaat…

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *