Running A Business

Memancing Trafik Toko Online dengan Google Adwords

 

   

Ketika melakukan pencarian Google, mungkin seringkali kita temukan iklan-iklan yang relevan dengan keyword akan ditampilkan di kotak kekuningan pada bagian atas dan samping kanan Google. Nah, itulah para pengguna jasa Google Adwords. Tanpa usaha SEO, iklan mereka akan ditampilkan selayaknya hasil pencarian.

Adwords sendiri merupakan layanan yang berbayar. Jadi bila anda ingin menggunakannya, maka anda harus tahu dulu cara kerja Google Adwords untuk mendapat hasil yang maksimal. Berikut saya akan membagikan informasi apa saja yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat.

Pendaftaran

Untuk mendaftar di Google Adwords, maka Anda harus mempunyai akun GMAIL dulu. Kemudian silakan daftarkan akun GMAIL Anda ke dalam Google Adwords https://adwords.google.com. Isi data lengkap + data kartu kredit Anda. Ya, memang untuk mengaktifkan akun Google Adwords, anda harus mempunyai kartu kredit dulu. Pembayaran akan ditarik dari kartu kredit anda.

Biaya

Google Adwords akan mengenakan biaya tiap kali iklan kita diklik oleh visitor dan setiap iklan kita tampil 1.000 kali. Jadi jika tidak ada yang mengklik iklan kita, maka kita tidak akan kena biaya. Biaya perklik sendiri ditentukan oleh kata kunci yang Anda gunakan dengan sistem bidding. Artinya semakin populer sebuah kata kunci yang anda target, maka semakin mahal tarifnya. Pada Google Adwords, Anda juga bisa menentukan budget harian. Misalnya bila Anda ingin membatasi budget harian Anda Rp 100.000,00 saja, maka jika iklan Anda sudah mencapai tarif seratus ribu rupiah, secara otomatis iklan Anda akan berhenti dan akan mulai aktif lagi keesokan harinya.

Kata Kunci

Sesuaikan kata kunci iklan Anda dengan target market. Jangan sampai Anda salah menggunakan kata kunci. Misalnya jika Anda berjualan tas (untuk berbagai keperluan). Tentu saja jangan bidding pada kata kunci “jual baju murah”. Maka kata kunci yang disarankan “jual tas murah”, “tas kulit murah”, “jual tas laptop”, dsb.

Anda juga harus pintar-pintar memilih kata kunci yang harganya murah. Karena tiap kata kunci harganya berbeda-beda. Di dalam google adword yang digunakan adalah sistem bidding jadi kita bisa menawar harga untuk kata kunci yang akan kita gunakan.

Triknya adalah, apakah tawaran Anda disetujui atau tidak sebetulnya tergantung pada harga tawaran & kualitas iklan. Jika Anda baru menggunakan Google Adwords, maka tawarlah sesuai harga yang disarankan oleh Google atau biasanya iklan Anda tidak akan ditampilkan. Baru kemudian jika Anda sudah beberapa lama menggunakan Google Adword, dan iklan Anda kualitasnya bagus, maka Anda bisa secara bertahap menurunkan tawaran Anda. Kualitas iklan ditentukan berdasarkan berapa kali iklan Anda tampil berbanding dengan berapa kali diklik oleh visitor.

Dengan pemilihan kata kunci yang tepat dan harga kata kunci yang murah maka akan menjadikan biaya iklan Anda lebih efisien.

Konten Iklan

Konten iklan adalah kalimat-kalimat yang ditampilkan setelah judul. Karena Anda tidak bisa menyaring visitor yang mengklik iklan Anda, maka Anda harus pintar-pintar menggunakan konten iklan yang tepat sasaran. Contohnya:

Jika Anda ingin berjualan tas, maka gunakan kalimat yang langsung menunjukkan produk anda. Misalnya “Jual tas kulit asli harga 100rb”. Dengan demikian, maka hanya orang yang ingin membeli tas dengan kisaran harga seratus ribu saja yang akan klik iklan Anda.

Kalau Anda menggunakan kalimat yang terlampau ngglambyar seperti “jual barang bagus dan berkualitas harga murah”. Maka semua orang yang tergiur dengan harga murah pasti akan mengklik iklan Anda. Dan bagi sebagian yang merasa jualan anda tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan, pasti akan langsung meninggalkan website Anda. Maka yang akan terjadi hanyalah pemborosan terhadap biaya iklan Anda. Karena banyak yang mengklik iklan Anda, tetapi tidak ada yang membeli produk Anda.

Approval Terhadap Iklan

Iklan yang Anda buat tidak akan langsung ditampilkan oleh Google Adwords, tetapi akan diseleksi dulu oleh Google untuk memastikan iklan Anda layak ditampilkan. Biasanya proses verifikasi ini memakan waktu 24 jam. Jika layak, iklan Anda secara otomatis akan ditampilkan di hasil pencarian Google sesuai kata kunci yang anda bidding. Jika tidak layak, Google akan memberikan alasan mengapa iklan Anda tidak bisa disetujui. Anda tinggal membenahi iklan Anda sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Google dan menunggu kembali persetujuan dari pihak Google Adwords.

Pembayaran

Anda dapat memilih pembayaran secara manual maupun otomatis. Jika manual, maka sewaktu-waktu anda bisa membayar tagihan Anda sendiri. Jika otomatis, maka akan tersedia 2 pilihan, yaitu tiap kali tagihan Anda mencapai 500rb atau jika sudah 30 hari, tergantung mana yang lebih dulu.


Artikel Terkait

29 komentar

  • 6 October 2012 - pukul 7:04

    Saya belum pernauh menggunakan Google Adwords,,
    kira2 perklik iklan biayanya berapa ya ??
    trims infonya

  • 8 October 2012 - pukul 12:59

    untuk biaya per klik itu tergantung kata kunci yang Bapak gunakan.
    semakin panjang akan semakin murah Pak.
    sedangkan untuk urutan tampilnya tergantung bidding yang Anda lakukan.
    saya kasih contoh website saya Pak.
    website : hailadies.com;
    kata kunci : pakaian dalam wanita;
    bidding : Rp 900;
    biaya per klik : Rp 523;
    posisi iklan : nomor 3 di sidebar;

    Jadi tiap ada orang yang klik iklan saya, saya hanya membayar ke google sebesar Rp 523.
    jadi sangat murah Pak.

  • 9 October 2012 - pukul 2:10

    untuk google adword, apakah selain kartu kredit ada metode pembayaran yg lain?

  • 9 October 2012 - pukul 10:24

    setahu saya tidak bisa pak, hanya kartu kredit saja.
    atau kalau bapak punya kupon adsense dari google, itu bisa digunakan, tetapi terbatas nominal itu saja.

  • 31 October 2012 - pukul 12:30

    Tulisannya sangat inspiratif, tetap berkarya kawan.

  • 31 October 2012 - pukul 12:52

    Terimakasih banyak Pak. :)

  • 2 November 2012 - pukul 23:23

    sanggat bagus bro.. tolong tinggalkan sumbernya

  • 3 November 2012 - pukul 8:26

    Terimakasih, sumbernya dari pengalaman pribadi Pak.
    hehehe…

  • 23 November 2012 - pukul 11:57

    maaf pak saya mo tanya..
    Ko saya dpt surat dr google tentang google adwords ya, di dlm surat ada kertas sebesar kartu nama (warna biru-putih) d blakangnya tertulis “kode promosi”.
    Maksudnya apa ya pak?

    Mohon d jwb pak, trm ksh…

  • 23 November 2012 - pukul 15:13

    Halo mbak yatna,
    Mungkin kode tersebut adalah kode promosi untuk saldo gratis pada account google adwords Anda. Silahkan dimasukkan saja pada menu “billing” klik tombol “tindakan lainnya” lalu klik “terapkan kode promosi”, lalu masukkan kode promosi yang mbak yatna dapatkan tersebut.
    nanti saldo google adwords mbak yatna akan secara otomatis terisi.
    Jadi mbak yatna bisa mengiklankan bisnis mbak lewat google adwords gratis selama saldonya mencukupi.

  • 23 November 2012 - pukul 15:23

    bagaimana klo saya g masukin kode promosinya pak?, lagi pula saya g punya bisnis yg mau saya iklankan…

    Bs saya minta email bpk, biar lbh jlas nanti saya kirimkan screenhot dr surat yg sy terima td melalui poto k email bpk

  • 23 November 2012 - pukul 15:49

    Jika mbak tidak memasukkan nya juga tidak apa-apa mbak.
    Kalau tidak punya bisnis untuk diiklankan, silahkan diberikan kepada teman-teman mbak yang membutuhkan saja.
    :)

  • 23 November 2012 - pukul 16:06

    Benar g apa2 nih pak, nanti sy takutnya tiba2 datang tagihan dr google adwords k rmh saya :) ..
    saya td coba searching tp kebanyakan artikel ngebahas kupon voucher adwords senilai Rp 400.000, apa sm dengan yg saya terima td pagi pak?
    Tp knapa gak ada nilai nominalnya seperti gambar dr artikel lain yg saya liat.

  • 23 November 2012 - pukul 16:27

    Tidak apa2 kok mbak.
    mbak tenang saja.
    selama mbak tidak mengiklan di google, maka tidak akan ada tagihan.
    :)

  • Nike
    25 January 2013 - pukul 17:49

    kak untuk google adwords bisa tidak dengan kartu debit mandiri..trm kasih….

  • 25 January 2013 - pukul 19:02

    setahu saya masih belum bisa mbak nike.

  • Nike
    26 January 2013 - pukul 23:41

    jadi solusinya gmana y kak…tolong donk please…soalnya untuk pembuatan cc ribetnya ampun dech ..klo terlalu panjang mohon kirim ke email y kak..trm kasih..

  • 29 January 2013 - pukul 18:51

    Solusi bagi yang belum punya kartu kredit adalah dengan menggunakan jasa agen adwords di indonesia mbak nike. Silahkan di search aja di google dengan keyword “jasa adwords” atau “agen adwords”. Tetapi saya tidak berani menyarankan, soalnya nanti biayanya juga pasti lebih mahal.

  • Tean
    20 March 2013 - pukul 16:09

    Mas, sy msh awam ttg adwords. kebetulan sy ditugasi kantor utk memanage akun adwords, sebelumnya BPK nya disetting otomatis. gmn cara merubahnya ke manual (kita sendiri yg atur). thanks

  • 21 March 2013 - pukul 22:28

    Untuk Bapak Tean, untuk menyeting defaultnya bisa Bapak setting pada tab “setelan” -> “Penawaran dan anggaran”. Bisa juga Bapak isikan harga yang Bapak ingin tawar pada saat pemilihan kata kunci.

  • tokomona.com
    29 March 2013 - pukul 17:30

    kalau pakai ppc lokal bagus ga??

  • 18 April 2013 - pukul 21:52

    wah artikel & pengalaman yg oke nih kak Langgeng.
    Boleh tuh diadain workshop Google Adwords & adsense :)

  • 18 April 2013 - pukul 22:12

    kalau pakai ppc lokal bagus ga??
    kalau lokal saya gak tau bu. :D

    hahaha..
    boleh mas apik, sampean dateng ke surabaya, nanti gratis workshop nya. :D

  • lovingindonesia.com
    22 April 2013 - pukul 10:02

    Bila pengunjung web mediabisnisonline.com kesulitan untuk melakukan pembayaran di Google Adword. Saya punya jasa isi saldo Google Adword. Kunjungi lovingindonesia.com
    Aman dan terpercaya.

  • 11 May 2013 - pukul 8:58

    Terima kasih untuk penjelasannya, mudah dipahami. Selama ini beriklan hanya coba di facebook, jadi tertarik mencoba di google adword.

  • 16 December 2013 - pukul 14:21

    wahh artikel yang bagus nih.. patut dicoba untuk toko online ku.. bajuanak-branded.com

  • 25 June 2014 - pukul 19:27

    Terimakasih sudah membantu, setidaknya sudah ada gambaran umum mengenai adwords. Rencana ingin menggunakan adwords sebagai media meningkatkan branding website, tapi saya ada pertanyaan apakah boleh beriklan dengan adwords jika situsnya berisi iklan dari adsense ? trimakasih jawabanya.

  • 23 September 2014 - pukul 22:07

    makasi ilmunya gan sangat bermanfaat bagi saya
    Hosting Terbaik

  • 21 February 2015 - pukul 8:06

    wah,,terimakasih mediabisnisonline
    cocok nih tutorialnya buat mengiklankan website saya http://www.tas-cantik.net

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *