Running A Business

3 Hal Ini Bantu Anda Memahami Ekspektasi Pelanggan

 

Memahami Ekspektasi Pelanggan – Pelanggan menjadi bagian terpenting dari proses tumbuhnya bisnis Anda. Ini sebabnya ada banyak pemilik bisnis yang memang mendedikasikan dirinya untuk memberikan kepuasan dan terus menjaga hubungan baik dengan pelanggannya. Setiap pebisnis pun saling berlomba untuk memahami ekspektasi pelanggan guna memajukan bisnis yang dijalaninya. Lantas, apa saja yang sebenarnya pasti diinginkan oleh pelanggan?

Memahami ekspektasi pelanggan dengan mengetahui kebutuhan mereka

Setiap pelanggan pasti menginginkan bisnis Anda dapat sepenuhnya memahami mereka sebagai pelanggan. Pelanggan ingin pemilik bisnis mampu memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan. 

Ada yang bilang, jika ingin pelanggan setia tetap berada di toko Anda, maka cobalah untuk menjadi seperti mereka. Anda akan tahu apa yang mereka butuhkan dan mereka inginkan. Dengan begitu, Anda akan tahu bagaimana memperlakukan mereka dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

Pelanggan selalu mengharapkan rasa aman dan nyaman

Ketika Anda menawarkan barang atau jasa kepada calon pelanggan Anda, maka yang mereka pertimbangkan adalah bagaimana bisnis Anda bisa melindungi mereka. Seperti halnya ketika pelanggan datang ke rumah sakit, yang mereka inginkan adalah rumah sakit yang bersih, bank yang aman dan hotel yang nyaman. 

Kemudahan untuk mendapatkan apa yang bisnis Anda berikan adalah apa yang mereka inginkan. Pelanggan ingin mendapatkan perlindungan untuk apa yang mereka beli, seperti garansi untuk produk, jaminan dan lain sebagainya.

Kejutan adalah cara lain memahami ekspektasi pelanggan

Satu hal lagi yang pasti diinginkan oleh pelanggan Anda. Mereka ingin Anda selalu memberi mereka kejutan untuk setiap yang Anda tawarkan. Pelanggan pastinya akan menantikan akan ada apa saja setelah mereka mendapatkan kejutan sebelumnya. 

Pelanggan ingin Anda memberikan mereka kejutan berupa promosi, gratis, diskon dan lain sebagainya. Mereka juga berharap akan ada bonus dari apa yang mereka beli. Dan ini bisa Anda jadikan cara untuk mempromosikan bisnis Anda juga. Terkadang pelanggan juga ingin merasakan pengalaman berbeda saat berbelanja di toko Anda ataupun toko online Anda. Anda bisa memberikan konten – konten menarik di website toko online Anda, untuk menciptakan pengalaman bagi mereka.

Meskipun setiap pelanggan memiliki karakternya masing-masing, tapi tiga hal ini dapat membantu Anda untuk memahami apa yang selalu dicari oleh sebagian besar pelanggan. Jangan menyerah dan tetaplah semangat!

(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *