Running A Business

Memancing Trafik Toko Online dengan Facebook Ads

 

Loading...

Saya pikir hampir setiap netizen di indonesia mengenali Facebook. Bahkan sebagian besar pasti sudah menggunakannya. Maka dari itu, mengiklankan produk melalui Facebook bisa dibilang cukup tepat sasaran. Layanan iklan pada Facebook Ads akan ditampilkan pada sidebar sebelah kanan halaman Facebook. Apabila anda tertarik menggunakan Facebook Ads, maka anda harus tahu dulu aturan-aturannya berikut ini:

Pendaftaran

Anda harus mendaftarkan account di Facebook Ads terlebih dahulu. Mereka akan mengkaji ulang data pendaftaran + data kartu kredit Anda. Kemudian setelah account Anda aktif, barulah anda bisa mulai menulis konten iklan.

Biaya

Di Facebook Ads tersedia 2 pilihan untuk biaya iklan:

1. Pay per Click adalah biaya akan dikenakan untuk setiap user Facebook yang mengeklik iklan Anda.

2. Pay per View adalah biaya akan dikenakan tiap berapa kali iklan Anda ditampilkan pada halaman user.

Selain itu, di Facebook Ads juga mengenal sistem budget harian. Jadi jika biaya iklan Anda sudah mencapai batas budget harian yang sudah anda tentukan, maka iklan akan secara otomatis berhenti dan aktif lagi keesokan harinya.

Target Audience

Salah satu kelebihan mengiklan di Facebook Ads adalah kita bisa menentukan target audience iklan. Target Audience ini meliputi karakteristik user secara spesifik seperti jenis kelamin, usia, hobi, dlsb. Misalnya kalau toko online Anda berjualan bikini wanita, maka Anda bisa memilih Target Audience dengan karakteristik wanita, usia 20-40, hobi berenang. Maka hanya mereka yang sesuai dengan Target Audience anda lah yang akan melihat iklan Anda. Melalui pemetaan target audience yang cermat, anda bisa meminimalisir biaya yang dikeluarkan untuk iklan Anda.

Konten Iklan

Disini yang akan saya tekankan adalah pemilihan kata-kata & pemilihan gambar yang menarik. Karena ini akan sangat menentukan keputusan user untuk klik iklan Anda. Saran saya, gunakan kalimat perintah yang mendorong user untuk beraksi. Misalnya jika anda berjualan tas: “Jual tas kulit Asli Murah – GRATIS ongkos kirim. Buktikan!”. Sedangkan untuk pemilihan gambarnya sendiri, gunakan gambar dengan warna yang mencolok. Misalnya gambar tas dengan background warna merah. Kenapa merah? Karena jika disandingkan dengan warna biru Facebook, saya pikir merah bisa lebih dominan.

Persetujuan Iklan

Sama seperti memasang iklan pada Google Adword, iklan Anda harus memenuhi syarat-syarat yang diberikan Facebook.

Pembayaran

Metode pembayaran di Facebook adalah otomatis. Facebook akan mengenakan charge ke kartu kredit Anda secara otomatis.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *